Assalamu’alaikum Wr. Wb. Banyak yang request kepada tanamanbuah.com untuk dijelaskan kembali mengenai pemupukan anggur setelah tanam agar cepat besar dan berbuah. Nah, pada postingan kali ini kita akan bahas kembali mengenai bahan dan komposisi pupuk apa saja yang sangat direkomendasikan untuk tanaman anggur tabulampot supaya tumbuh cepat, subur dan pastinya mempunyai batang yang lebih sehat dan kuat.

Dosis dan Komposisi Pupuk Anggur

Ada tiga jenis pupuk yang sangat direkomendasikan untuk fase vegetatif/pertumbuhan yaitu:

  1. Pupuk KNO3 Merah
  2. Pupuk DAP
  3. NPK

Fungsi dari pupuk KNO3 merah ini pada masa awal pertumbuhan yaitu dapat memacu tunas dan merangsang pertumbuhan daun karena mengandung Nitrat sebanyak 15%.

pupuk KNO3

pupuk KNO3

Kemudian pupuk UltraDAP ini mempunyai kandungan nitrogen dan fosfor yang sangat tinggi sampai 60% yang berguna untuk merangsang pertumbuhan akar, batang dan bunga.

pupuk UltraDAP

pupuk UltraDAP

Untuk tahap pertama bisa menggunakan kombinasi pupuk DAP dan NPK dengan dosis Pupuk DAP 3 sdm + NPK 3 sdm dicampur dengan 10 liter air. Setelah itu kita aduk-aduk rata agar cepat larut.

Pelarutan Pupuk

Pelarutan Pupuk

Untuk pengaplikasiannya bisa kita kocorkan saja pakai gayung 1-2 liter (satu gayung) per pot (tanaman kecil).

Tanaman Anggur Kecil

Tanaman Anggur Kecil

Khusus untuk tanaman dewasa, kita bisa memberikan 2 gayung atau kira-kira 3-4 liter per pot.

Tanaman Anggur Dewasa

Tanaman Anggur Dewasa

Setelah tanaman masuk 2 minggu setelah pemupukan anda bisa menggunakan pupuk KNO3 merah dengan kombinasi NPK. Untuk dosisnya sama seperti diawal tadi. Lakukan pemupukan secara bergantian setiap dua minggu sekali. Dalam pemupukan ini juga bisa ditambahkan pupuk organik cair (POC) sebagai perangsang pertumbuhan.

Untuk postingan selanjutnya kita akan bahas mengenai proses pembentukan batang primer, sekunder maupun tersier. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Grafting Anggur