Masih bersama dengan tanamanbuah.com kali ini kita akan membahas hama penyebab daun keriting khususnya pada tanaman cabe dan cara pencegahannya. Terjadinya daun keriting pada tanaman cabe kita disebabkan oleh hama serangga yaitu semut. Memang ada beberapa hama selain semut yaitu hama aphid, hama thrips dan tungau. Dan ternyata keterkaitan antara semut dengan hama-hama tersebut ini sangat erat hubungannya, karena hama tersebut bisa memberikan asupan makanan kepada semut yaitu berupa embun madu. Jadi embun madulah yang dihasilkan oleh hama-hama tersebut sehingga semut akan selalu ada ketika hama-hama tersebut ada di tanaman kita. Baik, maka dari itu kita harus melakukan pencegahan serta perawatan pada tanaman kita agar supaya tidak terjadi daun keriting ke depannya pada saat tanaman kita masih dimasa pertumbuhan, maka dari itu kita harus melakukan perawatan dini.

Mari kita lihat gambar berikut sebagai contoh beberapa tanaman cabe yang terserang hama penyebab daun keriting.

Daun Keriting

Daun Keriting

Tanaman cabe rawit ini dimasa pertumbuhan biasanya hama-hama tersebut akan menyerap nutrisi yang terdapat pada daun tanaman. Perhatikan baik-baik gambar berikut, sudah terjadi gejala daun keriting pada bagian pucuk daun :

Pucuk Daun Keriting

Pucuk Daun Keriting

Dan terjadinya daun keriting disebabkan oleh hama aphid, trips dan tungau. Jika sudah terjadi gejala ini maka lakukanlah pembasmian pada hamanya supaya tidak lebih parah dan menjalar ke daun lainnya.

Perhatikan juga pada daun dibawah ini, sudah terdapat semut jadi ini menunjukkan keterkaitan antara semut dan hama-hama tersebut.

Hama Semut di Daun

Hama Semut di Daun

Nah disini kita lihat juga aphid yang terdapat pada bagian pucuk daunnya, inilah yang lama kelamaan akan menghisap nutrisi di daun sehingga daun menjadi keriting. Jika kita lihat di belakan daunnya, maka kita juga akan melihat hama-hama tungau, kutu putih, aphids. Hama ini akan menghisap nutrisi pada daun dan nantinya akan menjadi layu dan pastinya akan rontok kedepannya.

Maka kita harus melakukan pencegahan dan pembasmian dari hama semut dan hama lainya biar supaya tanaman kita bersih dari serangan hama. Dan perhatikan juga daun berikut yang mana sudah saya lakukan pembasmian hama. Dan hasilnya tanaman mati dan berwarna hitam seperti gosong serta mengering. Dan bahkan ditanaman ini sudah tidak ada semut nya lagi setelah proses pembasmian. Dan kedepannya tanaman ini akan aman dari hama dan kutu.

Baik mari kita lakukan proses bagaimana cara membasmi hama pada tanaman cabe penyebab daun keriting dan layu ini secara organik. Berikut langkah-langkahnya :

Bahan-bahannya :

Bahan Pembasmi Hama Daun Keriting

Bahan Pembasmi Hama Daun Keriting

  1. Siapkan Sabun Cair untuk cuci piring.
  2. Air dua liter yang sudah dituang di sprayer.
  3. Dua bungkus Garam Inggris.

Cara Pembuatan :

Tuangkan 3 tetes sabun cair ke dalam dua liter air kemudian kita larutkan sampai berbusa.

Cara Pengaplikasian pada Tanaman :

Penyemprotan Hama Daun Keriting

Penyemprotan Hama Daun Keriting

Lakukan penyemprotan mulai dari atas, bawah, depan dan belakan pada tanaman yang terkena hama tersebut. Bagian tanah juga boleh disemprot yang terdapat semut. Dan perhatikan reaksi dari penyemprotan sabun cair ini. Semut akan mati seketika. Kita tunggu sampai sekitar 10 menit. Setelah itu lakukan penyemprotan lagi dengan air bersih untuk pembilasan dengan tujuan menetralisir kandungan sabun cair pada tanaman tersebut.

Dan setelah kita melakukan penyemprotan dan pembilasan kita lakukan lagi pangaplikasian garam inggris untuk memberikan nutrisi pada tanaman agar terhindar dari stress.

Caranya dengan menambahkan setengah sendok makan dengan dua liter air yang akan kita semprotkan pada sore harinya.

Baik itulah cara bagaimana mencegah dan membasmi hama aphid, thrips dan tungau pada daun cabe. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dirumah.