Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai 3 hal yang menyebabkan kehilangan urea tanpa disadari oleh petani kita. Kita semua tahu bahwa urea merupakan pupuk utama di dalam budidaya kelapa sawit yang berfungsi sebagai penopang atau suplemen nitrogen yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.

Pupuk Urea

Pupuk Urea

Urea yang sering dijual di pasaran pada umumnya mempunyai kandungan 46 persen nitrogen. Namun kita sering lalai / merasa kehilangan nitrogen dari pupuk yang kita berikan tanpa disadari. Faktor kehilangan tersebut adalah :

  1. Pupuk. Pupuk dengan kandungan 46 persen itu dalam kondisi bagus dalam penyimpanannya. Ketika penyimpanan salah maka bisa turun drastis sampai separonya. Karena urea dari udara, maka hindarkan pembukaan bungkus urea yang langsung bersentuhan dengan udara. Ketika urea langsung dibuka di udara bebas maka dia akan menguap sehingga kandungan nitrogen akan berkurang.Pastikan dalam pembelian pupuk urea, kemasan masih bagus. Hal ini sangat penting karena fungsi dari kemasan yang bagus adalah melindungi urea dari udara bebas.
  2. Kapur. Urea yang ditebar dilapangan harus dijauhkan dari kapur baik itu kaptan maupun dolomit. Kenapa demikian? karena ketika bersentuhan dengan zat kapur maka akan menguap dan menjadi amoniak. Untuk itu lahan harus dijauhkan dari zat kapur dengan diberikan jarak pemupukan minimal 2 bulan.
  3. Aplikasi / Pemupukan itu sendiri. Ketika pemupukan dilaksanakan di tengah hari yang terik, maka pupuk urea akan mengalami penguapan yang luar biasa. Maka usahakanlah pemupukan urea di pagi hari dimana embun masih di permukaan tanah. Sehingga mudah terserap oleh lapisan tanah kita. Jika kondisinya kemarau, maka urea akan menguap menjadi amoniak yang banyak.

Sehingga untuk memaksimalkan pemupukan urea agar kandungan nitrogen tidak berkurang, maka harus memperhatikan 3 hal diatas. Selain itu juga harus diperhatikan waktu dan musim nya. Jangan sampai kita melakukan pemupukan di waktu kemarau, bisa berakibat tidak efektifnya urea yang kita tebar.

Mungkin itu saja dulu postingan hari ini mengenai 3 hal yang harus kita sadari agar pemupukan urea di kelapa sawit bisa maksimal. Semoga bermanfaat bagi para petani dan planters semuanya, terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Pemupukan KCL Kelapa Sawit