Pertanian Organik tujuan dan manfaat

Pertanian Organik Mulai Dikembangkan di Pedesaan

Pertanian organik sudah menjadi kewajiban bagi kita semua sekarang ini, karena pertanian konvensional yang mengandalkan pupuk dan pestisida kimia sudah semakin tak terkendali, akibatnya beberapa penurunan fungsi alam ini semakin menurun. Kita tahu sejak jaman dulu nenek moyang kita, mereka sudah bertani dan bertahan hidup dengan pertanian. Pertanian yang mereka lakukan adalah pertanian organik yaitu dengan mengandalkan keseluruhan proses dengan alam. Dulu kala, meskipun kehidupan sederhana tetapi nyaman, penyakit tidak semakin banyak seperti jaman sekarang ini. Jadi, setelah mengetahui hal itu kita sangat prihatin karena semakin banyaknya penyakit beragam jenis yang mematikan, salah satunya disebabkan oleh makanan yang kurang sehat. Pola makan yang kurang sehat juga karena disebabkan oleh makanan yang tidak sehat dan terkontaminasi bahan-bahan kimia. Oleh sebab itu kali ini tanamanbuah.com perlu untuk mengangkat tema prinsip-prinsip pertanian organik supaya kita lebih paham lagi mengapa harus berkebun secara organik dan mengajak kita semua untuk kembali ke organik.

Pada dasarnya pertanian organik memiliki empat dasar prinsip yang harus diketahui diantaranya adalah :

  1. Prinsip Kesehatan
    Yang dimaksud dengan prinsip kesehatan adalah, kegiatan pertanian yang memperhatikan kesehatan tanah, kesehatan tanaman, kesehatan hewan, kesehatan bumi dan utamanya kesehatan manusia. Karena mereka adalah satu kesatuan dan satu komponen yang tidak dapat terpisahkan serta saling berhubungan. Sehingga sangat perlu sekali memperhatikan pelestarian dan kesehatan. Itulah prinsip kesehatan dalam pertanian organik.
    Prinsip dan Manfaat Organik

    Prinsip Pertanain Organik dan Manfaatnya

    Untuk memperoleh kesehatan, salah satunya berasal dari makanan. Bagaimana kita akan sehat kalau makanan yang kita konsumsi itu kurang sehat. Makanan sehat adalah makanan yang berasal / ditanam secara organik tanpa ada campuran bahan kimia sintetis karena semuanya mengandalkan alam sehingga makanan yang kita peroleh adalah makanan yang sehat. Inilah faktor paling utama mengapa kita harus melakukan berkebun / pertanian organik yaitu untuk memperoleh makanan yang sehat untuk menjaga tubuh kita. Bagaimana cara memperoleh nya ? tentu saja dalam berkebun kita tidak melibatkan bahan-bahan kimia sintetis misal seperti pupuk dan pestisida dengan semprot. Kita semua menggunakan bahan alam, yaitu pupuknya menggunakan pupuk kompos, pupuk organik cair dari sayuran dan buah yang difermentasikan, intinya dari alam, oleh alam dan untuk alam.

    Salah satu pupuk yang sangat direkomendasikan adalah pupuk kompos. Kompos yang diperoleh dari proses fermentasi kotoran hewan ditambah dengan bahan alami lainnya seperti daun kering, sampah pekarangan yang dijadikan satu dan dikomposkan dengan bahan EM4 yang bisa kita buat sendiri juga dengan sayuran dan buah.

  2. Prinsip Ekologi
    Bagaimana interaksi antara kehidupan manusia dengan alam ini, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya, interaksi tanaman dengan hewan maupun sebaliknya. Interaksi ini diharapkan interkasi yang baik, semuanya mengandalkan alam sehingga berjalan secara baik dan normal. Terjadinya interaksi makhluk hidup seperti hewan memakan rumput, kemudian hewan mengeluarkan kotoran, kotoran diproses oleh tanah oleh mikroorganisme maka akan diubah menjadi unsur hara yang akan diserap tanaman, dan tanaman menghasilkan produksi yang akan kita konsumsi. Kita yang mengusahakan, kita yang mengupayakan dan kita yang mengelola sehingga berputar sebagaimana mestinya seperti rantai makanan dialam ini secara alami. Kita menjaga supaya alam ini menjadi lebih baik, mengingat penggunaan pupuk dan pestisida yang merajalela.
  3. Prinsip Keadilan
    Yang dimaksud dengan prinsip keadilan adalah bagaimana kita mengelola kebun ini untuk menjadi sumber makanan bukan untuk kita semata tetapi bagi sesama manusia, ketika kita nanti kelebihan hasil panen kita jual maka yang kita jual adalah makanan yang sehat. Jadi ada keadilan antara yang kita makan dengan pembeli yang membeli sayuran / buah kita. Kemudian keadilan untuk alam ini, yaitu kita mengembalikan sumber dari alam kepada alam. Sehingga alam ini berjalan dengan normal. Kemudian prinsip keadilan untuk lingkungan, yaitu kita memberikan mikroorganisme bahan-bahan yang sehat sehingga mereka berkembang biak, sehingga bisa mengurai bahan-bahan organik tersebut menjadi supply unsur hara untuk tanaman.
  4. Prinsip Perlindungan
    Kita harus menerapkan pertanian dan perkebuan secara organik yaitu tujuannya untuk melindungi makhluk hidup dari mulai sekarang sampa yang akan datang. Kita melakukan perlindungan terhadap alam ini sehingga alam tetap memberikan yang terbaik bagi kita, anak dan cucu kita. Melindungi alam dari pencemaran, melindungi tanah dari pencemaran lingkungan, melindungi mikroorganisme untuk tetap mengurai bahan organik, melindungi udara ini dari polusi sehingga udara yang kita hirup tetap bersih dan sehat.

Demikian tadi 4 prinsip pertanian organik yang harus kita perhatikan dan wajib kita laksanakan seperti prinsip kesehatan, ekologi, keadilan dan perlindungan. Sehingga bumi ini akan menjadi tempat yang semakin sehat untuk kita tinggali dan bumi ini memberikan makanan sehat dan menyehatkan bagi diri kita sendiri, keluarga dan orang lain.

Semoga ada manfaatnya, tetap semangat untuk bertani dan berkebun, maju terus pertanian Indonesia.