Assalamualaikum.. Halo sobat pecinta tanaman buah, bonsai dan tanaman hias lainnya, kembali lagi bersama tanamanbuah.com. Pada kesempatan kali ini kita akan menunjukkan cara mengolah dan manfaat dari cangkang kulit telur bagi tanaman di mana cangkang telur selama ini hanya dianggap sebagai sampah dan dibuang begitu saja.

Cangkang Kulit Telur

Cangkang Kulit Telur

Selain mudah didapatkan dan bahkan gratis pada cangkang kulit telur memiliki kandungan hampir 90% kalsium dan beberapa unsur lainnya yang sangat dibutuhkan oleh segala jenis tanaman. Namun sebelum kita mengambil manfaatnya, ada tahap yang harus dilalui agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Dan Berikut ini adalah tahapan-tahapan tersebut.

Cara Mengolah Cangkang Telur

Oke Langsung saja mari kita mulai cara mengolah cangkang telur menjadi pupuk organik untuk tanaman. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan wadah berisi air bersih dengan besar yang disesuaikan.

    Siapkan Wadah Berisi Air

    Siapkan Wadah Berisi Air

  2. Lalu masukkan cangkang telur tersebut ke dalama wadah yang sudah disediakan. Sebaiknya kita sortir terlebih dahulu. Pisahkan dari sampah atau benda lainnya.

    Masukkan Cangkang Telur Ke dalam Wadah

    Masukkan Cangkang Telur Ke dalam Wadah

  3. Aduk-aduk sebentar hingga terendam seluruhnya dan diamkan sejenak agar sisa-sisa protein yang ada luntur dan sedikit berkurang.

    Aduk Cangkang Telur Merata

    Aduk Cangkang Telur Merata

  4. Cuci hingga bersih untuk menghilangkan bau amis dan sisa protein. Jika perlu tambahkan sedikit baking soda saat proses pencucian dilakukan. Selain itu, pencucian dilakukan bertujuan untuk mengurangi berkembangnya bakteri salmonela sehingga nantinya juga tidak berbau busuk.

    Cuci Cangkang Telur Hingga Bersih

    Cuci Cangkang Telur Hingga Bersih

  5. Tampung cangkang telur yang sudah dicuci bersih ke wadah berikutnya. Lalu angin-anginkan / jemur dibawah sinar matahari langsung selama beberapa hari hingga benar-benar kering. Untuk mempercepat proses pengeringan, pecah cangkang tersebut sehingga menjadi potongan / ukuran yang lebih kecil.

    Tampung Dalam Wadah dan Angin anginkan

    Tampung Dalam Wadah dan Angin anginkan

  6. Setelah dianginkan / dijemur beberapa hari hingga kering, bisa langsung kita aplikasikan untuk tanaman.

    Jemur Sampai Kering

    Jemur Sampai Kering

  7. Untuk manfaat yang lebih maksimal sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu dengan menggunakan palu atau alat semacamnya. Atau bisa juga dihaluskan / digiling menggunakan blender, sehingga lebih cepat dan lebih halus serta bentuknya seperti tepung. Setelah itu kita simpan dalam wadah tertutup.

    Haluskan Pakai Blender

    Haluskan Pakai Blender

Cara Pengaplikasian Pada Tanaman

  1. Pendam / Dibenamkan
    Gali media tanam disekeliling wadah / pot / polybag dengan kedalaman yang disesuaikan. Lalu taburkan bubuk cangkang kulit telur tersebut seperlunya disekelilingnya tanpa mengenai batang tanaman lalu timbun kembali dengan media.

    Pengaplikasian Pupuk Cangkang Telur Sistem Pendam

    Pengaplikasian Pupuk Cangkang Telur Sistem Pendam

  2. Tabur
    Taburkan bubuk cangkang kulit telur tersebut diatas permukaan media tanam secara memutar dengan jumlah disesuaikan tanpa mengenai batang. Bisa juga kita aplikasikan saat akan mencampur media tanaman / campuran pembuatan kompos. Atau dilarutkan dengan sejumlah air lalu disiramkan.

    Pengaplikasian Pupuk Cangkang Telur Sistem Tabur

    Pengaplikasian Pupuk Cangkang Telur Sistem Tabur

    Bisa juga untuk POC (Pupuk Organik Cair) dengan cara menambahkannya beberapa bahan lain misalnya kulit pisang kering dan ampas kopi hitam kemudian difermentasi selama 5 hari dengan dosis penyemprotan 1:20. Cara yang paling mudah dalam sistem tabur, yaitu dengan cara meremasnya lalu taburkan ke media.

Fungsi dan Manfaat Pupuk Cangkang Telur

Kandungan utama cangkang kulit telur adalah kalsium dengan kadar hampir 90% yang merupakan unsur hara penting yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh sehat. Ketika diaplikasikan baik dengan cara dibenamkan lalu ditimbun sebagai campuran media tanam ataupun sebagai bahan campuran pembuatan kompos bahkan berbentuk cair, fungsi kalsium didalam pertumbuhan tanaman antara lain yaitu :

  1. Merangsang pertumbuhan tunas dan akar dengan cara mendorong pembentukan dan pertumbuhan akar lebih dini yang mempengaruhi pengangkutan air dan unsur unsur hara lainnya dan mempertebal dinding sel, pembentukan sel-sel baru bagi tanaman, pemanjangan dan pembelahan sel.
  2. Menaikkan PH media ataupun tanah dengan membantu menetralkan asam-asam organik yang merugikan. Mampu membesarkan batang di masa vegetatif serta membantu pembentukan biji, bunga ataupun buah serta banyak manfaat lainnya. Sedangkan ketika ditaburkan, mampu mengusir hama-hama pada tanaman. Yaitu mampu mengusir siput, keong, semut, moluska dan beberapa hama lainnya.

Baik, untuk postingan kali ini yang mengulas mengenai pemanfaatan cangkang telur untuk membuat pupuk organik sudah dijelaskan secara rinci, kurang dan lebih nya kami mohon maaf. Semoga bermanfaat dan jaga kreatifitas, tetap semangat dalam bercocok tanam, dan yang paling penting jaga kesehatan.

Wassalamu’alaikum…

Baca Juga : Cara Membuat Kompos Organik