Assalamualaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya planters, semoga diberi kesehatan baik jasmani dan rohani. Pada postingan kali ini kita akan memberikan tips bagi yang mengalami kesulitan dalam melakukan grafting khususnya anggur impor. Ada beberapa varian anggur impor yang memang entresnya sulit untuk disambung dan mohon maaf tidak bisa menyebutkan satu-persatu entres varian apa saja yang sulit disambung.

Mata Tunas Anggur Terlalu Kecil

Mata Tunas Anggur Terlalu Kecil

Penyebab entres anggur sulit disambung/grafting itu bisa bermacam-macam, bisa karena tipe nya mudah layu, mati atau mata tunasnya terlalu kecil dan sulit untuk tumbuh. Berdasarkan pengalaman kami dalam hal grafting, penggunaan entres yang agak besar dan agak keras serta tua, akan lebih mudah berhasil dan yang lebih penting tidak mudah layu atau kering.

Entres Anggur Besar dan Tuan

Entres Anggur Besar dan Tuan

Kenapa grafting anggur impor harus memakai entres yang tua? Karena kalau kita memakai entres yang muda dan kecil biasanya gampang mati dan layu terutama kalau suhu kurang cocok. Mungkin terlalu panas, dingin atau kondisi rootstock yang terlalu banyak mengeluarkan air saat dipotong.

Kondisi Rootstock Terlalu Banyak Air

Kondisi Rootstock Terlalu Banyak Air

Jadi kita akan bagikan tips disini agar lebih mudah berhasil dengan menggunakan entres yang besar dan agak tua. Dan karena entres berukuran besar, maka kita butuh rootstock yang tunasnya berukuran besar pula. Terutama kalau sambungannya model V atau mirip sambung pucuk. Tetapi kalau tidak punya rootstock dengan tunas besar seperti ini, maka kita butuh batang yang super sehat. Ciri-ciri batang sehat adalah memiliki kulit yang sangat mudah dikelupas dan kambiumnya masih basah.

Sambung V Anggur Pada Rootstock Besar

Sambung V Anggur Pada Rootstock Besar

Bisa dilihat disini contoh grafting anggur menggunakan entres yang besar lebih kuat dan cepat pertumbuhannya. Terutama yang model sambung V dia lebih rapi dan kuat. Akan tetapi proses bikin rootstock nya yang agak lama. Kalau menggunakan sambung sisip lebih cepat karena bisa digrafting dahulu baru ditanam. Sehingga bibit model begini dijual dengan harga dibawah normal, sebab proses nya lebih cepat dan untuk mendapatkan bibit dengan ketinggian 40 sampai 60 cm hanya memerlukan waktu sekitar 3 bulan dengan perakaran yang cukup kuat.

Grafting Cepat Model Sambung Sisip

Grafting Cepat Model Sambung Sisip

Jika terpaksa menggunakan entres yang berukuran kecil yang tipe mata tunas nya juga kecil, maka kita perlu memangkas daun-daunnya seminggu sebelum memotong entres dari induknya. Hal ini bertujuan agar tunas lateral nya tumbuh menonjol sehingga ketika dilakukan grafting akan mudah aktif dan tumbuh lebih cepat dan terhindar dari kegagalan.

Pangkas Daun untuk memicu Tunas Lateral

Pangkas Daun untuk memicu Tunas Lateral

Karena secara alami, mata tunas seperti varian tertentu tidak bisa menonjol aktif dengan sendirinya. Baik itulah tips yang bisa kami bagikan di blog tanamanbuah.com mengenai cara memilih dan memperbaiki kualitas entres anggur agar tak mudah layu saat dilakukan grafting. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Grafting Anggur