Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat datang di tanamanbuah.com sebuah blog yang mengulas mengenai tanaman buah, bonsi dan ragam pertanian. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara stek tanaman Peperomia Watermelon.

Kenapa disebut Peperomia Watermelon? Karena corak dari daunnya yang mirip dengan kulit semangka. Sebenarnya tanaman Peperomia Watermelon ini sangat mudah untuk di budidayakan. Nanti kita juga akan melakukan propagasi tanaman Peperomia Watermelon ini denan cara stek daun.

Peperomia Watermelon

Peperomia Watermelon

Perawatan Tanaman Peperomia Watermelon

Tanaman ini sangat suka dengan matahari pagi. Selain itu dia juga tidak senang dengan media yang terlalu basah. Jadi akan lebih baik jika tanaman ini ditaruh di teras rumah.

Dengan media tanam yang terlalu basah, batang dan daunnya itu akan cepat membusuk. Untuk itu sebaiknya tanaman ini disiram seminggu maksimal 2 kali tergantung dengan kondisi media tanam. Oleh sebab itu sering-seringlah untuk cek media tanamnya.

Stek Daun Peperomia Watermelon

Media Tanam Peperomia

Media Tanam Peperomia

Untuk persiapan stek daun, kita siapkan dulu media tanamnya yang terdiri dari:

  1. Tanah
  2. Sekam Mentah
  3. Pupuk Organik

Untuk stek daun kita ambil beberapa helai daun. Kemudian potong batang nya seperti berikut ini.

Stek Daun Peperomia

Stek Daun Peperomia

Setelah itu tinggal kita tancapkan di media tanam. Pastikan media tanam di spray dulu ya sobat agar lembab.

Spray Media Tanam

Spray Media Tanam

Kita tancapkan daun tadi ke media tanam dan pastikan batang yang kita potong tadi menancap di media tanam karena nanti akarnya akan muncul dari batang tadi.

Tancapkan Batang Daun Peperomia

Tancapkan Batang Daun Peperomia

Untuk satu pot bisa diisi dengan 2 daun, tergantung diameter ukuran pot. Pastikan untuk tidak terlalu berdesakan ya sobat.

Stek Peperomia Watermelon

Stek Peperomia Watermelon

Stek daun untuk tanaman Peperomia Watermelon ini selain dilakukan menggunakan media tanah, bisa juga dengan air.

Stek Peperomia Menggunakan Air

Stek Peperomia Menggunakan Air

Untuk pemupukan tanaman Peperomia itu sebenarnya tidak perlu terlalu sering. Sebulan bisa dipupuk dengan 2 kali pemupukan. Bisa menggunakan pupuk organik atau pupuk cair.

Sekian tips dan tutorial cara stek Peperomia Watermelon pada postingan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Stek Bougenville