Assalamu’alaikum sobat tanamanbuah.com, pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai konsep, desain dan contoh kandang ayam petelur sederhana serta perlakuan alas kandang agar tetap bersih dan kering.

Berikut ini adalah desain kandang ayam petelur sederhana (semi umbaran) yang dibuat sendiri / DIY untuk mengehmat budget. Luas kandang 4 meter x 3,5 meter atau sekitar 14 meter persegi. Kandang seluas ini bisa menampung ayam petelur sebanyak 50 – 70 ekor.

Desain Kandang Ayam Petelur

Desain Kandang Ayam Petelur

Dan ini adalah model pintu yang terbuat dari baja ringan menggunakan Canal C baja ringan ukuran 90cm x 150cm dan menghabiskan 1 batang (6cm).

Model Pintu Kandang Ayam

Model Pintu Kandang Ayam

Tiang kandang terbuat dari bambu yang ditanam sedalam 40-50cm kemudian disemen agar lebih awet.

Tiang Kandang

Tiang Kandang

Pengikat tiang dengan kawat dekat ruas bambu di bor dan ujung tiang dibuat agak cekung kedalam agar bambu tidak bergeser.

Pengikat Tiang Penyangga

Pengikat Tiang Penyangga

Ukuran tinggi kandang depan adalah 2,5 meter dan ukuran belakang kandang 2 meter atau 220cm yang dibuat miring sehingga air hujan jatuh ke belakang kandang.

Desain Kandang Belakang

Desain Kandang Belakang

Agar lebih praktis, penghalang menggunakan kawat ram atau kawat loket ukuran 1cm.

Kawat Ram Sebagai Penghalang

Kawat Ram Sebagai Penghalang

Bagian bawah kandang, gunakan penghalang seng atau galvalum lembaran yang ditanam ke dalam tanah untuk menghindari binatang-binatang pengganggu.

Penghalang Bawah Kandang

Penghalang Bawah Kandang

Untuk sisi bagian belakang dan samping, bisa dipasang terpal penutup jika cuaca selalu dingin. Kalau ditempat anda suhunya panas maka penutup terpal usahakan bisa dibuka dan ditutup. Sementara sisi depan dibiarkan terbuka, sehingga sirkulasi udara bagus.

Terpal Penutup Kandang

Terpal Penutup Kandang

Atap utama menggunakan asbes karena bisa meredam berisiknya hujan dan ketika malam haripun suhu tetap hangat. Sehingga ayam-ayam tetap merasa nyaman dan tidak stress karena gemericik hujan.

Atap Kandang Asbes

Atap Kandang Asbes

Luas 14m2 menghabiskan 5 asbes dan diselingi 5 fiber agar sinar matahari bisa masuk membuat alas kandang terjaga selalu kering. Untuk menghemat budget, bisa menggunakan bahan-bahan bekas yang masih bisa untuk dimanfaatkan membuat kandang. Akan tetapi, kalau anda mempunyai budget lebih, silakan saja membuat kandang yang jauh lebih baik dan kuat untuk jangka panjang.

Cara Mengkondisikan Alas Kandang Agar Subur

Yang perlu kita lakukan dalam memupuk alas kandang agar terjaga kesuburannya dan tanahnya penuh nutrisi adalah kita siram dulu tanah alas kandang dengan larutan probiotik. Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Air 10 liter.
  2. Gula pasir 5 sendok (jangan gunakan tetes tebu sebagai molase karena mengandung sodium tinggi dan akan merusak struktur tanah menjadi tidak subur dan mengeras).

Setelah kedua bahan diatas diaduk hingga tercampur rata, kemudian masukkan 2 tutup botol probiotik (bisa menggunakan EM4 atau merk lain). Aduk merata dan kemudian tutup selama 4-5 jam. Kemudian anda bisa siramkan ke kandang yang akan ditempati.

Larutan Probiotik EM4

Larutan Probiotik EM4

Siramkan larutan tersebut ke alas kandang secara merata. Larutan probiotik tadi akan membantu mengaktifkan unsur hara tanah sehingga kotoran ayam akan cepat terurai. Penyiraman cukup dilakukan sekali saja dan sebaiknya satu jam sebelum ayam dimasukkan ke kandang tersebut.

Sediakan tangkringan ayam tinggi minimal 1 meter sehingga ketika istirahat pada malam hari ayam-ayam bisa nangkring disitu. Sediakan juga tangga menuju tangkringan ayam dan secara naluri ketika gelap ayam akan naik ke tangkringan.

Tangkringan Ayam

Tangkringan Ayam

Sediakan juga tempat untuk bertelur dengan lebar kurang lebih 35cm tiap kotaknya. Tempat bertelur ayam cukup 5 box untuk 25-30 ekor dan bisa dibuat bersusun 10-12 box ketika kandang berisi 50-70 ekor.

Tempat Bertelur Ayam

Tempat Bertelur Ayam

Sediakan juga lampu LED 5 watt (karakter cahaya putih) untuk membantu merangsang produksi telur. Jarak pemasangan lampu agak menjauh dari tangkringan tapi cahaya lampu ke arah tangga tangkringan agar ayam mudah naik.

Lampu Kandang

Lampu Kandang

Ketika ayam sudah dipindahkan ke kandang, sebaiknya jam 3 sore agar cukup waktu untuk beradaptasi. Mereka akan mengamati dan mempelajari bangunan kandang seperti tempat untuk bertelur, tempat untuk tidur dan sebagainya. Secara naluri ayam juga akan segera mengais tanah yang sudah disiram probiotik. Dan inilah yang membuat alas kandang tadi yang tadinya padat dan kotor, lama kelamaan akan bersih sendirinya, tanah menjadi gembur, alas kandangpun penuh dengan nutrisi karena bercampur dengan kotoran ayam organik. Yang paling penting anda tidak repot lagi dengan mengurus kotoran ayam di kandang karena kondisi alas tanah yang sudah kita persiapkan.

Perlu diingat, bahwa tanah yang padat dan kotor serta bau karena tidak efektif penyerapannya akan membuat ayam mudah sakit karena tanah penuh dengan bibit penyakit.

Plastik Penutup Kandang

Plastik Penutup Kandang

Jangan lupa sediakan plastik penutup kandang yang berguna untuk mengurangi hawa dingin dan sekaligus meredam hembusan angin pada malam hari. Kita bisa membuat jepitan agar plastik ini bisa menempel ke kandang. Ketika pagi hari plastik ini bisa kita buka, dan biarkan yang separo di bawah tetap tertutup agar ayam tidak terganggu dengan kondisi di luar. Dengan begitu udara pagi tetap bisa masuk ke kandang dan sirkulasi kandang terjaga.

Demikian postingan pada kesempatan kali ini mengenai desain dan model kandang ayam petelur semi umbaran yang bisa anda terapkan. Semoga bisa memberikan inspirasi dan mudah untuk dipraktekkan. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Apa itu ayam DOC ?