Berhubung harga cabai sedang naik, kali ini saya akan mengulas tentang cara semai cabe di polybag dan memindahkannya dalam pot berikut perawatannya agar cabai tumbuh subur di halaman rumah. Cabai ini bisa kita tanam dalam pot ukuran 30 cm atau bisa menggunakan ember ukuran 10 liter. Berikut langkah-langkah menyemaikan bibit cabe dalam polybag:

 

tabulampot cabe

Semai Benih Cabe Rawit di Dalam Polybag

Langkah pertama kita cari dulu cabe rawit yang sudah matang untuk diambil bijinya. Kita pecah cabe serta ambil bijinya untuk di deder dalam polybag kecil. Kemudian setelah umur dua minggu dengan ketinggikan kisaran 7 cm, maka kita akan memindahkannya satu tanaman cabe kedalam polybag kecil agar keperluan nutrisi nya terpenuhi.

Setelah satu bulan, maka kita bisa memindahkan cabe rawit yang ada di polybag tadi ke dalam pot ukuran 30 cm. Siapkan dulu media nya berupa : coco fiber untuk alas bawah pot, kemudian masukkan tanah sekitar 5 cm. Mulai perlahan-lahan buka polybag dan pindahkan cabe rawit kedalam pot yang sudah kita siapkan media nya. Timbun dengan media sambil dipadatkan dengan menepuk pot. Bisa satu pot isi 2-3 batang.

tabulampot cabe rawit

Pemindahan Cabe Rawit ke Pot Besar

Nah, setelah pemindahan ke dalam pot selesai, saat nya untuk memberikan tiang penyangga masing-masing satu bambu. Tancapkan lurus disamping batang jangan sampai terlalu dalam agar tidak merusak akar. Kemudian ikat batang cabe ke bambu.

Perawatan Cabe Rawit Setelah Pindah Pot

Lanjut, kita potong tunas kecil di bawah (walaupun ada tunas besar di bawah, maka kita harus memotongnya) dan daun bawah juga di gundul satu sampai tiga tingkat. Untuk daun paling atas kita potong minimal dua jengkal. Maka kita harus memotongnya dengan ukuran dua jengkal dari bawah. Ketika dijumpai pucuk daun sudah berbunga tetapi lebih dari dua jengkal, maka kita komitmen untuk tetap memotongnya agar tanaman bisa seragam semua.

Perawatan Cabe Rawit Indukan

cabe rawit indukan

Cabe Rawit Indukan Umur 2 Tahun

Kita siapkan pot yang lebih besar, alasi dasar pot dengan coco fiber dicampur dengan cocopeat sebagai pengganti batu bata. Kemudian diberi tanah sekitar 5 cm. Sebelum pemindahan, tepuk tepuk dulu pot lama agar media tidak lengket di pot. Angkat batang pohon indukkan sambil memegangi pot agar mudah lepas. Setelah lepas masukkan ke dalam pot yang sudah diisi media tadi dan tambahkan media lagi.

Pemangkasan Cabe Rawit Indukkan

Untuk pemangkasan cabe rawit yang sudah tua, kita bisa potong cabang yang terlalu banyak. Usahakan dalam satu batang masing-masing dua sampai tiga cabang saja selebihnya kita potong. Setelah pemotongan, kita lakukan pemangkasan di ujung batang sebelum daun. Selanjutnya kita akan taruh dalam tempat panas agar pertumbuhannya bagus.

Pemupukan Cabe Rawit Pot

Untuk pemupukan bisa diberikan pupuk NPK Mutiara tabur setiap dua minggu satu kali dengan dosis satu sendok makan kemdian ditimbun lagi agar menghindari penguapan. Perlu diingat, tanaman cabe setiap minggu kita semprot dengan insektisida marshall karena terkandung akarisida yang terkenal paling bagus membunuh tungau atau kutu-kutuan. Bisanya kutu tersebut sembunyi di dalam daun.

Seleksi Tunas yang Bagus

Setelah melalu proses pemindahan, pemupukan dan pemotongan, tahap selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penyeleksian tunas yang bagus. Lakukanlah pemotongan tunas-tunas kecil yang tumbuh dibawah karena bisa merusak nutrisi. Bersihkan, dan kita hanya tinggalkan tiga tunas diatas. Buang juga daun yang lebar dan sudah tua. Jadi kita hanya fokus untuk mengurusi tiga tunas yang dipilih tadi. Aplikasikan ke masing-masing pohon, sehingga seragam. InsyaAllah nanti postur batang tunas menjadi cantik dan berbuah cabe yang banyak.

Penyemprotan Insektisida Cabe Rawit

insektisida marshall

Marshall untuk menanggulangi insektisida jenis Akarina / Tungau

Untuk penyemprotan, kita menggunakan akarisida produk Marshall dengan menggunakan tangki yang berkapasitas 2 liter. Dosisnya 2 cc / satu sendok teh peres per 2 liter air. Kita menyemportnya harus membelakangi angin agar terhindar dari racun. Cara penyemprotannya mulai dari bawah daun, batang sekeliling kita semprot semua. Penyemprotan ini seminggu minimal satu kali.

Tekhnis nya, minggu ini kita melakukan pembuangan tunas, pemupukan dan penyemprotan. Nah untuk minggu depan kita hanya melakukan penyemprotan saja, sedangkan minggu depan lagi baru kita melakukan pemupukan dan pemberian NPK satu sendok masing-masing satu pot.

Semoga bermanfaat tutorial bagaimana cara menanam cabe rawit di pekarangan atau halaman rumah anda menggunakan tekhnik tabulampot ini, dan yang terpenting adalah tetap semangat dan berkarya dalam bercocok tanam semoga maju terus pertanian Indonesia.