tanaman buah dalam pot

Tabulampot Jeruk / source : Youtube

Apa itu Tabulampot ?

Rumah biasanya mempunyai pekarangan yang dapat dimanfaatkan. Baik itu pekarangan yang berukuran luas maupun sempit. Pemanfaatan pekarangan tidak hanya sebagai unsur estetika semata. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman buah untuk dikonsumsi sehari hari. Namun saat ini, seiring dengan maraknya pembanganunan, menyebabkan semakin terbatasnya lahan untuk menanam tanaman buah khususnya di daerah perkotaan. Pekarangan yang sempit cenderung membuat orang enggan untuk dapat menanam tanaman yang dapat dikonsumsi. Sehingga lahan yang ada lebih banyak dijadikan taman, dengan berbagai macam tanaman hias.

Terbatasnya lahan untuk menanam buah ternyata dapat diatasi dengan inovasi tabulampot (tanaman buah dalam pot). Tabulampot biasanya ditanam dengan tanaman buah seperti kedondong, jambu, sawo, buah naga dan buah lainnya.

Tanaman Apa Saja Yang Dapat dijadikan Tabulampot ?

Kebanyakan tanaman yang bisa ditanam di tabulampot itu adalah tanaman dikotil yang sudah melewati perbanyakan secara vegetatif jadi perakaranya serabut. Jadi kalau masih berasal dari biji, kemudian keluar akar tunggangnya, nanti akan sulit. Nah, karena kita perbanyak melalui perbanyakan secara vegetatif tentunya tanamannya dengan pot kecil / terbatas itu juga akan membuat tajuk yang terbatas juga.

Harapan untuk mendapatkan buah sebanyak pohon yang besar tentunya tidak bisa, tapi kita bisa mendapatkan tanaman buah yang tumbuh di dalam pot tersebut.

Tanaman Buah Tabulampot di Halaman Rumah

tanaman buah dalam pot

Tabulampot di halaman rumah / source : Youtube

Jika anda mempunyai lahan pekarangan yang sempit dan berminat untuk membuat tabulampot berikut persiapan dan cara membuat tabulampot:

Anda harus menyiapkan terlebih dahulu campuran media tanamnya. Media tanam ini terdiri dari campuran tanah, sekam dan pupuk kandang. Lalu siapkan bibit dan Pot. Jika semua bahan telah tersedia maka langkah yang pertama masukkan sekam kedalam pot. Kedua, masukkan bibit buah kedalam pot (sebaiknya bibit yang digunakan adalah bibit unggul) agar menghasilkan buah yang lebih baik. Ketiga, Masukkan pupuk kandang. Lalu masukkan juga campuran media tanam yang terdiri dari campuran tanah, sekam dan pupuk kandang. Keempat, padatkan media tanam dengan kayu. Kelima adalah proses penyiraman. Maka jadilah tabulampot.

Cara Merawat Tabulampot

cara merawat tabulampot

Cara Bikin Media Tabulampot / source : youtube

Nah untuk menghasilkan buah yang berkualitas, maka kita harus merawat tabulampot dengan cara sebagai berikut :

Pertama, siram tanaman setiap dua hari sekali pada pagi hari. Kedua, Pemberian insektisida satu bulan sehari. Dan yang Ketiga, letakkan tabulampot ditempat yang terkena sinar matahari.

Dengan perawatan yang teratur maka tabulampot anda akan berbuah dengan cepat dan hasil yang baik tentunya. Bagaimana, mudah bukan ? Sekarang anda pun bisa memetik buah hasil tanam sendiri tanpa memerlukan lahan yang luas dengan mengaplikasikan tabulampot.