Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh ada yang menyebut jambu ini adalah jambu lilin merah dan ada juga yang menyebutnya dengan jambu irung petruk. Entah mana yang bener mungkin saja bener semua. Kalau kita lihat bentuknya seperti gambar dibawah ini sudah mateng. Kalau Citra itu matengnya dia terbuka, tapi lilin merah ini dia tetap tertutup seperti ini. Bentuknya panjang, kalau ditanam di pot seringnya nggak berbiji. Biasanya kalau ditanam di tanah langsung biasanya tengahnya ini agak seperti hamil seperti gendut.

Jambu Air Lilin Merah

Jambu Air Lilin Merah

Kegenjahan Jambu Lilin Merah / Irung Petruk

Untuk ke genjahan sebenarnya ini waktu muncul bunga banyak banget bahkan jumlah bunganya itu rata-rata lebih banyak dibanding jambu madu tapi kekuatan bertahan di tangkainya itu kalah dengan jambu mdh. Jambu ini tinggal sepohon dengan mdh karena ini kombinasi, jadi meskipun mdh tak seberapa banyak muncul bunganya tapi hasilnya lebih kuat dan lebih banyak juga. Nanti kita juga membandingkan lilin merah dan MDH.

Jambu Lilin Merah vs MDH

Jambu Lilin Merah vs MDH

Baik kita akan memulainya dari lilin merah, jadi dia untuk daging lumayan padet dan warnanya sangat merah agak kehitaman dikit. Ada bijinya kecil dan biasanya kalau ditanam di tanah langsung itu jambu nya agak kembung, bijinya serta agak besaran. Untuk rasa nanti kita coba rasanya seperti apa atau semanis apa. Rasanya manis tapi relatif lebih manisan Citra / agak mirip Citra memang rasanya. Teksturnya mirip jambu Citra juga. Jadi padet nya itu hampir seperti apel malang. Nanti kita bandingkan dengan MDH.

Jambu Air MDH

Jambu Air MDH

Untuk jambu air MDH seperti gambar diatas, jadi umumnya mdh itu sangat hijau tapi kabarnya teman-teman suka yang agak kemerahan seperti gambar berikut ini.

Jambu MDH Merah

Jambu MDH Merah

Bentuknya ada yang beda tapi jangan khawatir itu sama-sama asli. Untuk besarnya lebih besaran jambu madu. Untuk teskturnya, MDH ini lebih kress, lebih manis juga meskipun saat ini sedang musim hujan. Tapi kalau ditanam di tabulampot ini tetep manis rasanya.

Tekstur Daging Jambu MDH

Tekstur Daging Jambu MDH

Untuk koleksi okelah menurut saya lilin merah ini. Tapi kalau untuk skala kebun mungkin kalah dengan MDH atau kakak kelasnya yaitu Citra.

Baik mungkin ini saja ulasan dan pengenalan jambu air lilin merah atau orang biasa menyebutnya dengan irung petruk. Semoga menambah wawasan dan salam pertanian Indonesia..