Halo sobat tani, pecinta tanaman buah dan hias khususnya adenium, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara repotting atau pemindahan wadah hasil dari stek adenium. Dan untuk cara yang dilakukan kurang lebih sama seperti repotting adenium pada umumnya dengan tujuan yaitu untuk memberi ruang pada adenium tersebut agar tumbuh lebih baik dimasa yang akan datang. Selain untuk memperbanyak adenium, hasilnya bisa kita gunakan sebagai calon batang bawah ataupun sebagai indukan. Sedangkan ditanam disatu tempat atau wadah dengan tujuan yaitu untuk menghemat media tanam dan tempat yang digunakan. Mau tau caranya ? Yuk kita simak langkah-langkah berikut ini.

Pengeluaran Adenium dari Wadah

Sebagai langkah pertama, keluarkan dahulu dari wadah. Untuk memudahkan dalam mengeluarkannya bisa dengan cara di tepuk secara memutar. Sedangkan untuk polybag bisa langsung disobek untuk mengeluarkannya.

Pengeluaran Adenium dari Wadah

Pengeluaran Adenium dari Wadah

Lepaskan media tanam sedikit demi sedikit dan lakukan dengan hati-hati untuk meminimalisasi akar yang rusak / patah.

Jaga Agar Akar Adenium Tidak Rusak

Jaga Agar Akar Adenium Tidak Rusak

Atau bersihkan media dengan cara berikut :
Gunakan air bertekanan tinggi melalui selang / alat lainnya lalu semprotkan air tersebut hingga semua media tanam terlepas. Cara ini lebih aman dan resiko akar rusak atau patah lebih sedikit.

Semprot Media Yang Menempel Pada Akar Adenium

Semprot Media Yang Menempel Pada Akar Adenium

Atau untuk menghemat air yang digunakan, siapkan wadah, isi dengan air bersih dan rendam selama beberapa saat. Maka media tanam akan rontok / lepas dengan sendirinya. Maka tinggal kita bersihkan sisa-sisa media yang masih menempel / tersisa pada akar. Hal terakhir yaitu jangan lupa untuk membilasnya.

Pencucian Akar Adenium

Pencucian Akar Adenium

Pemisahan Batang Adenium

Langkah kedua, kita pisahkan stekkan adenium tersebut satu demi satu. Caranya yaitu dengan menarik secara perlahan dan lakukan dengan hati-hati. Hal ini dilakkukan untuk mengurangi resiko akar yang rusak atau patah.

Pemisahan Batang Adenium

Pemisahan Batang Adenium

Setelah itu kita bisa mencuci kembali untuk menghilangkan sisa-sisa media taman yang masih menempel. Lalu tempatkan pada tempat yang teduh hingga airnya mengering.

Akar Adenium Sudah Bersih dan Kering

Akar Adenium Sudah Bersih dan Kering

Setelah mengering lakukanlah seleksi akar dengan cara mengurangi atau memotong akar yang tidak diinginkan. Misalnya, akar yang tumbuh tidak pada tempatnya, saling melilit, tumpang tindih, menghadap keatas, tumbuh kurang dominan dan sebagainya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar terlihat rapi dan lebih tertata, tumbuh sama besar.

Perapihan Akar Adenium

Perapihan Akar Adenium

Atau biarkan akar tersebut tumbuh alami namun akar yang saling melilit minimal kita lepaskan satu sama lain, karena akar yang saling melilit menghambat penyerapan air dan unsur hara dan rawan terjadi pembusukan dimasa yang akan datang.

Pemangkasan Daun Adenium

Langkah selanjutnya yaitu kurangi daun dengan memotong setengah atau seluruh daun yang ada. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi penguapan yang terjadi pada batang. Sehingga tidak terjadi dehidrasi, lalu diamkan hingga semua luka tersebut mengering.

Pemangkasan Daun Adenium

Pemangkasan Daun Adenium

Setelah luka-luka tersebut benar-benar mengering dalam beberapa hari, minim 1 hari hingga 3 hari dan maksimal mampu bertahan hingga 2 minggu tergantung ukuran dan kondisi yang sesuai, langkah selanjutnya siap untuk ditanam.

Pembuatan Media Tanam

Media menggunakan sekam bakar dan pasir malang diganti dengan batu kerikil dengan perbandingan 2:1 lalu spray dengan sedikit air supaya agak lembab. Lalu aduk hingga merata dan siap untuk digunakan.

Media Tanam Adenium

Media Tanam Adenium

Masukkan media tersebut kedalam wadah yang sudah disediakan hingga setengah kapasitasnya dan sedikit ditekan dan masukkan adenium tersebut. Timbun dengan media kembali dan tekan lagi agar kedudukannya kokoh.

Pemberian Media Baru

Pemberian Media Baru

Atau jika ingin mengaplikasikan kompos/kohe, letakkan kohe atau kompos tersebut diatas media dasar dan taburkan di pinggir wadah. Lalu tambahkan kembali media baru adenium tersebut dan kita tanam kembali.

Pemberian Kohe Pada Media Adenium

Pemberian Kohe Pada Media Adenium

Sedangkan untuk kompos, hindari penggunaanya menutupi seluruh media dasar karena bentuknya lebih halus maka jika disiram akan memadat dan menghambat air. Letakkan pada tempat yang teduh, sirkulasi udara yang lancar dan spray untuk menjaga kelembapannya.

Adenium di Tempat Teduh

Adenium di Tempat Teduh

Setelah kurang lebih dua minggu pasca tanam, ditandai dengan munculnya calon tunas dan daun baru, bahkan bunga yang mulai bermekaran, maka mulai perkenalkanlah sinar matahari secara bertahap.

Adenium Mulai Berbunga Setelah 2 Minggu

Adenium Mulai Berbunga Setelah 2 Minggu

Sebagai contoh, misalnya pada minggu ke tiga pasca tanam, tambahkanlah sinar matahari yang diberikan satu jam lebih lama dari sebelumnya dan untuk minggu-minggu berikutnya bisa ditambahkan kembali sinar matahari yang diberikan. Dan untuk selanjutnya bisa diperlakukan seperti adenium pada umumnya namun tetap perhatikan pola penyiraman.

Oke, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai cara pemindahan wadah pot atau yang biasa dikenal sebagai repotting. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

Baca Juga : Cara Stek Adenium dari Batang