tanaman buah tin

Tanaman Buah Tin | source : agrotoko

Kali ini saya akan membagikan trik bagaimana cara menanam buah atau tanaman Tin jenis Yellow KSA ke dalam Pot. Selain jenis Yellow KSA, di Indonesia sendiri sudah ada pembibitan buah tin jenis buah tin merah, green yordan dan buah tin ungu. Buah tin ini banyak sekali manfaat nya, nanti akan saya ulas di artikel selanjutnya. Baik, kita kembali ke topik cara menanam buah tin. Langkah pertama, kita siapkan dulu bahan-bahannya untuk media tanam yang akan kita gunakan ke dalam pot.

  • Yang pertama, yaitu Arang Sekam. Untuk hasil terbaik, anda bisa menggunakan arang sekam dari kulit kopi.
  • Kedua. Satu ember tanah bagian dalam.
  • Ketiga, Arang sekam satu ember lagi. total dual ember.
  • Kemudian Kohe atau kotoran hewan. Saya gunakan srintil kambing / kotoran kambing. Cukup setengah ember saja.
  • Kemudian Pasir cepu seukuran satu baskom.
media tanam buah tin

Media Tanam Buah Tin | source : agrotoko

Untuk alat-alatnya bisa menggunakan cetok untuk mengaduk, sekop mini atau towel, ciduk atau gayung air.

Oke, langsung saja kita siapkan bahan-bahannya. Yang pertama tadi adalah arang sekam bakar. Kemudian tanah satu ember. Kita ratakan dulu dan tambahkan arang sekam lagi satu ember. Setelah itu taburkan pupuk kandang atau kohe / kotoran hewan setengah ember dan ditambah pasir cepu satu baskom saja. Selanjutnya anda bisa mengaduk rata dengan sekop.

 

media tanam buah tin

Pencampuran Media Tanam Buah Tin | source : agrotoko

Kita menggunakan banyak arang sekamnya agar nanti cepat tumbuh subur dan air nya terserap dengan baik. Drainase nya baik dan akan mempercepat pertumbuha buah tin. Setelah media tanam semuanya tercampur rata, kita siapkan pot yang telah dilubangi. Jangan lupa untuk menambahkan alas dasar dari pecahan genteng atau batu bata, tujuannya agar akar-akar yang tumbuh kebawah terhalang oleh batu, sehingga sirkulasi drainasi dibawah lancar. Konon dipercaya juga bahwa batu-batu ini banyak mengandung fosfor, sehingga akan merangsang pembuahan.

Nah, setelah Pot terisi semua pecahan genteng, saatnya memasukkan media tanam kira-kira sepertiga dari pot. Kita masukkan menggunakan gayung biar lebih cepat. Sebelum memasukkan Bibit Buah Tin Yellow KSA , jangan lupa untuk melepas polybag. Setelah itu kita isi lagi sampai penuh pot tersebut dengan media tanam. Usahakan tanaman ini berada di tengah-tengah pot agar kelihatan indah dan cantik.

 

penyiraman buah tin

Penyiraman Buah Tin | source : agrotoko

Setelah penuh pot nya dengan media tanam, lalu kita siram sampai full, sampai benar-benar basah. Sambil ditekan-tekan agar benar-benar padat agar tidak ada rongga udara didalam nya. Kemudian kita siram lagi.

Demikianlah cara menanam buah tin dalam pot. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua. Salam dan semangat bekerja.