Kalau sobat tani suka minum kopi, ampas nya jangan langsung dibuang. Karena banyak sekali manfaat yang terkandung dalam ampas kopi tersebut. Untuk itu pada postingan kali ini kita akan kupas tuntas mengenai manfaat ampas kopi yang bisa dimanfaatkan untuk kesuburan tanaman anda.

Apa itu ampas kopi? Yang dimaksud ampas kopi disini adalah limbah akhir dari proses penyeduhan kopi. Ketika bubuk kopi itu kita seduh untuk diambil sarinya, maka ampas bubuk kopi inilah yang akan kita manfaatkan untuk kebun kita.

Banyak orang yang khawatir akan kandungan PH yang terlalu asam pada bubuk kopi. Hal ini sebenarnya terdapat pada kandungan bubuk kopi yang belum diseduh. Akan tetapi ketika bubuk kopi ini sudah diseduh, maka PH nya akan netral di kisaran 6,5-6,8.

Ampas Kopi

Ampas Kopi

Manfaat Ampas Kopi

  1. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai kompos. Ampas kopi merupakan bahan organik basah atau greens yang kaya akan nitrogen. Ia membuat tumpukan kompos menjadi panas. Nah, kalau kita punya ampas kopi tinggal kita taruh aja di tempat pembuatan kompos. Sehingga bisa dikombinasikan dengan sampah organik yang lain.
  2. Dengan menaburkan ampas kopi ini diatas tumpukan sampah organik lain, maka akan mengurangi bau tidak sedap yang timbul selama proses pengkomposan. Karena sifat kopi itu sendiri selain mengeluarkan bau yang khas, dia juga menyerap bau tidak sedap di sekitar.
  3. Ampas kopi ini juga bisa kita jadikan sebagai pupuk. Jadi tidak perlu diproses lagi, tetapi kita memanfaatkan secara langsung layaknya kita memakai pupuk yang langsung ditebar di permukaan tanah. Tapi, kita harus tahu karakteristik ampas kopi yaitu memadat ketika terkena air. Sehingga kita tidak disarankan untuk menaburkannya terlalu banyak karena akan mengganggu keporosan media tanam. Cukup ditaburkan tipis-tipis diatas permukaan tanah saja. Karakteristik lainnya adalah kandungan Nitrogen dalam ampas kopi ini masih tinggi, akan tetapi nitrogen ini juga bisa diserap oleh tanaman secara perlahan. Oleh sebab itu, kita menaburkannya secara tipis-tipis saja.
  4. Ampas kopi juga bisa dijadikan pestisida alami. Banyak yang menyarankan untuk menebarkan ampas kopi disekeliling tanaman untuk mencegah siput untuk datang. Hal ini tidak berpengaruh sama sekali, karena tekstur kopi yang lembut dan sifat nya menyimpan air, bagi siput ini tidak masalah sama sekali. Akan tetapi, ampas kopi ini ampuh untuk mengatasi atau mencegah kumbang menggerogoti / memakan batang tanaman.
  5. Ampas kopi efektif untuk menjauhkan kucing dari tanaman hias di kebun kita. Kucing biasanya akan mencari tanah yang kering untk digaruk sebagai tempat BAB. Untuk itu kita bisa tebar ampas kopi disekitaran tanah itu, sehingga kucing enggan untuk BAB ditempat tersebut karena lembab dan berbau kopi.

Cara Membuat Kompos Oganik dari Ampas Kopi

Cara yang paling simpel dalam pembuatan kompos kopi adalah dengan mengumpulkan sisa-sisa ampas kopi kemudian ditaruh dalam tempat pembuatan kompos. Sehingga tercampur dengan bahan organik lainnya. Ampas kopi ini bisa kita hamburkan tipis-tipis diatas sampah organik, kemudian ditambah dengan daun kering dengan perbandingan oganik kering 2x lebih banyak dari organik basah.

Untuk membantu proses pengkomposan agar lebih sempurna bisa ditambahkan dengan cacing tanah. Karena cacing akan membantu mengurai bahan organik pada lapisan kompos.

Demikian tips bagaimana memanfaatkan limbah ampas kopi sebagai kompos dan pestisida. Semoga dapat membantu para sobat tani semuanya.

Baca Juga : Pupuk Kompos Sederhana