Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi para pembaca setia blog www.tanamanbuah.com, pada kesempatan kali ini, saya akan menceritakan pengalaman repotting bougenville yang bisa menjadikan referensi bagi anda semua.

Diawali dengan temuan pasukan semut yang menyerang salah satu pot pembesaran bougenville saya. Kemudian segera ambil tindakan yaitu dengan mengeluarkan bougenville dari pot nya dan membersihkan dari semut. Bisa kita lihat disini bekas media yang telah di invasi oleh pasukan semut.

Media Bougenville Banyak Semutnya

Media Bougenville Banyak Semutnya

Bisa kita lihat penampakan akar bougenville nya sudah banyak dan pertumbuhan ranting serta daun nya juga rimbun. Persoalannya, kalau kita tanam langsung kemungkinan akan layu dan mati. Nah, berikut tips yang saya lakukan ketika menanam bougenville ke pot baru agar tidak layu dan tumbuh subur lagi.

Akar Bougenville Yang Akan Dipindahkan

Akar Bougenville Yang Akan Dipindahkan

Hal-hal yang perlu dilakukan ketika melakukan repotting Bougenville.

  1. Pemangkasan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah pemangkasan daun dan batang. Proses pemangkasan ini bertujuan untuk menghambat dehidrasi tanaman karena penguapan sehingga tanaman tidak stress. Selain itu, akar yang sedikit tidak bisa memenuhi nutrisi kebutuhan bagi daun-daun dan cabang-cabang yang rimbun. Biasanya dengan pemangkasan ini saja tanaman bisa tumbuh lagi ketika di pindah pot dengan tingkat keberhasilan 90%.

    Proses Pruning atau Pemangkasan

    Proses Pruning atau Pemangkasan

  2. Media. Media juga berpengaruh terhadap proses repotting. Pilihlah media yang gembur, poros dan tidak padat. Karean kalau media terlalu padat air tidak akan mengalir sempurna ketika kita siram yang berakibat bisa mengalami busuk akar. Oleh sebab itu pot juga harus benar-benar dicek lubang drainase nya. Kalau perlu tambahkan beberapa lubang di samping pot. Untuk komposisi media sudah kami ulas di postingan sebelumnya.

    Pemilihan Media yang Gembur

    Pemilihan Media yang Gembur

  3. Tanam bougenville tegak lurus. Usahakan menanam bougenville secara tegak lurus di tengah pot, tidak doyong ke kanan/kiri. Kalau perlu diberikan penyangga dari bambu atau kayu. Bisa juga ditambah dengan batu disekeliling batang bawah agar lebih stabil.

    Pemberian Penampang Bambu atau Kayu

    Pemberian Penampang Bambu atau Kayu

Sudah.. cuman tiga hal simpel diatas yang perlu diperhatikan. Mudah bukan? Dan berikut hasilnya repotting tanaman bougenville dengan perlakukan seperti yang sudah saya jelaskan tadi.

Hasil Repotting

Hasil Repotting

Akar hasil Repotting

Akar hasil Repotting

Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan. Nantikan tips mengenai bougenville dan tanaman hias lainnya hanya di blog ini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Perawatan Bunga Kertas