Assalamu’alaikum sahabat tani semuanya, pada kesempatan kali ini kami ingin memperkenalkan mangga yang terkenal paling genjah, yaitu mangga Chokanan. Paling genjah itu artinya paling cepat berbuah. Bahkan setahun bisa 2 sampai 3 kali panen. Mangga chokanan ini biasanya terkenal dengan biji yang sangat tipis. Kemudian soal rasa, tidak kalah dengan mangga madu. Cuman yang membedakan kalau mangga madu itu bijinya agak bulat dan tebal. Nah yuk kita simak beberapa keunggulan mangga chokanan berikut ini.

  1. Mangga chokanan ini jarang busuk dan jarang ada ulat. Walaupun perawatannya biasa saja namun ketahanan mangga ini luar biasa. Mangga chokanan ini juga cocok ditanam baik di dataran tinggi maupun rendah. Hal ini membuat chokanan lebih cocok untuk ditanam di Indonesia karena demografis wilayah nya berbeda-beda.

    Mangga Chokanan

    Mangga Chokanan

  2. Terkenal dengan Kegenjahannya (Sering Berbuah). Mangga Chokanan yang berasal dari Thailand ini cocok sekali dibuat tabulampot karena saking genjahnya. Umumnya dengan tinggi sekitar satu meteran saja mangga ini sudah berbuah. Hal ini memungkinkan kita untuk menanam mangga chokanan di pot sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas.

    Mangga Chokanan Genjah

    Mangga Chokanan Genjah

  3. Tidak mengenal musim. Mangga Chokanan ini juga mampu beradaptasi dengan baik di segala musim terutama musim kemarau dan hujan. Jadi ketika sudah berbuah, nanti jeda bebeapa saat kemudian muncul bunga lagi. Atau bisa juga ketika berbuah muncul bunga lagi jadi saling susul menyusul.
  4. Rasanya Sangat Manis. Jika selama ini anda berfikir bahwa mangga madu adalah mangga yang termanis, nah kali ini ada penantangnya yaitu mangga chokanan. Tekstur daging nya juga hampir sama dengan mangga madu. Mangga ini bisa sangat manis kalau matang dari pohon, akan tetapi waktu masih mudapun juga bisa dipetik karena rasa manisnya juga sudah ada dan tidak terlalu masam.

    Rasa Mangga Chokanan yang Manis

    Rasa Mangga Chokanan yang Manis

  5. Biji yang tipis. Mangga Chokanan ini diminati karena dagingnya yang tebal dan tidak berserat, sedangkan bijinya pipih. Tekstur kenyal nya pun ada sehingga tidak berair dan sedikit crunchy kalau digigit. Dengan sifat inilah kalau kita peram mangga chokanan ini selama berhari-hari masih segar dan tidak lembek.

    Biji Mangga Chokanan Tipis

    Biji Mangga Chokanan Tipis

  6. Tampilan yang Cantik. Mangga chokanan ini mempunyai bentuk fisik dan warna yang cantik. Kuning ke oranye-an dan bentuk buah yang oval menjadikan mangga ini cukup menarik.

    Warna Mangga Chokanan Yang Menggoda

    Warna Mangga Chokanan Yang Menggoda

Demikian review mengenai mangga chokanan yang patut untuk dicoba khususnya bagi anda yang mempunyai pekarangna sempit, karena mangga chokanan ini cocok sekali ditanam di pot / dijadikan tabulampot. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Mencangkok Mangga