Masih banyak petani yang belum tahu manfaat dari penggunaan abu sekam ini, makanya di postingan kali ini saya akan menjelaskan manfaat dari abu sekam ini untuk meningkatan kesuburan tanah.

Sebelum saya menjelaskan lebih detail mengenai manfaat abu sekam, silakan untuk bookmark atau simpan alamat blog www.tanamanbuah.com ini ya sahabat tani agar tidak ketinggalan update postingan selanjutnya.

Sahat tani, abu sekam adalah abu dari hasil pembakaran sekam. Abu sekam ini pasti tersedia di mana pun bahkan di tempat teman-teman semuanya. Namun banyak orang yang belum memanfaatkan. Tahukan anda bahwa yang namanya abu sekam ini memiliki unsur hara yang baik untuk meningkatan kesuburan tanah.

Abu Sekam

Abu Sekam

Kandungan Abu Sekam

Abu sekam ini mengandung fosfor, kalium, kalsium dan magnesium yang pastinya sangat bermanfaat bagi tanaman. Terkadang untuk memenuhi keempat unsur hara ini para petani membeli di toko-toko pertanian. Sebetulnya ketika anda menggunakan abu sekam ini, anda sudah bisa mengurangi dari pembelian keempat unsur hara tersebut. Maka dari itu silakan diaplikasikan.

Berikut adalah manfaat dari penggunaan abu sekam pada lahan pertanian.

  1. Kebal Terhadap Penyakit.

    Tahukah Anda bahwa unsur hara kalium di abu sekam ini sangat bermanfaat dalam meningkatan kesuburan dari tanaman itu sendiri. Kalium itu bermanfaat terhadap kesuburan batang tanaman. Sehingga ketika tanaman tercukupi kaliumnya, maka otomatis tanamannya jadi lebih sehat dan kebal terhadap serangan penyakit.

    Sudah banyak hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa pengaruh dari penggunaan abu sekam ini bagus sekali terhadap Peningkatan ketahanan tubuh dari tanaman itu sendiri. Penelitian juga mengemukakan bahwa tanaman yang diaplikasikan dengan abu sekam ini menjadi lebih kebal terhadap serangan-serangan penyakit. Maka dari itu saya ingin ke teman-teman semuanya mulai sekarang aplikasikan lah abu sekam ini di lahan masing-masing.

  2. Meningkatkan PH Tanah.

    Tahukah anda bahwa abu sekam ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pH tanah. pH tanah yang diaplikasikan dengan abu sekam ini itu terjadi yang namanya peningkatan. Sehingga tanahnya menjadi lebih subur dan tanamannya jadi lebih sehat juga. Untuk itu silakan diaplikasikan.

  3. Menjaga Kelembapan Tanah.

    Abu sekam ini juga mengandung unsur hara yang sangat luar biasa. Unsur hara tersebut adalah Silika. Silika ini bisa bermanfaat dalam menjaga kelembaban tanah. Anda pernah tahu silika? Semua barang-barang elektronik yang teman-teman beli itu pasti ada silikanya. Biasanya dibungkus dan diselipkan di barang-barang elektronik. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelembaban dari barang elektronik tersebut.

    Silika Gel

    Silika Gel

    Abu sekam ini memiliki lebih dari 80% kandungan silika. Artinya ketika lahan anda diaplikasikan menggunakan abu sekam, maka kelembapan dari tanah/lahan teman-teman semuanya jadi lebih terjaga. Dan hal ini pasti akan berdampak bagus bagi lahan pertanian anda.

Jadi mulai sekarang anda bisa lebih menggunakan abu sekam ini dalam pengaplikasian untuk peningkatan kesuburan tanah. Sekali lagi kita harus memanfaatkan sumber daya yang murah meriah agar bisa meningkatkan hasil dari pertanian teman-teman semuanya. Dan pastinya juga menekan dari biaya produksi yang akhirnya otomatis keuntungannya jadi dapat lebih banyak lagi.

Demikian manfaat dan kandungan dari abu sekam yang mempunyai keunggulan yang luar biasa bagi tanaman kita.

Baca Juga : Cara Membuat Larutan PH Down