Sobat tani, pernah kepikiran tidak kalau jagung manis itu bisa dibuat menjadi susu yang nikmat dan segar. Selain dikonsumsi pribadi, susu jagung manis ini juga bisa dijadikan ide bisnis apalagi disaat pandemi sekarang ini yang tidak jelas kapan berakhirnya. Yuk mari kita simak cara pembuatan susu jagung manis ini.

Susu Jagung Manis

Susu Jagung Manis

Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan

Sebelum kita membahas cara pembuatannya, kita akan mengulas beberapa manfaat jagung manis bagi kesehatan. Karena jagung itu kaya akan kandungan serat maka mengkonsumsi olahan dari jagung dapat memperlancar pencernaan kita. Kemudian yang kedua, karena jagung memiliki indeks glikemik yang lebih rendah artinya lebih aman terhadap resiko gula darah. Anda sudah tahu belum apa itu indeks glikemik? Indeks glikemik adalah skor atau angka yang menunjukkan seberapa cepat makanan itu diubah menjadi gula darah, dan dibanding dengan nasi yang punya skor yang lebih tinggi jagung masih masuk kategori yang rendah sampai sedang. Artinya mengkonsumsi jagung itu lebih aman terhadap resiko gula darah. Ketiga, kandungan zat tertentu di dalam jagung ternyata dapat menjaga kesehatan mata kita. Keempat, ini yang sering terjadi pada diri kita yaitu dapat membuat kita merasa lebih bahagia karena biasanya kalau anda makan jagung, entah itu jagung rebus, jagung bakar, bakwan jagung atau olahan-olahan jagung lainnya maka biasanya dimakan bersama dengan keluarga atau teman-teman. Sehingga kebersamaan inilah yang membuat kita menjadi penuh dengan kebahagiaan.

Pembuatan Susu Jagung Manis

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan susu jagung manis adalah sebagai berikut:

  1. Jagung Manis
  2. Gula
  3. Garam
  4. Air bersih
  5. Susu UHT
  6. Vanilli (opsional)

Alat-alat yang dibutuhkan :

  1. Kompor
  2. Wajan
  3. Saringan
  4. Blender
  5. Pengaduk
  6. Pisau dan wadah

Sekarang mari kita mulai proses pembuatannya. Pertama-tama kita harus pisah kan dahulu biji jagung manis nya sama tongkolnya dan usahakan jangan terlalu dalam anda memotongnya. Jika sudah maka timbang sebanyak 250 gram aja. Ingat ya sahabat tani 250gram aja yang kita ambil artinya kalau anda mau bikin yang lebih banyak misal dua kali lipatnya, maka bisa saja langsung kalikan dua (500 gram). Dan jangan lupa nanti semua bahan lainnya itu juga dikalikan dua.

Pengupasan Jagung Manis

Pengupasan Jagung Manis

Jika sudah selesai proses pemotongannya, maka masukan ke dalam blender.

Blender Jagung Manis

Blender Jagung Manis

Kemudian kita siapkan air sebanyak 500 mili liter dan tuangkan ke dalam blender yang tadi sudah berisikan irisan jagung.

Penambahan Air

Penambahan Air

Langsung saja kita blender jagungnya dan tunggu sampai jagungnya halus. Jika sudah kemudian kita siapkan wajan dan juga saringan lalu kita saring hasil blenderan nya dan ambil sari jagungnya.

Penyaringan Sari Jagung Manis

Penyaringan Sari Jagung Manis

Pada tahap ini anda juga boleh menggunakan kain dalam proses penyaringannya lalu nanti tinggal kita peras kainnya maka akan terperas sempurna. Selanjutnya kita taruh wajan diatas kompor dan masak dengan api yang sedang sambil diaduk selama beberapa menit sampai muncul semacam buih-buih atau gelembung kecil pada larutannya.

Pemasakan Susu Jagung Manis

Pemasakan Susu Jagung Manis

Setelah muncul gelembung kecil maka kita bisa masukin gula sebanyak 150 gram. Tambahkan sedikit garam dan ini opsi saja ya sahabat tani, yaitu bisa tambahin sedikit vanili buat menambah cita rasanya.

Tambahkan juga susu UHT satu literan dan dan kita tuang susunya sambil diaduk sampai habis. Lalu kita masak lagi dengan api kecil sampai muncul gelembung-gelembung seperti tadi. Dan ingat ya sahabat tani apinya harus kecil dan juga sambil aduk-aduk. Nah pada tahap proses pemasakan ini maka anda harus benar-benar menjaga api agar kecil dan stabil. Kalau sampai apinya membesar maka akan terjadi pemisahan pada larutannya dan mengurangi dari segi kualitas hasilnya.

Jika sudah matang maka biarkan larutan susu jagung itu sampai dingin. Anda bisa siapkan ke dalam teko dan bisa dinikmati bersama keluarga. Atau bagi yang ingin menjadikan susu jagung ini bisnis sampingan, bisa anda masukkan ke dalam kemasan botol.

Pengemasan Susu Jagung Manis

Pengemasan Susu Jagung Manis

Susu jagung ini kaya akan nutrisi dan sehat buat tubuh kita. Dan usahakan kalau disimpan ke dalam kulkas maka habisin maksimal dua sampai tiga hari. Nah demikian sahabat tani tutorial pembuatan susu jagung yang mudah dan bisa dijadikan bisnis sampingan.

Baca Juga : Tips Menanam Jagung Manis