Batang Alpukat Tua Mulai Berbunga

Halo para pembaca setia di TanamanBuah kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara penyetresan agar tanaman alpukat cepat berbuah. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mempercepat alpukat ini untuk berbunga. Poin-poin yang saya jabarkan disini tentunya akan disertai dengan pembahasan yang lebih detail dan diharapkan bisa memperjelas teknik tersebut. Langsung saja berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Baca Juga : Cara Memilih Bibit Alpukat yang Baik

Media Tanam
Pertama kali yang harus diperhatikan adalah persoalan media tanam. Disini saya menggunakan tanah dan sekam dengan perbandingan 2 banding 1.

Batang / Ranting Alpukat yang Tua
Selanjutnya anda pilih pohon alpukat yang sudah tua. Ini penting sebab pohon alpukat yang memiliki ranting muda, ketika di pacu dengan penyetresan tidak akan muncul bunga. Maka dari itu kita tunggu ranting tersebut tua, ditandai dengan warna kecoklatan.

Ranting Alpukat Yang Sudah Tua

Daun Alpukat Sehat
Pastikan juga tanaman alpukat yang akan distres kan itu memiliki daun yang lebat dan sehat. Ciri daun yang sehat adalah segar dan hijau, tidak ada tanda-tanda layu atau kering. Kemudian daun diusahakan tidak sedang terkena hama atau kutu / tungau.

Daun Alpukat Yang Sehat

Teknik Penyiraman
Secara singkat, teknik penyetresan agar alpukat terpacu untuk berbunga yaitu dengan penyiraman. Alpukat dibiarkan untuk tidak disiram beberapa hari sampai bagian media nya itu kering. Setelah media kering kita siram sedikit agar bagian daun kembali segar. Besok nya juga begitu, nunggu sampai media kering, sesudah daun kelihatan layu kita siram lagi. Begitu seterusnya. Dengan jangka waktu satu bulan kita bisa langsung menyiram secara full. Dengan begitu diharapkan tanaman alpukat bisa terpacu untuk berbunga yang nantinya menjadi cikal bakal buah.

Media Tanam Alpukat Tahap Penyetresan

Demikian tips singkat cara pohon alpukat cepat berbuah dengan menggunakan teknik stres penyiraman. Semaga membantu dan menginspirasi bagi anda yang sedang menanam pohon alpukat baik di pekarangan maupun di rumah menggunakan tabulampot. Tetap semangat dan terus mencari referensi agar pertanian di Indonesia maju.