Para pecinta Tanaman Buah pada kesempatan kali ini akan saya bagikan bagaimana cara melakukan stek primitif yaitu stek tanpa teknologi, tanpa perangsang akar, tanpa sungkup, greenhouse ataupun hook tanaman khusus pada jeruk nipis dan lemon. Stek model ini sebaiknya dilakukan pada musim penghujan dimana sehari-hari turun hujan atau mendung. Sedangkan kelemahannya stek ini kalau dilakukan di musim kemarau / musim dengan cuaca yang panas maka sulit untuk dilakukan. Kecual anda memakai sungkup, perangsang akar atau green house. Dan nanti kita akan memilih pucuk dari tanaman yang sudah berbuah walaupun sedang tidak berbuah. Kalau sedang berbuah atau berbunga tidak perlu kita potong nanti takutnya mengganggu proses pembuahannya. Kita ambil dari tanaman yang sudah berbuah walaupun sedang tidak berbuah.

Baca Juga : Cara Cangkok Buah Tin

Cara Memilih Batang Jeruk Nipis Untuk Stek

Kita akan memilih pucuk yang bagus yaitu pucuk yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Daun yang jelek nanti kita gunting dan durinya kita hilangkan agar memudahkan untuk menancapkan ke media. Jangan pilih batang yang terlalu muda dan daun muda karena mudah layu dan gampang mati. Batang muda teksturnya juga sangat lunak sehingga mudah kering.

Memilih Batang Jeruk Nipis untuk Stek

Selain dari faktor usia, biasanya saya juga memilih dari posisi batang. Usahakan batang yang berdiri ke atas, jangan yang miring ke pinggir karena nanti pohonnya kurang kuat.

Selanjutnya kita akan tancapkan stek ini di pot yang sudah diberi media tanam. Setelah ini kita akan menunggu waktu kurang lebih 40 hingga 60 hari. Usahakan ditaruh ditempat yang teduh tidak terkena sinar matahari langsung. Kita juga harus selalu memantau kondisi tanaman ini terutama kelembabanya, jangan sampai kekeringan atau kebanjiran air hujan. Dan berikut adalah stek jeruk nipis yang sudah mencapai umur 40 hari.

Hasil Stek Jeruk Nipis 40 Hari

Kita lihat dari gambar diatas, sebagian daunnya rontok. Kita harus mencongkel beberapa dan sudah ada akar walaupun pertumbuhannya tidak seragam. Berikutnya kita harus memindahkannya ke polybag. Kita lihat digambar perakarannya sudah banyak.

Akar Sudah Tumbuh Pada Stek Batang

Pembuatan bibit dengan stek itu lebih mudah dan cepat. Bedanya dengan cangkok adalah kalau cangkok itu melakukan pembungkusan di pohon induk, sedangkan kalau stek itu diluar pohon induk. Baik itu saja tata cara cangkok primitif untuk jeruk nipis dan lemon semoga bermanfaat dan semoga percobaan anda berhasil.