Sahabat Tani, proses pemberian pupuk ada dua cara yaitu pemberian secara disebar atau broadcasting yang akan diserap oleh tanaman melalui akarnya. Kemudian cara yang kedua adalah dengan cara melalui daun atau disebut juga dengan foliar application. Pada postignan berikut ini saya akan mereview salah satu merek pupuk yang pengaplikasiannya dilakukan secara foliar application yaitu pupuk gandasil D.

Pupuk Gandasil D

Pupuk Gandasil D

Dan pada postingan kali ini saya akan menjelaskan apa itu pupuk gandasil D ini kemudian saya juga akan menjelaskan kandungan apa saja yang dikandung oleh pupuk ini serta rekomendasi pengaplikasian pupuk ini agar tanaman dapat tumbuh secara lebih optimal lagi.

Definisi dan Metode Pemupukan

Pemupukan adalah proses pemberian pupuk yang dimaksudkan untuk menyediakan unsur hara tambahan agar tanaman kita dapat berproduksi secara lebih optimal lagi. Cara atau metode pengaplikasian pupuk itu ada dua yaitu metode penyebaran atau broadcasting dan metode daun atau yang disebut juga dengan foliar application.

Pada pupuk dengan merek Gandasil, produk tersebut mengeluarkan dua jenis kode yaitu D untuk daun dan B untuk buah. Dan pada pembahasan ini saya hanya akan mereview pupuk gandasil D sedangkan gandasil B insya Allah akan saya review pada postingan yang selanjutnya.

Sebenarnya keberadaan pupuk gandasil D ini bisa dikatakan sudah sangat lama. Pupuk Gandasil D ini cocok untuk di aplikasikan ke tanaman pada fase vegetatif dan juga tanaman yang dipanen daunnya seperti tanaman bayam, kangkung, selada dan jenis tanaman panen daun yang lainnya.

Dan kemasan kemasan pupuk ini juga belum mengalami perubahan masih dengan warna putih dengan kombinasi warna hijau dan gandasil D ini dikemas dengan isi pada 100 gram dan 500 gram.

Untuk harganya pada kemasan 100 gram Rp12.000 sedangkan yang 500 gram harganya Rp35.000. Kalau kita hitung mending beli yang 500 gram karena 500 gram harganya Rp35.000 sedangkan yang 100 gram harganya Rp12.000. Tapi semuanya kembalikan lagi ke anggaran atau budget yang anda miliki.

Kandungan Pupuk Gandasil D

Kandungan pupuk gandasil D ini memiliki kandungan unsur hara makro yaitu Nitrogen sebesar 20%, kemudian Fosfor sebesar 15%, Kalium sebesar 15% dan Magnesium sebesar 1%. Gandasil D ini juga mengandung unsur hara mikro seperti Mangan atau Mn, Boron atau B, Tembaga atau Cu, Kobal atau Co dan Seng atau Zn.

Kandunga Pupuk Gandasil D

Kandunga Pupuk Gandasil D

Pupuk gandasil D ini juga mempunyai kandungan vitamin tambahan seperti Aneurine, Lactoflavine dan Nicotinic acid amide.

Penjelasan Vitamin Tambahan

  1. Aneurine.

    Nama lain dari Aneurine adalah vitamin B1 atau Thiamin. Aneurine atau vitamin B1 adalah salah satu jenis vitamin yang bisa ditemukan pada makanan dan tumbuhan. Fungsi dari Aneurine atau vitamin B1 bagi tanaman yaitu untuk mengubah karbohidrat menjadi energi penting dalam jaringan tanaman.

    Tanpa adanya energi maka aktivitas atau metabolisme dalam jaringan tanaman tidak akan bisa berlangsung termasuk pembelahan sel, pembentukan jaringan atau organ baru dan pertumbuhan akar menjadi terhambat. Dan pastinya penyerapan unsur hara akan mengalami masalah atau gangguan jika tanaman tidak punya energi.

    Lebih jauhnya lagi tanaman akan kelihatan loyo karena kekurangan energi yang berujung pada stress. Dan jika kondisi ini dibiarkan maka tanaman kita akan berujung dengan kematian.

    Tanaman tertentu seperti tanaman bunga misalnya aglonema merupakan tanaman yang rentan sekali mengalami stres ketika terjadi perubahan ekosistem. Misalnya ketika tanaman aglonema yang merupakan tanaman yang tidak suka kena panas tiba-tiba kena panas berlebih. Maka ia akan mengalami stres yang berlebih dan berujung pada kematian. Untuk mengatasi hal tersebut caranya adalah dengan memastikan vitamin B1 ini tersedia bagi tanaman kita.

    Sama juga tanaman pada fase vegetatif. Fase tersebut adalah fase dimana tubuh tanaman dihadapkan dengan berbagai penyesuaian ekosistem. Terkadang ketika ekosistemnya di luar dari keinginan tanaman itu sendiri maka ia akan mengalami stres. Maka vitamin B1 atau Aneurine ini dapat memperlebar daya tahan tanaman dalam menghadapi berbagai macam kemungkinan stres.

  2. Lactoflavine

    Lactoflavine adalaah vitamin B2 dan sering disebut dengan Riboflavine. Sama dengan vitamin B1, vitamin B2 juga berfungsi dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. Vitamin B2 mengubah karbohidrat menjadi glukosa atau zat gula yang pada akhirnya berubah menjadi ATP atau Adenosin TriPhosphate atau kita sebut juga dengan cadangan energi.

    Manfaat dari vitamin B2 ini adalah dapat membantu penyerapan unsur hara makro dan mikro bagi tanaman agar lebih optimal lagi dan juga dapat membuat tanaman memiliki sistem imun yang ekstra sehingga lebih tahan terhadap perubahan ekosistem di sekitarnya.

  3. Nicotinic acid amide

    Nicotinic acid biasanya dikenal dengan istilah vitamin B3 atau juga sering dikenal dengan nama niasin. Vitamin B3 mengandung Niasinamida yang sangat dibutuhkan bagi berbagai sel jaringan tanaman atau tumbuhan karena salah satu fungsi dari vitamin B3 adalah menghasilkan NAD atau substrat enzim yang bisa memodifikasi protein pada semua organisme atau makhluk hidup termasuk juga tanaman atau tumbuhan.

    Nicotinic Acid Amide/Vit B3 ini kalau digunakan pada manusia dapat mencegah penuaan dini serta dapat menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi terasa lebih halus. Dan bagi tanaman pun pastinya juga memiliki manfaat yang tidak jauh beda yaitu agar kulit tanaman memiliki kelembaban yang baik dan bisa saja memiliki kemampuan hidup yang lebih lama.

Semua manfaat vitamin B1, B2 dan B3 pastinya akan sangat sangat bermanfaat bagi tanaman kita terutama tanaman hias seperti Aglaonema, Adenium, Anthurium, Gelombang Cinta ataupun yang sedang hits sekrang ini yaitu tanaman Begonia.

Aglaonema Sehat

Aglaonema Sehat

Dari unsur hara yang dikandung dari pupuk Gandasil D ini, saya merekomendasikan pengaplikasian pupuk gandasil D ini pada tahap vegetatif saja. Supaya tanaman mudah berdaun lebat, kemudian magnesium yang dikandungnya dapat meningkatkan fotosintesis menjadi lebih sempurna sehingga tanaman kita dapat tumbuh dengan lebih baik dan lebih optimal lagi.

Dosis Pupuk Gandasil D

Dan untuk dosis pengaplikasiannya gandasil D ini bisa diberikan 2 sampai 3 gram per liter air atau kalau anda semprot dengan menggunakan tangki 16 liter, bisa satu tangki diberikan sebanyak 32 sampai 48 gram dengan interval pemberian kisaran 10 sampai 14 hari sekali tergantung kondisi tanaman anda.

Nah sobat tani, itulah review tentang pupuk gandasil D, mudah-mudahan bisa membawa manfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana