Fitohormon adalah senyawa organik yang terbentuk baik secara alami maupun secara sintetis yang digunakan buat mendorong, menghambat atau memodifikasi pertumbuhan dari tanaman kita. Beberapa fitohormon yang sering kita jumpai, misalnya hormon auxin, cytokinin dan juga hormon giberelin dimana masing-masing fitohormon itu memiliki perannya sendiri-sendiri terhadap pertumbuhan tanaman kita. Nah, pada postingan kali ini tanamanbuah.com akan membahas tentang salah satu fitohormon, yaitu giberelin. Kita juga akan mereview salah satu produknya yang sudah beredar di pasaran yaitu gatiga.

Memiliki tanaman yang tumbuh dengan baik dan dapat berproduksi secara lebih optimal lagi adalah impian setiap orang. Ketika tanaman kita dapat tumbuh dengan baik dan dalam hamparan tumbuhnya merata, kemudian hijau, maka sebagai petani juga akan puas dengan hasil capaian taninya.

Tetapi, karena tanaman ini merupakan makhluk hidup, terkadang diantara semua tanaman kita yang kita tanam itu ada yang pertumbuhannya tertinggal. Kalau kondisi seperti ini dibiarkan begitu saja, maka bisa menurunkan hasil produksi dan membuat semangat bertani kita jadi menurun. Pada akhirnya petani jadi loyo dan patah hati. Hehe..

Itulah sebabnya kita perlu tahu apa itu hormon giberelin dan bagaimana manfaat luar biasanya. Produk dibawah ini adalah Gatiga.

Gatiga

Gatiga

Dan Gatiga ini adalah fitohormon yang diproduksi oleh PT Arena Agro Utama. Kalau anda tahu sebuah produk yang namanya Anfush, itu adalah produk mereka juga. Btw, Anfush ini komposisinya adalah Trichoderma dan Gliocladium yang bagus banget digunakan untuk memproteksi tanaman kita dari resiko patogen yang jadi penyebab bagi penyakit pada tanaman kita.

Manfaat Hormon Giberelin

Tanaman yang tumbuh tidak normal, kecil bahkan kerdil maka perlu kita lakukan pemberian semacam zat pengatur tumbuh untuk mengejar pertumbuhan tanaman-tanaman lainnya. Maka disinilah peran dari hormon giberelin ini. Dan berikut adalah manfaat hormon giberelin bagi tanaman kita.

  1. Meningkatkan ukuran daun tanaman.
  2. Meningkatkan pertumbuhan batang dan juga percabangan.
  3. Mempercepat pembuahan dan juga meningkatkan ukuran buah.
  4. Mempercepat Germinasi atau perkecambahan.
  5. Mempercepat munculnya tunas.

Untuk kandungan hormon giberelin yang terdapat pada sebungkus Gatiga ini sebesar 5%. Dan Gatiga itu sendiri diformulasikan dalam bentuk WP atau singkatannya adalah wet tabel powder. Fitohormon Gatiga ini sebungkus harganya kisaran Rp3.000 sampai Rp4.000 tergantung di mana anda belinya dan bisa aja lebih murah kalau anda beli secara online.

Dosis dan Pengaplikasian Fitohormon Gatiga

Petunjuk Penggunaan Hormon Gatiga

Petunjuk Penggunaan Hormon Gatiga

Untuk dosis pengaplikasian Gatiga adalah sebungkus (yang isinya 2 gram) dicampurkan dengan 10 liter air dan bisa aja di dalam pengaplikasiannya itu dicampur dengan pestisida agar pengendalian hama penyakitnya lebih efektif.

Kelebihan Hormon Giberelin

1. Mengejar Pertumbuhan Tanaman
Sekarang kita akan bahas lebih detail lagi apa kelebihan luar biasa dari hormon giberelin. Banyak sekali orang yang bertanya “Kenapa tanaman saya tumbuh kerdil ?” Nah, tanaman tumbuh kerdil bisa saja disebabkan oleh faktor internal dan juga faktor eksternal. Kalau disebabkan karena faktor internal, biasanya dari genetika tanaman itu sendiri. Maka untuk bisa memodifikasi dari pertumbuhan keturunan tanaman, maka kita bisa tambahkan hormon giberelin. Selain itu, kita harus menjaga lingkungannya misalnya perbaikan pada kualitas tanah pertanian. Hal tersebut bisa berperan dalam memacu pertumbuhan tanaman kita sehingga tanaman yang tumbuhnya tidak normal, nanti akan mengejar kakak-kakaknya yang tumbuhnya normal.

2. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman
Gatiga ini jika kita aplikasikan pada tanaman yang dipanen daunnya, maka bisa membuat tanaman kita dapat tumbuh lebih besar. Dan ini adalah manfaat luar biasa dari hormon giberelin ini sehingga bisa meningkatkan hasil panen tanaman kita. Tapi kita harus ingat bahwa pemberian hormon giberelin ini sebaiknya diberikan pada saat tanaman kita masih dalam fase vegetatif.

3. Merangsang Perakaran Tanaman
Ketika bekerjasama dengan hormon auksin, maka dapat merangsang perakaran tanaman. Dan ketika akar tanaman kita dapat tumbuh dengan baik, maka makanan yang dia cari juga lebih banyak sehingga akan mempengaruhi pertumbuhannya hingga berpengaruh pada produksinya nanti. Tapi harus diimbangi juga dengan pemberian pupuk yang tinggi kadar fosfornya, karena fosfor itu tujuannya untuk bagian bawah tanaman.

Hal Penting Sebelum Pengaplikasian Gatiga

1.Faktor angin. Kalau di tempat Anda berpotensi anginnya kencang maka pemberian gatiga ini jangan terlalu sering. Hal ini bertujuan untuk menjaga tanaman tetap berpostur ideal dan tidak terlalu tinggi, karena beresiko roboh tertiup angin.

2. Pengaplikasian pada tanaman menjalar. Kalau diaplikasikan pada tanaman menjalar seperti buncis, kacang panjang, gabas atau pare maka aplikasikanlah pada saat fase vegetatif dan pastikan ajir buat menahan tamanan itu cukup kuat. Karena ketika tanaman itu menjalar dan panjang, otomatis bobotnya akan nambah. Kalau ajir nya itu nggak kuat maka berpotensi jadi patah atau sampai roboh maka pastikan ajirnya cukup kuat.

3. Tepat dalam dosis. Pengaplikasian hormon itu harus benar-benar tepat sesuai dengan rekomendasi sesuai petunjuknya. Karena hormon itu pada dasarnya digunakan untuk memodifikasi atau mengatur pertumbuhan tanaman. Satu hormon saja ketika diaplikasikan dengan konsentrasi yang berbeda, bisa saja menghasilkan efek yang berbeda. Ingat, berlebihan itu pasti tidak baik.

Nah, demikian postingan mengenai hormon giberelin yang terdapat pada produk Gatiga semoga dapat membantu para petani dalam memaksimalkan pertumbuhan tanamannya. Dan jangan lupa untuk melibatkan penyuluh pertanian lapangan setempat agar mendapatkan rekomendasi dalam budidaya tanaman anda. Mudah-mudahan hasil tanaman anda jauh lebih bagus.

Baca Juga: Jamur Mikoriza