Assalamu’alaikum Wr. Wb. Masih dengan pembahasan tanaman bougenville, kali ini tanamanbuah.com akan mengulas bagaimana caranya menyetek bougenville muda dengan batang yang kecil agar cepat berbunga. Cara nya sangat simpel dan bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak tutorialnya berikut ini.

Pertama kita siapkan dulu bahan-bahannya.

  1. Cup bekas minuman.
  2. Zat pengatur tumbuh (bisa menggunakan bawang merah, bawang putih, lidah buaya, kulit pisang dll.

Kemudian kita ambil batang bougenville yang masih muda dan kecil. Lihat gambar dibawah ini.

Pemotongan Batang Untuk Stek

Pemotongan Batang Untuk Stek

Batang bougenville tersebut harus memiliki riwayat sudah pernah berbunga. Walaupun batang kecil tapi kalau sudah berbunga nanti bisa cepat tumbuh.

Sisakan beberapa daun saja dengan cara di trimming sepeti gambar dibawah ini.

Trimming Daun

Trimming Daun

Persiapan Media Tanam

Selanjutnya kita siapkan media tanam dengan syarat tanahnya sudah lama. Artinya jangan ada unsur pupuk baru, kotoran hewan yang belum terurai, dan tanah harus sudah dalam keadaan lembab supaya mudah padat.

Media Tanam Untuk Stek

Media Tanam Untuk Stek

Kita masukkan media tadi kedalam botol minuman bekas kira-kira 75% dari total volume. Kemudian kita siapkan batang yang sudah dipilih tadi untuk di runcingkan ujungnya. Peruncingan ujung batang tersebut bertujuan agar memudahkan kita dalam pengolesan zat pengatur tumbuh. Mari kita lihat gambar berikut ini.

Pengolesan ZPT untuk batang bougenville

Pengolesan ZPT untuk batang bougenville

Kita sayat bawang merah dan oleskan pada bagian batang bougenville yang terbuka tadi. Ingat ya sobat, zat pengatur tumbuh ini tidak harus bawang merah, bisa saja pakai lidah buaya dan kulit pisang.

Setelah dioles, kita diamkan beberapa menit supaya kering dan meresap. Selanjutnya tinggal kita tanam di media tadi dan jangan lupa di padatkan kembali medianya agar batang stabil dan tidak bergerak-gerak.

Biasanya setelah kita tanamn, nanti akan muncul bunga kira-kira tiga bulan sudah tumbuh setelah keluar tunas.

Coba kita bedah stek yang sudah jadi berikut untuk melihat pertumbuhan akarnya.

Akar Sudah Tumbuh

Akar Sudah Tumbuh

Agar lebih maksmila, setelah muncul tunas baru kurang lebih dua bulanan bisa dikasih pupuk NPK Mutiara 16,16,16. Bisa dengan dosis 10 butir dilarutkan dengan air dan siramkan. Mudah dan simpel bukan?

Demikian tips pada postingan kali ini tentang bagaimana cara stek bougenville dengan batang kecil agar cepat berbunga.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Stek Bougenville