Jumpa lagi di TanamanBuah , pada kali ini saya akan memberikan tips agar cabe berbuah banyak dan lebat. Jadi tekhnik disini saya akan memberikan cara bagaimana memberikan topping atau pemangkasan pupuk setelah tanaman cabe ini bercabang tiga. Disitulah nanti kita akan melakukan pemangkasan pucuk sehingga akan menghasilkan cabang-abang tunas air yang banyak sehingga nanti secara otomatis setiap cabang ini akan menghasilkan buah cabe yang sangat banyak. Tapi nanti kita akan simpan sekitar lima sampai enam cabang saja untuk setiap cabangnya yang lebih besar dan unggul. Kemudian cabang yang lain kita lakukan pemangkasan. Nah, penasaran bagaimana tekhnik nya, silakan simak penjelasan berikut ini.

Tekhnik Pemangkasan Cabe Agar Berbuah Banyak

Cabang Tanaman cabe

Cabang 3 Pada Tanaman Cabe

Pada saat tanaman cabe kita sudah bercabang tiga seperti gambar diatas, secara otomatis pada saat cabe umur beberapa bulan kemudian dia akan menghasilkan cabang pada pucuk nya, biasanya dua sampai tiga cabang. Pada saat inilah kita melakukan pemangkasan pada pucuk sehingga tidak ada lagi titik tumbuh pada tanaman cabe ini. Secara otomatis nanti di cabang ini akan menghasilkan tunas-tunas air dan kita bisa melakukan pemilihan cabang. Pastikan cabang tersebut memiliki pertumbuhan bagus. Untuk cabang yang lain bisa dipangkas apabila pertumbuhan kurang sempurna / tidak produktif.

cabe berbuah banyak

Tanaman Cabe Lebat

Untuk hasil akhir bisa kita lihat pada gambar diatas, cabang nya begitu banyak dan secara otomatis cabang tersebut menghasilkan buah yang banyak sehingga tingkat produktifitas lebih optimal. Lakukan pemangkasan secara rutin apabila terdapat cabang yang dirasa kurang optimal dalam pertumbuhannya. Kita sisakan cabang yang bagus dan kekar agar menghasilkan tunas air yang lebat.

Tekhnik Pemupukan Tanaman Cabe dengan Ajinomoto

Pemberian Pupuk Ajinomoto pada cabe

Pemberian MSG sebagai pupuk agar hasil cabai lebih produktif

Tips ke dua kali ini kita akan menggunakan MSG / micin untuk memacu pertumbuhan tanaman cabe agar cepat berbuah. Penggunaan Ajinomoto pada tanaman cabe bisa dikatanan lumayan berhasil bagi kebanyakan orang. Untuk komposisinya sendiri harus disesuaikan, kalau kelebihan dosis nanti tanaman biasanya akan mengauning dan daun rontok, jadi harus secukupnya saja. Untuk satu pot bisa diberikan setengah sendok teh. Tetapi kalau di tanah atau pekarangan bisa ditambah lagi.

cabe subur

Tanaman Cabe Siap Panen

Bisa dilihat gambar diatas adalah cabe yang saya tanam di pot berumur 40 harian. Sudah mulai tumbuh banyak dan hasilnya juga memuaskan. Hampir setiap ketiak daun ada calon buahnya. Langsung saja berikut pengaplikasiannya.

  1. Kita korek dulu media tanah menggunakan sendok
  2. Kita kasih setengah sendok teh dan kita taruh di bekas korekan media tadi.
  3. Tutup dengan tanah media lagi agar nutrisi tetap terjaga.

Penggunaan micin atau MSG pada tanaman cabe diatas sangat efektif dibandingkan dengan menggunakan NPK berdasarkan pengalaman saya. Jika semuanya sudah kita kasih MSG, langkah selanjutnya kita siram dengan tujuan agar cepat larut dan diserap tanaman.

Tips Pemupukan Cabe Menggunakan Limbah Dapur

Selain dengan dua cara diatas, sebetulnya masih banyak tips dan cara yang lain. Salah satunya adalah dengan memberikan air leri atau air bekas cucian beras. Air leri ini gampang sekali mendapatkanya, karena bagi yang memasak nasi pasti harus mencucui beras dulu kan. Kalau setiap hari menanak nasi, otomatis setiap hari air leri bisa didapatkan dengan mudah. Kita siramkan air leri ini setiap pagi atau sore hari pada tanaman cabe.

air cucian beras

Air Cucian Beras sebagai Pupuk Cair Organik

Selain air leri, bisa ditambah dengan kohe atau kotoran hewan kambing. Tapi ingat, kohe harus difermentasi dulu selama satu bulan karena sifat kohe kambing ini panas. Lakukan secara rutin setiap dua minggu sekali untuk pemberian kohe.

Apabila semua sudah dikasih kohe, kita siram dengan air leri. Kita tuangkan seperlunya saja pada setiap pot tanaman. Untuk lebih maksmimal perhatikan juga kesehatan daun cabe. Bisa disimak ulasan mengenai cara pemberantasan dan pengendalian hama tanaman cabe di link berikut ini :

Baca Juga : Cara Mengendalikan Hama Cabe

Sekian tips bagaimana menyuburkan tanaman cabe agar cepat berbuah dan berdaun lebat. Semoga bermanfaat dan salam sukses pertanian Indonesia.