jambu air king rose

Jambu Air Pink Rose | source : pohonrindang

Pada kali ini saya akan menjelaskan terutama buat para petani, jangan mengaku menjadi orang pertanian kalau tidak mengerti dengan jenis-jenis buah Jambu Air karena sangat variatif sekali walaupun secara fisik tampak sama. Ada beberapa jenis jambu seperti Pink Rose, King Rose, Bell Rose. Kemudian ada lagi jenis Citra dan Madu. Sebenarnya ada lagi jenis-jenis lain, seperti jambu Dalhari, King, Chincalo dan black Kingkong.

Oke kali ini saya akan menjelaskan 6 jenis Jambu air diatas yang bisa untuk dikenali baik buat petani, baik untuk petugas pertanian sendiri dan juga masyarakat. Sehingga kita membeli produk itu tidak tertukar dan tertipu / terkecoh oleh siapapun. Saya sangat menyayangkan masyarakat / petani terkecoh oleh para penjual bibit yang tidak amanah. Bayangin saja kalau niat hati ingin beli benih jambu pink rose tapi yang didapat king rose. Walaupun sama-sama enak, manis seger tapi berbeda varian. Rasa manis pink rose beda karakter dengan manis king rose, begitu juga sebalik nya. Jadi kalau ada pertanyaan, mana jambu yang paling enak ? semua enak tergantung selera kita.

jambu king rose dan madu

Sebelah Kiri Jambu King Rose, Kanan Jambu Madu

Perbedaan jambu air King rose dengan Jambu air Madu

Perbedaan jambu king rose dengan madu bisa dilihat dari warnanya saja sudah mirip, tapi bentuk nya beda. Kalau jambu air madu itu panjang, ramping di pantat nya, agak pink. Tapi kalau jambu air king rose bentuknya pendek agak gendut. Walaupun berbeda, kalau dari segi rasa memang sama-sama manis. Anda bisa mengecek kadar kemanisan jambu tersebut dengan menggunakan alat refraktometer.

jambu citra dan mutiara hitam

Sebelah Kiri Jambu Mutiara Hitam, Kanan Jambu Citra

Perbedaan jambu air Citra dengan jambu air Mutiara Hitam.

Pink rose, mutiara hitam dan citra sebenarnya bibit nya sama. Daunya sama, bibit nya sama, ketebalan daunnya sama, pucuk mudanya sama-sama merah. Dan resiko penyakit nya juga sama dalam arti paling rawan oleh serangan kutu. Dibandingkan jambu madu dan jambu lainnya, citra , mutiara hitam dan pink rose ini adalah tanaman yang paling gampang terserang penyakit kutu putih / tungau mulai dari pohon sampai daun. Lain waktu akan saya bahas cara pemberantasan hama serangan kutu putih / tungau pada jambu air.

baca juga : Cara Memberantas Hama Kutu Putih

Jambu air dilihat dari warnanya

Jenis jambu air merah ada 4 yaitu Black king kong, Pink rose, Mutiara Hitam dan Citra. Berikut perbedaanya :

Jambu Black King Kong

jambu air black king kong

Jambu Air Jenis Black King Kong

Postur jambu black king kong mudah dikenali yaitu gendut. Untuk rasa, jambu black kingkong ini manis sekali disertai dengan rasa asam tapi tidak terlalu kecut.

Jambu Pink Rose

jambu air pink rose

Jenis Jambu Air Pink Rose

Jambu pink rose mempunyai warna pink. Dari segi fisik, Pink rose juga ada yang besar tapi tidak menyamai besar nya black king kong.

Jambu Citra

jambu air citra

Jenis Jambu Air Citra

Jambu citra bisa dilihat di gambar berikut, mula-mula warnanya merah kemudian warnanya ada sembulat kehijau-hijauan menandakan rasa manis sekali.

Jenis jambu hijau ada tiga jenis, yaitu king rose, jambu madu dan bell rose.

jambu bell rose

Jenis Jambu Bell Rose

Dari segi postur, jambu air madu lebih memanjang. Kalau king rose posturnya lebih gendut dari jambu madu. Kemudian bell rose dia lebih kecil dari lainnya dan warnanya jauh lebih putih. Kalau dari segi mulut jambu memang sama.

Oke, demikian pembahasan jenis-jenis jambu yang kayaknya sepele, tapi memang kita harus belajar untuk mengenalinya agar lebih bisa mengetahui macam variatif jambu air secara detail. Ilmu pertanian tidak pernah berhenti jadi tetap menimba ilmu, sehingga bisa meningkatkan produksi yang berkualitas. Semoga bermanfaat, dan terimakasih.