Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat tanamanbuah? Semoga selalu sehat ditengah pandemi ini dan dijauhkan dari berbagai penyakit sehingga masih bisa menjalankan aktifitas sehari-hari. Baik sobat, pada kesempatan kali ini kita akan menginformasikan tentang pisau okulasi yang paling rekomended untuk sahabat miliki ketika ingin melakukan aktifitas okulasi baik sebagai usaha maupun sebatas hobi.

Pisau merupakan salah satu persyaratan dimanan nantinya okulasi yang kita lakukan itu jadi atau tidak. Karena pisau merupakan satu alat yang nanti kita gunakan sebagai alat untuk menyayat dan menyambung. Ketika pisau nya tadi tidak tajam, maka hasil sayatannya tidak akan sempurna untuk kita sambung. Karena sel-sel tanaman yang kita potong tidak sempurna teriris sehingga ada sel-sel yang rusak dan mengakibatkan waktu menempelnya itu tidak sempurna.

Pisau apa itu yang paling rekomended untuk okulasi ? Pisau ini adalah pisau yang paling banyak dimiliki teman-teman yang berusaha dibidang pembibitan tanaman buah. Dan inilah pisaunya yaitu Victorinox buatan Swiss asli.

Pisau Victorinox

Pisau Victorinox

Anda bisa mendapatkannya di toko online dengan rentang harga kisaran Rp. 85.000. Pisau Victorinox ini berbahan dasar stainless steel yang mana anti karat dan ketika diasah dia akan awet tajamnya. Mari kita coba ketajamannya dengan mengiris kertas rangkap dua seperti berikut :

Uji Pisau Victorinox

Uji Pisau Victorinox

Untuk lebih bagusnya lagi bisa kita asah kembali supaya dibagian ujung tidak ada semacam besi yang menonjol, supaya pisau nya lurus langsam. Karena kalau pisau baru itu biasanya ada garis tipis yang ujung nya saja yang runcing. Tapi kalau pisau okulasi lebih baik lurus dari atas ke bawah. Tetapi overall, pisau ini sudah siap dipakai dan cukup bagus.

Perlu kita ketahui bahwa ketajaman pisau itu sangat mempengaruhi dari proses okulasi yang kita lakukan. Ketika pisau nya tumpul, maka ketika memotong batang yang akan kita sambung nanti ada sel-sel yang rusak, sehingga ketika ditempel ulang terjadi kesulitan karena sel-sel tersebut hancur.

Selanjutnya kita akan tes untuk memotong batang durian sebagai berikut :

Pisau Okulasi Victorinox

Pisau Okulasi Victorinox

Kita lihat hasilnya cukup memuaskan dengan hasil clean cut (potongan yang bersih). Kemudian kita coba untuk okulasi batang pohon durian dengan menempelkan entres yang sudah tua sebagai berikut.

Hasil Sambung Sisip Menggunakan Pisau Victorinox

Hasil Sambung Sisip Menggunakan Pisau Victorinox

Pastikan menempel dengan sempurna dan ikat dengan plastik es/PE kemudian disungkup dengan plastik seperti berikut.

Sambung Sisip Durian

Sambung Sisip Durian

Demikian sahabat review singkat mengenai pisau Victorinox yang paling cocok untuk okulasi karena terkenal dengan ketajamanya. Semoga membantu dan jangan lupa untuk tetap semangat dan berkreasi.

Baca Juga : Cara Grafting Anggur