Pada kesempatan berikut ini TanamanBuah akan menjelaskan apa saja manfaat dan fungsi pupuk NPK dan bagaimana cara pemupukannya secara tepat sasaran. Langsung saja, jadi NPK tugas utamanya adalah N = Numbuhin tanaman, P = Pembentukan pentil atau Pembungaan, dan K = itu adalah Kuat / untuk menguatkan semuanya. Tentu saja singkatan ini rekaan saya semata agar mudah diingat, kalau aslinya Nitrogen, Phospat dan Kalium. Untuk bibit tanaman yang lebih kecil, memerlukan unsur N lebih banyak, jadi kalau kita pilih NPK itu pilih unsur N nya yang lebih tinggi. Jadi kalau ada perbandingan NPK dengan perbandingan 27 : 8 : 8 ini untuk pertumbuhan bibit ketika tanaman kita masih kecil.

Macam-Macam Pupuk NPK

Manfaat dan Fungsi NPK Bagi Tanaman

Jika yang diperlukan lebih banyak adalah N kenapa kita masih memerlukan P dan K ? karena P dan K itu ada fungsi lain selain pembungaan, dan K ada fungsi lain selain menguatkan tanaman. Jadi P itu selain untuk pembentukan bunga, ia juga berfungsi untuk pembentukan akar, pembentukan inti dan dinding sel, aktifator enzim. Jadi misalkan dalam tanaman itu diibaratkan komputer dan hanya dapat diinstall dengan aplikasi khusus yang bisa diinstall dengan pupuk yang berkadar phosphat. Berikutnya phosphat ini bertugas sebagai pengangkut nutrisi. Jadi nutrisi yang diserap oleh akar itu diangkut melalui phospat ini. Oleh karenanya P ini masih dibutuhkan meskipun tanaman ini masih dalam usia pertumbuhan.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Tanaman

Pupuk Natrium Klorida atau KCL

Berikutnya adalah K atau Kalium, fungsinya adalah untuk memperkuat tanaman, baik untuk memperkuat akar, batang agar tidak mudah roboh/tumbang dan berfungsi juga untuk mendukung fotosintesis. Kemudian ada fungsi lain untuk efisiensi penggunaan air. Jadi kedua unsur ini P dan K masih dibutuhkan dalam tanaman walaupun dalam masa pertumbuhan akan tetapi prosentase nya lebih sedikit mungkin dengan perbandingan 27 : 8 : 8. Sebaliknya ketika tanaman itu sudah masuk di usia produktif maka kebutuhan N nya bisa dikurangi sehingga kita bisa mengaplikasikan pupuk NPK yang kadar N nya rendah. Pupuk NPK dengna kadar N yang rendah bisa dengan perbandingan 12 : 26 : 26 dengan maksud untuk merangsang pembungaan, pembuahan juga agar bunga dan buahnya tidak pada rontok.

Manfaat dan Fungsi Pupuk NPK

Perbandingan Pupuk NPK Pada Fase Pertumbuhan Tanaman

Jadi pada fase pembungaan dan pembuahan, kita membutuhkan NPK dengan kadar N yang rendah, sedangkan P dan K kadarnya tinggi misal 12 : 26 : 26. Satu lagi, K juga berfungsi untuk menguatkan rasa manis pada tanaman, yang secara genetik rasanya bisa dimaniskan. Sebagai contoh jambu madu, jambu citra, jambu kristal, semangka. Sedangkan buah-buahan secara genetis memang masam, tidaklah mungkin kita maniskan dengan Kalium / K misal jeruk lemon, nipis itu tidak bisa kita bikin manis.

Semoga penjelasan singkat mengenai manfaat dan fungsi NPK ini tidak malah membuat kita pusing seperti pelajaran Kimia atau Fisika. Yang terpenting adalah berani untuk mencoba dan bereksperimen serta semangat untuk bercocok tanam.