Halo sobat pecinta tanaman buah khususnya tabulampot, kali ini tanamanbuah.com akan membagikan tips bagaimana cara mengkombinasikan pupuk agar supaya merangsang tabulampot genjah / cepat berbuah. Perlu diketahui bahwa budidaya tabulampot memang gampang-gampang susah. Karena seringkali kita jumpai tanaman buah kita mogok untuk berbuah. Setelah melakukan beberapa pengkombinasian pupuk, akhirnya menemukan yang terbaik dan semoga bermanfaat untuk kita semuanya. Yuk kita simak penjelasan lebih detailnya.

Aplikasi Pemupukan PetroBio dan Kalium Nitrat

Aplikasi Pemupukan PetroBio dan Kalium Nitrat

Baca Juga : Cara Pemupukan Sistem Tabur

Salah satu faktor yang membuat mereka stagnan adalah ketidaktersediaan unsur hara bagi mereka. Sehingga setelah kita coba dengan menggunakan pupuk Petrobio dari Petrokimia Gresik ini hasilnya memang luar biasa. Karena kandungan dari pupuk hayati Petrobio ini mempunyai 4 bakteri utama sebagai penyusunnya yaitu : Streptopmyces, Penicillium, Azospirillum dan Penicillium oxalicum. Bakteri-bakteri ini bertugas untuk membantu pelarutan fosfat dan menyediakan unsur hara nitrogen bagi tanaman. Sehingga menjadikan tanaman tersebut terpenuhi unsur haranya dan bagus untuk pembuahan. Maka rekomendasi kita jika ada tabulampot yang stagnan dan mogok berbuah bisa menggunakan Petrobio ini. Namun Petrobio ini tidak sendirian. Karena Petrobio ini merupakan pupuk yang harus dibarengi dengan pupuk lain. Ibaratnya dia sebagai pupuk pembantu untuk pelarutan, nah kalau tidak ada yang dilarutkan maka dia tidak akan jalan.

Pupuk PetroBio

Pupuk PetroBio

Maka untuk membantu kinerja Petrobio kita membutuhkan pupuk kalium nitrat dari PT Sanlex ini. Kenapa kita pilih Kalium Nitrat dari PT Sanlex ini ? karena dengan kandungan 13% Nitrogen dan 47% Kalium Oksida (K2O) lebih cepat terserap ke akar tanaman sehingga dengan mudahnya pelarutan tersebut menjadikan tanaman buah kita cepat untuk menyerap unsur hara.

Kalium Nitrat PT Sanlex

Kalium Nitrat PT Sanlex

Jika ada dana lebih, bisa juga dicoba pendatang baru dari PT Kenso, yaitu Sinon 550 pupuk semprot dengan kandungan N 15%, P 15%, K10%. Ini sangat luar biasa sekali walaupun harganya relatif lebih mahal sebanding dengan MoreGrow. Penggunaan KNO3 dari Petrobio membutuhkan dosis yang sedikit saja, kita tebarkan di pinggir pot secara selang seling seminggu sekali. Artinya dengan adanya percampuran dua pupuk ini saja sudah mantap apalagi ditambah dengan Sinon 550 ini.

Sinon 550

Sinon 550

Mungkin itu saja yang bisa kita sampaikan semoga bermanfaat, hijaukan dunia tanpa syarat agar kita bahagia… Sampai jumpa di postingan selanjutnya.