Sahabat setia TanamanBuah, misalkan anda punya pohon kelengkeng yang sangat besar, tapi tidak kunjung berbuah. Biasanya orang akan memvonis kelengkeng tersebut mandul atau berjenis jantan dan sebagainya. Maka ada beberapa tindakan yang bisa kita ambil seperti :

  1. Melukainya dengan melakukan pembacokan di batang-batang besarnya.
  2. Melakukan suntik paklo (paclobutrazol) dengan cara mengebor pokok batang utama dan menyuntikkan hormon paclobutrazol.
  3. Dengan cara menebangnya.

Nah kali ini kita akan fokus dengan cara yang ketiga yaitu bagaimana cara agar kelengkeng cepat berbuah dengan cara menebang dan memangkasnya. Untuk langkah-langkah nya sebagai berikut:

  1. Kita cari batang pohon kelengkeng utama yang akan kita tebang.
  2. Setelah putus dan terpotong, kita perlu menunggunya bertunas. Biasanya memerlukan waktu satu bulan untuk menumbuhkan tunas sekitar 4 mm.
  3. Setelah tunas kita nanti akan melakukan sambung pucuk.

Sebelum kita melakukan sambung pucuk pada tunas baru, kita wajib untuk mencari entres terbaik (tidak terlalu tua, dan tidak terlalu muda). Diambil dari pohon yang terbukti berbuah dan yang paling penting anda suka jenis buahnya. Pilihlah entres jenis kelengkeng sesuai cita rasa masing-masing.

baca juga : Cara Membuat Tanaman Kelengkeng Cepat Berbunga

Untuk alat yang digunakan untuk melakukan sambung pucuk, kita memakai silet dengan cara mematahkan menjadi dua agar tajam tetapi tipis. Untuk entres yang bagus, ada sedikit mata tunas nya bisa dilihat di gambar berikut :

Pemilihan Entres Kelengkeng

Pemilihan Entres Kelengkeng yang Bagus

Langkah Sambung Pucuk Kelengkeng

  • Kita akan memotong tunas seperti gambar dibawah ini, kemudian kita belah dulu bagian atasnya secara vertikal.

    entres kelengkeng tunas baik

    Pembelahan Tunas Kelengkeng untuk Sambung Pucuk

  • Setelah itu entresnya kita sayat seperti gambar dibawah ini, baru kita pasangkan ke tunas yang sudah kita belah.

    sambung pucuk kelengkeng

    Sayat Entres yang akan kita Sambung

  • Lanjut, setelah terpasang dengan rapi, maka langkah selanjutnya kita akan melakukan pengikatan menggunakan plastik.

    Pengikatan Entres Kelengkeng

    Pengikatan Entres Kelengkeng untuk Sambung Pucuk

  • Kita sungkup menggunakan plastik dan jangan lupa untuk diikat akan tetapi tidak terlalu ketat, agar nanti kalau ada embun bisa langsung menetes ke bawah.

    sungkup plastik

    Sungkup entres Kelengkeng menggunakan Plastik

Tips Sambung Pucuk Kelengkeng

Kita bisa melakukan pada dua tunas kelengkeng, agar nanti kalau misalkan ada salah satu yang paling bagus, kita pilih yang bagus dan kita buang yang kurang bagus. Setelah dua tunas kita sambung pucuk, maka kita akan tunggu sampai nanti bersemi. Anda bisa lihat dibawah ini salah satu sambung pucuk kelengkeng yang sudah jadi dan kuat.

hasil sambung pucuk kelengkeng

Hasil Sambung Pucuk Kelengkeng

Perlu diperhatikan juga kontrol terhadap hama dan serangga, karena daun muda kelengkeng sangat disukai oleh belalang. Dan berikut adalah gambar hasil penebangan yang dilakukan pada pohon kelengkeng yang mempunyai batang besar :

penebangan kelengkeng

Hasil Penebangan Batang Kelengkeng

Sangat subur bukan ? dengan tinggi mencapai setengah meter. Dan kalau sudah seperti itu, nanti tunas-tunas baru yang bermunculan dari bawah dibuang saja. Demikianlah tips bagaimana cara mengatasi kelengkeng yang tak kunjung berbuah dengan cara penebangan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk bercocok tanam.