Assalamu’alaikum.. Sobat pecinta tanaman hias dan buah, pada kesempatan kali ini kita akan menyajikan informasi bunga kertas atau bougenville yang terkena serangan penyakit jamur hitam pada daun. Nah, apa saja penyebabnya, dampaknya dan bagaimana cara menghilangkannya ? Mari kita ulas sebagai berikut.

Penyebab pertama munculnya flek atau jamur hitam pada daun bunga kertas / bougenville adalah datangnya musim hujan. Daun muda bunga kertas ini rentan sekali terkena air hujan.

Hama Daun Kertas

Hama Daun pada Bunga Kertas

Kemudian penyebab kedua yaitu air hujan yang terkena daun bunga kertas ini masih menempel dan tidak langsung hilang. Jadi ada endapan air di pucuk daun yang disebabkan curah hujan yang cukup tinggi dan terus menerus.

Penyebab yang ke tiga yaitu embun. Khususnya embun yang terus menempel ke daun dan tidak kering ketika terkena sinar matahari, akibatnya ada endapan di daun yang menyebabkan flek hitam.

Penyakit Pada Daun Bunga Kertas

Penyakit Pada Daun Bunga Kertas

Kemudian penyebab keempat yaitu adanya hama misalnya lalat yang menempel pada daun sehingga akibat dari kotoran yang dibawanya menjadikan daun layu dan menghitam.

Itulah beberapa hal yang menjadikan daun bougenville atau bunga kertas ini menjadi hitam layu dan berjamur.

Untuk mengatasinya kita bisa melakukan hal-hal yang mudah dikerjakan seperti berikut :

  1. Kita bisa potong daun yang sudah terjangkiti, ditandai dengan daun yang menghitam. Kita potong dengan gunting atau cutter. Karena kalau tidak kita hilangkan dia akan merembet ke batang sehingga bisa mati cabang. Sehingga diharapkan untuk segera memangkas area yang terkena tersebut.

    Memotong Daun Bunga Kertas Yang Terserang Penyakit

    Memotong Daun Bunga Kertas Yang Terserang Penyakit

  2. Setelah kita pangkas daun yang terkena tersebut, kita upayakan untuk dipisahkan dengan bougenville yang lain karena penyakit tersebut bisa menular.

    Contoh Penularan Daun Bunga Kertas Yang Menghitam

    Contoh Penularan Daun Bunga Kertas Yang Menghitam

  3. Ketika musim hujan, sebaiknya disiram/dibilas dengan air sumur dan letakkan diruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik sehingga bisa mengeringkan daun tersebut dari genangan air.
  4. Bila perlu kita semprot dengan fungisida untuk mematikan jamur yang menempel pada daun bunga kertas tersebut. Dengan cara ini diharapkan bisa membasmi jamur, bukan hanya jamur hitam tadi tetapi kemungkinan jamur-jamur yang lain yang akan menghinggapi.

Itulah cara praktis dan mudah menghilangkan hama dan penyakit jamur hitam pada daun bougenville / bunga kertas, semoga bermanfaat bagi para pecinta tanaman hias khususnya daun kertas. Wassalamu’alaikum…

Baca Juga : Cara Stek Bunga Kertas