Halo sahabat tani dan pecinta tanaman buah, masih di blog saya tanamanbuah.com , kali ini saya akan memberikan tips dan tutorial cara stek pucuk bunga bougenville agar cepat berbunga menggunakan bawang putih. Dengan menyetek pucuk bunga bougenville ini kita bisa mendapatkan hasil bunga yang cepat apalagi menggunakan model bougenville Sakura.

Langkah Cara Stek Pucuk Bunga Bougenville

Untuk menyetek bougenville pucuk model sakura dengan zat pengatur tumbuh (ZPT) bawang putih ini sangat simpel sekali. Caranya adalah:

  1. Kita siapkan pucuk bougenville dengan memilih entres yang sudah tua (kalau masih muda nanti cepat busuk dan tidak keluar tunas).

    Pemilihan Entres Stek Tua

    Pemilihan Entres Stek Tua

  2. Kemudian kita potong menggunakan cutter atau gunting tanaman.
    Perapihan Batang Stek Sebelum Ditancapkan

    Perapihan Batang Stek Sebelum Ditancapkan

    Rapikan daunya supaya tidak terlalu memakan nutrisi pada penyetekan dan tidak cepat kering. Buang durinya sekalian. Untuk ujung batang kita bisa tajamkan.

  3. Siapkan satu siung bawang putih. Potong bawang putih dan oleskan ZPT di bawang putih di ujung entres yang akan kita stek.

    Pengolesan zat ZPT bawang putih ke Ujung Batang

    Pengolesan zat ZPT bawang putih ke Ujung Batang

  4. Untuk media sendiri bisa menggunakan pasir, tanah kompos kemudian tanah subur dicampur. Bisa dengan perbandingan 30 : 35 : 30 dan jangan lupa untuk membasahi dulu medianya supaya terjaga kelembapanya.

    Media tanam dibasahi terlebih dahulu

    Media tanam dibasahi terlebih dahulu

  5. Tancapkan batang yang sudah disiapkan tadi ke media dan jangan sampai goyang, pastikan tertancap dengan benar. Simpan di tempat yang teduh.

    Penancapan Batang Stek Bougenville di Media

    Penancapan Batang Stek Bougenville di Media

Biasanya dengan metode ini, hanya butuh 15 sampai 20 hari sudah keluar tunas. Kadang juga tujuh hari juga sudah keluar tunas. Tapi kalau sampai lebih dari 20 hari tidak keluar tunas, bisa dikatakan gagal.

Nah, untuk hasilnya yang sudah jadi bisa dilihat gambar dibawah ini.

Hasil Stek Pucuk Bougenville

Hasil Stek Pucuk Bougenville

Kita lihat ranting nya kecil sekali yang menancap di media. Akan tetapi sudah berbunga lebat. Inilah kelebihan stek pucuk di bougenville. Kita lihat yang satunya lagi :

Batang Stek Pucuk Kecil Tapi Bunga Lebat

Batang Stek Pucuk Kecil Tapi Bunga Lebat

Bunganya sangat rimbun sekali bahkan ini adalah bunga yang ke dua. Rantingnya juga kecil.

Hasil Stek Pucuk Bougenville 2

Hasil Stek Pucuk Bougenville 2

Bougenville sakura ini memiliki karakteristik bunga yang lebat dan melengkkung karena saking berat bunga nya sehingga batang jadi melengkung. Dengan memanfaatkan bawang putih kita bisa menyetek bougenville ini secara alami dan hasilnya tidak kalah dengan yang pakai ZPT sintetis. Tentunya dengan cara alami ini bisa mengurangi dampak negatif dari zat kimia itu sendiri.

Lihat bagaimana cara merawat nya disini.

Dan juga bagaimana mengkondisikan bunga bougenville ini agar bunga lebat tanpa pemupukan disini.

Silakan dipraktekkan, semoga berhasil. Dan jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog ini ya sobat tani, semoga bermanfaat.