tabulampot buah naga

tabulampot buah naga / source: rumahtanaman.com

Menanam buah naga di dalam pot ternyata cukup mudah dan hasilnya pun tidak kalah dengan yang ada di lahan. Asalkan tau teknik dan caranya. Berikut langsung saja untuk bahan-bahan yang perlu kita siapkan dalam membuat tanaman buah dalam pot khusus buah naga.

Pertama kita siapkan paralon. Jadi paralon ini kita buat ukuran 3 inchi. Kemudian kita siapkan pot yang berukuran 38. Jadi kalau bisa teman teman untuk tanaman buah naga itu kita harus langsung pada pot standar ( ukuran 38, 39, 40 ) tergantung kita. Kita mau berapa tahun , karena biasanya bauh naga itu akan bertahan bertahun-tahun, tetapi kalau didalam pot bisa bertahan 5 – 6 tahun. Nah, jadi pada kesempatan kali ini, saya ingin membuat tabulampot yang berukuran 38.

Tabulampot buah naga tidak bisa diestafet, yang bisa hanya di replanting. Estafet tidak bisa karena akar nya tidak mau padat. Oke, langsung saja berikut cara kerjanya :

Sebenarnya sama seperti kita menanam tabulampot pada jambu madu ataupun pada tanaman yang lain dan perlu diperhatikan lubang di pot harus kita lubangi lagi dengan benar. Karena kalau langsung turun dari pabrik itu biasanya lubang nya masih tertutup sebagian / kurang rapih. Tetapi untuk yang namanya tabulampot buah naga wajib ditambah lubang nya lagi. Anda bisa melubangi nya dengan memakai bor.

Kenapa kita menambah lubang ? Karena kita kenali dulu tanaman buah naga ini adalah tanaman gurun. Kita tahu bahwa tanaman gurun termasuk kategori tanaman tandus sama dengan kaktus. Dia tidak suka dengan media yang becek / basah.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat tabulampot buah naga :

  1. Peralon. Tinggi paralon 1.60 meter. Pada ketinggian 1.10 M, kita beri lobang Model Zig Zag jaraknya satu tingkat. seperti gambar berikut.

    cara buat tabulampot buah naga

    paralon untuk tabulampot buah naga / source : youtube.com

  2. Kemudian kita siapkan lingkaran. Bisa dari potongan ban mobil/kendaraan. Kita siapkan juga besi behel 10 mili, dengan ketebalan sama dengan diameter ban kemudian kita potong seperti gambar berikut.

    cara buat tabulampot buah naga

    lingkaran karet untuk tabulampot / source : youtube.com

  3. Batu bata. batu bata yg sudah dipecahkan dimasukkan ke dalam pot. Jangan diikat, dimasukkan biasa saja ke pot.
  4. Media tanam. Kita siapkan media tanam / metan, yang perlu diperhatikan adalah metan terdiri dari kompos satu bagian, cocopet satu bagian, dan tanah dua bagian. Ini sudah layak digunakan untuk tabulampot untuk madu, mangga, lengkeng, jeruk nipis, buah naga dll. Khusus untuk tanaman buah naga, kita wajib memberi pasir bila perlu satu berbanding satu. Antara metan dengan pasir 1:1. Tujuannya adalah, karena asal buah naga dari gurun, maka kita serupakan media tanam seperti gurun pasir. Karena buah naga sebangsa dengan kaktus. Pasir gunanya juga menambah kegemburan dan keremahan tanah, karena buah naga tidak menginginkan tanah yang padat. Melainkan butuh tanah yg betul-betul gembur tidak becek sehingga kalau berpasir otomatis air akan cepat turun tetapi masih bernutrisi. Nutrisi dapatnya dari kompos. Jadi kalau anda nanam buah naga harus diperhatikan betul media nya.
  5. Selanjutnya kita masukkan media kedalam pot seperti gambar dibawah ini.
    cara buat tabulampot buah naga

    media tanah tabulampot / source : youtube.com

    Kemudian setelah kita mengisi tanah sebatas 3/4 selanjut nya kita melakukan pemadatan dengan cara di banting atau di angkat sebentar pot nya kemudian jatuhkan. Jangan lupa peralon yang ada ditengah pot dikokoh kan dengan memadatkan media tanah.

  6. 2 buah stek buah naga yang sudah tua / yg sudah jelas-jelas pernah berbuah. Karena kalau sudah berbuah / tua biasanya 8 bulan saja sudah berbuah. Ingat, bibir buah naga tadi sebelumnya sudah di berdirikan/semai kurang lebih satu bulan sesudah pemotongan sehingga keluar akar.
    Kemudian buah naga tadi ditanam disebelah pralon. Setelah itu bibit diikat menggunakan tali dan masukkan media lagi. Seperti digambar ini.

    cara buat tabulampot buah naga

    mengikat bibit buah naga / source : youtube.com

    Biasanya kalau ditanam di alam terbuka , kita menggunakan 4 stek. Tapi berhubung ini ditanam di pot, maka cukup dua buah stek buah naga saja.

  7. Kita masukkan besi yang sudah kita potong potong tadi seperti gambar dibawah ini.
    cara buat tabulampot buah naga

    besi untuk mengganjal tabulampot / source : youtube

    Kemudian kita masukkan lingkaran ban tadi. Selanjut nya pralon yang atas juga dipasang besi dan lingkaran ban seperti yg dibawah.

Perlu diketahui, setelah semuanya terpasang, nanti bibit buah naga tumbuh naik. Setelah mencapai ban yang pertama, bibit kita potong sehingga tunasnya akan menjuntai kebawah. Setelah tingkatan pertama penuh, nanti kita naikkan lagi ke ban yang ke dua. Jadi juntaiannya jumlahnya dua tingkat, dan buahnya akan bergelantungan.

Demikianlah teknik cara menanam buah naga ke dalam pot / dijadikan tabulampot sehingga dengan lahan atau pekarangan rumah yang tidak luas pun bisa ditanami. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kita semua.

Untuk cara merawat tanaman buah naga ke dalam pot, nanti akan saya share lagi di artikel berikutnya.