Hai TanamanBuah lovers, pada kali ini saya akan memberikan berbagai macam tips dan mengatasi permasalahan yang biasa timbul dalam menanam cabe. Ada pertanyaan yang masuk di website ini, bahwa ada kasus persemaian yang lama sekali untuk sprout. Sudah ditunggu sampai 3 minggu masih juga belum tumbuh. Perlu anda ketahui bahwa persemaian itu bisa bagus manakala media semainya bagus.

Bibit Tanaman Cabe Organik

Sebenarnya ada dua tahap persemaian, yaitu yang pertama tahap sprout / mengecambahkan kemudian ada juga tahap menyehatkan bibit. Kalau tahap perkecambahan itu sebenarnya tidak memerlukan media tanam. Dia hanya butuh kelembapan dan kehangatan, sehingga kalau dua hal itu terpenuhi maka biji akan berkecambah. Selesai berkecambah, biji membutuhkan media tanam karena pada saat sproud biji sudah mendapatkan suplly nutrisi dari biji itu sendiri. Setelah muncul daun semu sempurna kemudian dilanjut daun sejati, disitulah tanaman membutuhkan nutrisi dari tanah. Nah, pentingnya adalah media semai harus dipersiapkan sejak awal dengan media yang subur. Subur itu biasanya diidentikan dengan pemberian pupuk padahal tidak, asalakan media semainya sudah mengandung berbagai unsur itu sudah subur tanpa pemberian pupuk tambahan.

Baca Juga : Tips Tanam Cabe Agar Buah Banyak

Kapan saatnya persemaian cabe ini dipindahkan ? Anda bisa memindahkan persemaian cabe ini kalau sudah keluar 4 atau 6 daun. Jadi intinya adalah bahwa persemaian supaya mendapatkan bibit yang bagus media nya harus subur. Ingat ya, subur bukan berarti harus diberikan pupuk. Di tahap persemaian saya sendiri jarang untuk memberikan pupuk. Kalaupun memberikan pupuk itu tidak mesti satu minggu sekali, paling kalau kita mupuk tanaman dengan pupuk cair saja. Karena media semai sudah saya persiapkan sedemikian rupa. Seperti gambar dibawah ini:

Media Tanam dan Semai Organik

Media diatas gembur dan subur berwarna hitam jadi akar bisa berkembang dengan baik dan tanaman akan subur walaupun tidak diberikan pupuk tambahan. Jadi sekali lagi intinya di media semai. Apa media semai nya ? Media semainya seperti biasa yaitu tanah, kompos, arang sekam itu adalah tiga unsur yang sering kali kita gunakan untuk semai dan tanam. Tiga unsur tersebut sudah cukup untuk membuat media tanam yang subur, steril dan gembur. Tanah ambil bagian atas, kalau perlu di pekarangan yang banyak daun keringnya yang sudah membusuk. Untuk kompos bisa diambil dari limbah dapur, kotoran hewan maupun dari rerumputan dan daun kering. Proses pengomposan berjalan dengan naik nya suhu tinggi, sehingga hama dan bibit akan mati. Untuk arang sekam digunakan untuk menambahkan kegemburan dan menyerap racun di media nya nanti. Arang sekam juga menjadi tempat bersembunyi dan berkembang biaknya mikro organisme di dalam media semai maupun media tanam. Jadi tiga unsur ini sangat bagus untuk dijadikan media tanam.

Semoga ada manfaatnya bagi teman-teman, dan selalu mencoba serta belajar lagi dengan cara yang beragam. Mudah-mudahan dengan demikian akan menemukan sesuatu yang pas untuk kita berkebun secara organik.