Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bagaimana kondisi tanaman hias Adenium sobat di musim hujan ini? Semoga tumbuh subur ya sobat. Sebagaimana yang kita tahu bahwa musim penghujan adalah saat di mana kita membiarkan adenium tumbuh sehat dan subur tanpa melakukan apapun yang sifatnya mengandung resiko, misalnya kemungkinan terjadinya luka. Karena luka yang terjadi sekecil apapun bisa berakibat fatal yaitu bisa mengakibatkan Adenium mengalami pembusukan.

Dan apabila harus melakukan tindakan-tindakan yang beresiko tersebut misalnya repoting yaitu penggantian media serta wadah, pruning yaitu melakukan pemotongan baik pada daun, cabang, ranting ataupun akar dan grafting atau sambung, maka sebaiknya perhatikan kondisi tersebut.

Perawatan Adenium

Perawatan Adenium

Alasannya, karena saat musim penghujan dimana curah hujan yang mulai meningkat dan intensitas sinar matahari yang mulai berkurang, salah satu efeknya yaitu terjadi kelembaban yang tinggi. Akibatnya yaitu hama atau penyakit pada adenium cenderung lebih cepat berkembang dan lebih mudah menyerang terutama jamur. Dan salah satunya yaitu jamur paling mematikan pada Adenium yaitu jamur fusarium.

Dari ulasan tersebut, tanamanbuah.com akan berbagi tips singkat cara mencegah perkembangan dan serangan jamur terutama jamur-jamur yang merugikan pada Adenium. Dengan tujuan agar Adenium tetap tumbuh sehat dan subur terutama saat musim penghujan.

Saat memasuki musim penghujan setidaknya ada 2 jenis jamur yang paling mudah berkembang dan menyerang dan sering kita jumpai.

  1. Jamur Phomopsis. Akibat serangan jamur ini yaitu terdapat bercak berwarna kecoklatan pada daun lalu menguning dan rontok. Namun serangan jamur ini tergolong tidak terlalu berbahaya.

    Jamur Phomopsis

    Jamur Phomopsis

  2. Jamur Fusarium. Yang kedua yaitu jamur paling mematikan pada Adenium yaitu serangan jamur fusarium atau disebut pula dengan layu pucuk.

    Jamur Fusarium

    Jamur Fusarium

Selain itu sifat air hujan yang asam membuat PH media menjadi turun drastis atau drop dan jamur akan lebih mudah berkembang dengan baik saat PH media menjadi turun di bawah normal. Dan tahukah anda bahwa media yang menempel pada batang ataupun daun bisa menjadi sumber penularan dan penyebaran jamur-jamur tersebut. Terutama bagi kita yang menempatkan Adenium terkena langsung guyuran air hujan.

Oleh karena itu bagi kita yang menempatkan Adenium tanpa naungan di mana air hujan langsung menuju media sehingga membuatnya berantakan lalu menempel pada daun ataupun batang sebaiknya dilakukan pembilasan. Terutama saat terjadi hujan dengan intensitas kecil ataupun gerimis.

Pembilasan bisa dilakukan dengan cara menyiram atau menyemprot minimal menggunakan air bersih atau bisa tambahkan PSB (Photosynthetic Bacteria) dimana pembilasan dengan cara menyemprot daun dan batang bertujuan untuk menghilangkan media yang menempel pada daun dan batang tersebut.

Pembilasan Adenium

Pembilasan Adenium

Sehingga perkembangan dan penularan jamur bisa diminimalisir dan PSB (Photosynthetic Bacteria) berfungsi untuk membantu fotosintesis mengingat musim hujan sinar matahari yang didapatkan Adenium tersebut sangatlah minim.

Untuk mencegah media berantakan kembali saat hujan berikutnya, pasir malang bisa kita gunakan sebagai alternatif. Selain sebagai topping yaitu agar tampilan lebih menarik, pasir malang bisa kita fungsikan untuk menahan media dibawahnya. Dan pasir malang dengan strukturnya yang tajam dan runcing, berantakan sekali pun tidak akan menempel pada daun dan batang adenium.

Pemberian Pasir Malang

Pemberian Pasir Malang

Dari hal-hal yang sudah ditunjukkan atau disebutkan agar Adenium tetap aman, tumbuh sehat dan subur selama musim penghujan sebaiknya memang dipersiapkan sejak awal. Misalnya mengganti media sebelum musim hujan terjadi, pengendalian hama dan penyakit dengan menyemprotkan pestisida dengan dosis rendah baik secara organik atau kimia minimal dua minggu sekali, menjaga kebersihan, menjaga jarak tanaman yang satu dengan tanaman yang lain dan sebagainya.

Baik cukup sekian tips pada postingan kali ini. Nantikan tips mengenai tanaman hias lainnya hanya di blog tanamanbuah.com ini. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Aplikasi Pupuk PSB