Seiring perkembangan jaman dan teknologi, jual beli secara online bukanlah hal yang baru termasuk jual beli tanaman hias. Salah satunya adalah Adenium atau disebut pula dengan Kamboja Jepang. Dalam jual beli secara online, Adenium atau Kamboja Jepang tergolong tanaman yang simpel dan mudah dalam artian bisa dikemas dan dikirim tanpa media tanam sedikitpun. Sehingga hal tersebut bisa mengurangi beban atau berat yang tentunya akan mengurangi ongkos kirim dan sebagainya. Dan juga mampu bertahan dalam keadaaan tertutup selama kurang lebih satu minggu bahkan lebih. Akan tetapi, tetap tergantung pada kesehatan dan perlakuan sebelumnya.

Adenium Beli Online

Adenium Beli Online

Adapun kendala yang dihadapi untuk Adenium pasca beli secara online juga bermacam-macam, salah satunya yaitu perlakuan setelah Adenium tersebut telah kita terima. Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan agar Adenium tersebut bisa tumbuh dengan aman dan sehat.

Langkah-Langkah Penanganan Adenium Baru Beli Secara Online

  1. Untuk langkah pertama setelah paket adenium tersebut kita terima, yaitu kita buka, lepaskan pembungkusnya kemudian kita cek segala sesuatunya. Meliputi kondisi, jumlah pesanan, ID dan sebagainya. Apakah sesuai dengan pesanan atau tidak.
  2. Kita angin-anginkan sejenak.
  3. Setelah kita diamkan beberapa saat, langkah selanjutnya yaitu kita siapkan wadah berisi air bersih sebanyak 2 liter atau disesuaikan. Kemudian siapkan juga pestisida, baik itu fungisida anti jamur dan insektisida anti serangga. Pestisida kita gunakan apabila Adenium yang kita terima dalam keadaan kotor. Dalam artian masih ada bekas-bekas sisa media yang menempel pada bonggol ataupun tanda-tanda Adenium tersebut belum melalui proses pencucian sebelumnya.
    Penggunaan Pestisida pada Adenium

    Penggunaan Pestisida pada Adenium

    Sebaliknya, apabila Adenium tersebut kita terima dalam keadaan bersih, maka maka kita cukup gunakan vitamin B1 khusus tanaman.
    Pestisida berfungsi untuk mengurangi atau membunuh bibit-bibit penyakit atau hama yang kemungkinan masih tersisa. Sekaligus untuk mencegah penularan penyakit dari tempat sebelumnya, misalnya Antranoksa, Patogen dan sebagainya. Dan pestisida yang digunakan dalam dosis rendah, cukup satu hingga dua gram untuk serbuk. Dan satu hingga dua tetes per liter air untuk pesitisda dalam bentuk cair.

  4. Aduk hingga tercampur merata, kemudian celupkan seluruh bagian Adenium tersebut satu persatu kemudian rendam dengan posisi bonggol berada dibawah selama kurang lebih 5 hingga 15 menit.

    Rendam Bonggol Adenium di larutan Pestisida

    Rendam Bonggol Adenium di larutan Pestisida

  5. Setelah kita rendam selama kurang lebih 5 hingga 15 menit, langkah selanjutnya kita angkat dan tiriskan. Dan jika jumlahnya lebih dari satu, maka beri jarak masing-masing Adenium tersebut.
  6. Setelah air yang ada sedikit mengering, kita bisa melakukan pruning atau pemangkasan jika Adenium yang kita terima berdaun utuh dengan tujuan untuk mengurangi penguapan. Sehingga tidak terjadi dehidrasi yang berlebih.
  7. Letakkan Adenium tersebut pada tempat yang ternaung dengan sirkulasi udara yang lancar tanpa terkena sinar matahari langsung / guyuran air hujan. Dan diamkan selama minimal 12 jam.
  8. Setelah luka-luka Adenium yang kemungkinan terjadi selama sebelum dan sesudah paket tersebut kita terima benar-benar mengering, maka Adenium-adenium tersebut sudah siap kita tanam kembali.

Tips Transplanting/Penanaman Kembali Adenium

Penanaman Kembali Adenium

Penanaman Kembali Adenium

Untuk penanaman kembali, media yang disarankan menggunakan media netral yaitu media yang tanpa pupuk. Misalnya campuran antara sekam bakar kasar, sekam mentah fermentasi dan pasir malang. Atau kita bisa gunakan bahan-bahan media tanam yang lain tentunya yang lebih murah dan mudah kita peroleh. Namun apabila kita ingin menggunakan kohe ataupun kompos dan tidak ingin repot di kemudian hari, maka keduanya kita bisa aplikasikan dengan cara dicampur secara merata. Atau berikan kohe/kompos tersebut diatas lapisan media dasar pada tepian wadah, dan hindari penggunaan kohe atau kompos menjadi satu lapisan tipis karena bisa menghambat jalannya air.

Perlakuan Pasca Tanam Adenium

Untuk perlakukan pasca tanam, yaitu segera tempatkan pada tempat yang teduh dan aman. Cukup terkena sinar matahari pagi dibawah jam 8 dan hindari guyuran air hujan secara langsung. Untuk penyiraman pertama kali, bisa dilakukan tiga hingga 4 hari pasca tanam. Yaitu cukup kita spray tanpa mengenai batang dengan sedikit air sekedar untuk menjaga kelembapannya. Dan apabila vitamin B1 tersedia, bisa kita tambahkan dan ulangi penyiraman setiap dua hari sekali dengan cara yang sama.

Adenium umur 2 hingga 4 minggu

Adenium umur 2 hingga 4 minggu

Setelah kurang lebih dua hingga tiga minggu, ditandai dengan calon daun baru yang mulai muncul maka mulai perkenalkan dengan sinar matahari secara bertahap dan tambah durasinya setiap beberapa minggu sekali dengan tetap menjaga pola penyiramannya.

Setelah kurang lebih empat hingga enam minggu pasca tanam, ditandai daun baru sudah muncul menjadi beberapa lembar, dan pertumbuhannya pun mulai stabil maka Adenium tersebut sudah siap diperlakukan seperti Adenium pada umumnya. Agar tumbuh sehat dan subur bahkan hingga berbunga, misalnya untuk jenis bunga tumpuk, maka tentunya tetap memerlukan perlakuan dan perawatan lanjutan misalnya pemberian nutrisi tambahan seperti pupuk serta tindakan pencegahan dan pengendalian hama / penyakit.

Baik, demikian postingan hari ini mengenai beberapa tips perlakukan Adenium setelah kita membelinya dari online store. Semoga bisa membantu bagi anda yang ingin budidaya Adenium ataupun hanya sekedar hobi.

Baca Juga: Cara Mempercepat Pertumbuhan Adenium