Kalau sobat punya kebun sendiri di rumah, kita pasti punya dedaunan kering. Karena pasti tanaman yang kita tanam suatu saat akan layu dan rontok daunnya sehingga kita punya suplai dedaunan kering. Nah, biasanya daun-daun yang rontok dan mati ini kita sapu, dimasukkan ke dalam plastik, ditaruh di bak sampah depan rumah dan diangkut oleh tukang sampah untuk dibawa ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Mulsa Organik

Mulsa Organik

Ini agak absurd karena sebenarnya dedaunan ini bukan sampah. Dedaunan kering ini sebenarnya adalah sumber daya yang bisa dimanfatkan kembali. Nah, salah satu cara untuk memanfaatkan daun-daun kering ini adalah menggunakannya sebagai mulsa organik. Apa itu mulsa? singkatnya mulsa itu adalah bahan organik yang ada diatas permukaan tanah, menutupi dan menjaga permukaan tanah agar tidak ter-expose langsung.

Manfaat Mulsa Organik

Kenapa begitu penting menggunakan mulsa dan apa saja manfaatnya? Ada 5 alasan utama kenapa kita perlu memanfaatkan mulsa untuk kebun kita. Mari kita ulas secara detail.

  1. Mulsa Menyimpan Air. Mulsa akan membantu untuk menyimpan air. Dedaunan kering diatas tanah akan mencegah permukaan tanah dari mengering dan dia akan memastikan tanah akan lembab sehingga mengurangi kita untuk menyiram sebanyak 50%. Bayangin saja misalnya kita menyiram kebun kita misal satu jam, karena pakai mulsa kita hanya membutuhkan setengah jam saja. Jadi kita bisa hemat tenaga, hemat sumber daya, hemat air dan juga hemat waktu ditambah tanah kita tetap terjaga kelembapannya sepanjang hari.

    Menjaga Kelembapan Tanah

    Menjaga Kelembapan Tanah

  2. Mulsa Mencegah Tumbuhnya Gulma atau Rumput Liar. Kita tahu bahwa tanaman liar itu merebut air dan nutrisi dalam suatu area/bedeng tersebut. Sedangkan nutrisi dan air itu dibutuhkan oleh tanaman yang kita tanam. Kalau kita taruh mulsa diatasnya, dia akan mencegah pertumbuhan dari rumput-rumput liar ini.

    Mencegah Rumput Liar

    Mencegah Rumput Liar

  3. Mulsa Menjaga Temperatur Tanah Tetap Konstan. Ketika di siang hari suhu udara akan meningkat sehingga permukaan tanah tersebut akan cepat mengering dan tanaman akan lebih cepat layu. Kalau kita taruh mulsa diatas permukaan tanah, maka kelembapan bisa terjaga sehingga tempertur akan tetap stabil dan sejuk. Sebaliknya, jika musim penghujan mulsa akan menjaga permukaan tanah akan tetap hangat.

    Menjaga Temperatur Tanah

    Menjaga Temperatur Tanah

  4. Menggunakan Mulsa Alami Sama Dengan Menambahkan Bahan Organik Untuk Tanah. Mulsa alami seperti daun, bunga-bunga kering dan ranting itu sebenarnya kita menambahkan bahan organik untuk tanah yang nantinya bahan organik ini akan terurai dan menjadi nutrisi. Seperti di dalam hutan, semua ranting, daun dan bunga jatuh ke permukaan tanah kemudian terkikis menjadi partikel kecil dan terurai menjadi tanah seiring berjalannya waktu. Mulsa alami yang terurai ini bisa menjadi tanah yang subur yang dikenal dengan istilah top soil. Nah, kalau kita memakai mulsa organik/alami di kebun kita sebenarnya kita sedang meniru siklus alam. Jadi kita memberikan asupan nutrisi secara berkelanjutan, karena dengan adanya mulsa dia akan terurai dengan sendirinya dan menjadi pupuk untuk tanaman kita.

    Sebagai Bahan Organik

    Sebagai Bahan Organik

  5. Mulsa Melindungi Tanah dan Tanaman dari Hujan Deras yang Menggerus Tanah dan Melukai Bibit Kecil. Kita pasti sering melihat kalau hujan deras kadang tanah menjadi berantakan dan erosi. Nah, kalau ada mulsa diatas tanah, maka dia akan mencegah kerusakan pada tanah yang kita rawat dalam bedeng atau kebun kita.

    Mulsa Pelindung Tanah dari Hujan

    Mulsa Pelindung Tanah dari Hujan

Jadi 5 manfaat utama mulsa organik ini sebenarnya alasan yang sangat kuat kenapa kita harus memanfaatkannya di kebun dan apalagi kita hidup di Indonesia yang memiliki iklim tropis dimana tidak akan pernah kekurangan yang namanya mulsa alami.

Baca Juga : Pemasangan Mulsa Plastik