Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di tanamanbuah.com sebuah blog yang membahas tentang bonsai, tanaman buah dan hias, serta ragam hayati lainnya. Pada postingan kali ini, kita akan menjawab beberapa pertanyaan yang masuk ke inbox kami, salah satu diantarannya adalah pertanyaan mengenai berapa lama stek bougenville itu berbunga.

Jawabannya kalau di rata-rata itu selama 3 bulan sudah berbunga. Tapi juga ada yang 10 bulan tidak berbunga-bunga. Kenapa? mungkin karena tempatnya lembab sehingga terlalu banyak kandungan air. Serta tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Sebagai contoh, coba anda perhatikan bunga bougenville di bawah ini:

Stek Bougenville Bunga Lebat

Stek Bougenville Bunga Lebat

Bougenville tersebut adalah hasil dari stek selama kurang lebih tiga bulan sudah berbungan rimbun. Kenapa bisa rimbun? Karena selalu diletakkan di ruang terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Kemudian setiap lima belas hari sekali dikasih pupuk NPK kurang lebih 15-20 butir. Hal tersebut bertujuan agar kandungan Phosfat pada tanah tetap tersedia.

Kemudian perhatikan juga media tanah yang dipakai. Kita bisa menggunakan media yang gembur dan poros air. Sehingga tidak ada air yang menggenang dan perakaran bisa menyerap nutrisi secara sempurna.

Media Tanah Gembur

Media Tanah Gembur

Kemudian coba anda perhatikan bougenville yang satu ini:

Bougenville Kurang Sehat

Bougenville Kurang Sehat

Kita lihat sekilas dari warna bunga saja sudah nampak pucat. Hal tersebut karena pengaruh media yang digunakan. Khusus untuk bougenville kalau menggunakan sekam padi sebagai media seperti gambar diatas, memang kurang bagus untuk pengikatan akar nya. Dampaknya hasil bunganya pun kurang maksimal.

Media Tanah Kurang Bagus

Media Tanah Kurang Bagus

Kemudian coba anda perhatikan lagi bougenville yang terakhir ini:

Bougenville Kurang Pupuk

Bougenville Kurang Pupuk

Bougenville diatas jarang sekali dipupuk walaupun termasuk bunga bougeville jenis black maria yang mahal. Black maria ini kalau media tanah nya subur maka dia akan cepat rimbunnya. Tapi karena media tanah nya tidak subur, maka pertumbuhannya kurang maksimal.

Jadi jawaban dari pertanyaan ” berapa lama stek bougenville itu bisa berbunga?” maka perkiraannya adalah tiga bulan sudah mulai berbunga. Memasuki bulan ke enam sudah rimbun. Dan delapan bulan sudah penuh bunga.

Tapi ingat perhitungan diatas dihitung setelah keluar tunas bukan dari awal kita menanam. Baik, demikian postingan untuk hari ini mengenai umur stek bougenville mulai berbunga. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : 5 Penyebab Bougenville Tidak Berbunga Lebat