Assalamualaikum Wr. Wb. Pada postingan kali ini tanamanbuah.com akan sharing pengalaman bagaimana cara sun heating atau menjemur tanaman Aglaonema khususnya pada musim hujan agar tetap subur dan bertumbuh maksimal. Aglaonema atau tanaman hias lainnya sangat membutuhkan sinar matahari pagi untuk fotosintesis.

Ketika aglaonema kita terkena air hujan, maka sebaiknya cepat-cepat untuk dijemur keesokan harinya. Jemur pada pagi hari sampai siang kisaran pukul 10-11. Manfaat dari penjemuran ini adalah untuk mengurangi kelembapan dan penumpukan air yang ada di dalam pot. Selain itu, penjemuran ini bisa membunuh bakteri-bakteri yang berada di sekitar pot. Kita tahu bahwa ketika media tanam terkena air hujan, maka akan ada jamur yang tumbuh di sekitar media tanam dan di belakang daun aglaonema ini. Maka dari itu untuk menghilangkannya perlu dilakukan penjemuran/sun heating ketika matahari benar-benar cerah.

Tanaman Aglaonema

Tanaman Aglaonema

Penjemuran ini merupakan hal yang wajib bagi pecinta tanaman hias khususnya aglaonema. Selain untuk menghilangkan kadar air berlebih dan membunuh jamur, penjemuran ini juga berfungsi untuk fotosintesis tanaman agar nutrisi yang ada di media tanam terangkat semua ke seluruh bagian dari tanaman hias tersebut. Fotosintesis juga berfungsi untuk menimbulkan warna bagi tanaman hias anda sehingga enak dilihat, semakin cepat berbunga dan sehat. Jika anda ingin Aglaonema cepat mutasi, maka jangan malas untuk melakukan penjemuran di pagi hari.

Apa itu mutasi warna pada aglaonema ? yaitu perubahan warna pada daun aglaonema. Misal aglaonema butterfly ketika sudah bermutasi maka warnanya akan lebih cerah dan garis urat daun semakin merah pekat. Untuk itu jangan malas untuk melakukan penjemuran ini, dengan cara memindahkan tanaman anda ke area yang terpapar sinar matahari langsung di pagi hari.

Cara Melakukan Penjemuran Aglaonema

Peralatan yang diperlukan adalah:

  1. Spray/semprotan yang sudah berisi air.
  2. Vitamin B1 untuk tanaman.

Caranya adalah tuangkan satu tutup botol vitamin B1 ke dalam satu liter air dan masukkan ke dalam spray. Penyemprotan ini dilakukan pada saat penjemuran karena akan lebih terserap dengan cepat melalui bantuan proses fotosintesis. Makanya penjemuran dilakukan bersamaan dengan penyemprotan.

Campurkan Vit B1 dalam Penyemprotan

Campurkan Vit B1 dalam Penyemprotan

Semprotkan menyeluruh ke tanaman, dan usahakan di bagian belakang daun juga ikut disemprot, karena mulut daun atau stomata letaknya di belakan daun tersebut.

Penyemprotan Vit B1

Penyemprotan Vit B1

Baik, sekian dulu sharing informasi kali ini mengenai pentingnya melakukan penjemuran dibawah sinar matahari langsung untuk tanaman hias dan juga cara melakukannya. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda semua khususnya pecinta tanaman hias aglaonema dan lainnya. Nantikan postingan selanjutnya hanya di blog www.tanamanbuah.com ya sobat. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Merawat Aglaonema