Assalamu’alaikum.. sobat pecinta tanaman buah dan bonsai. Pada postingan kali ini kita akan mengulas cara program akar atau program ulang pada akar adenium. Dimana program ulang diperlukan ketika program akar yang dilakukan pertama kali menghasilkan akar yang kurang memuaskan ataupun kurang terkontrol. Dan nanti kita juga akan membahas cara mengatasi panu pada bonggol adenium.

Sebagai langkah awal, kita keluarkan adenium tersebut dengan cara memukul wadah atau pot secara memutar. Kita tarik secara perlahan kemudian kita bersihkan media tanam. Cuci dengan air bersih sehingga tidak ada media tanam yang menempel pada akar.

Keluarkan Adenium Dari Media

Keluarkan Adenium Dari Media

Pembersihan Akar Adenium

Pembersihan Akar Adenium

Seperti inilah hasil program akar buatan yang dilakukan beberapa tahun yang lalu. Dan untuk kasus yang seperti ini bisa terjadi akibat dari pertumbuhan akar yang kurang terkontrol sehingga hasilnya pun kurang memuaskan. Dan untuk tujuan program ulang ini yaitu untuk merapikan akar-akar yang telah tumbuh, sehingga kedepannya memiliki bentuk yang rapi dan teratur.

Akar Adenium Perlu di Program Akar

Akar Adenium Perlu di Program Akar

Dan berikut ini adalah langkah-langkah lanjutan untuk program ulang pada akar adenium tersebut.

  1. Oleskan fungisida dalam bentuk pasta.

    Pengolesan Fungisida Pada Batang Adenium

    Pengolesan Fungisida Pada Batang Adenium

  2. Lakukan prunning / pemangkasan sebanyak setengah dari tiap-tiap daun yang ada. Kemudian diamkan sejenak agar semua mengering.

    Prunning Adenium

    Prunning Adenium

  3. Setelah fungisida, getah dan air mengering lakukanlah seleksi akar dengan cara memotongnya.

    Seleksi Akar

    Seleksi Akar

  4. Setelah selesai melakukan seleksi akar, letakkan / gantung adenium tersebut di tempat yang teduh dengan sirkulasi udara yang lancar agar luka yang terjadi mengering dalam beberapa hari.

    Hasil Seleksi Akar Biarkan Mengering

    Hasil Seleksi Akar Biarkan Mengering

  5. Setelah kurang lebih tiga hari hingga satu minggu (tergantung ukuran) dan luka-luka tersebut sudah mengering. Maka sudah siap kita tanam kembali.

    Setelah Luka Mengering Siap Tanam

    Setelah Luka Mengering Siap Tanam

Cara Menanam Adenium Agar Akar Indah

Untuk menanamnya kita menggunakan media sekam bakar dan pasir malang dengan perbandingan 1:1. Gunakanlah media yang netral / non pupuk.

Media Tanam Dasar Adenium

Media Tanam Dasar Adenium

Tambahkan pasir malang diatas media dasar, lalu pasang tatakan berbentuk bulat dan timbun kembali dengan pasir malang. Tujuannya untuk menghindari kelembapan yang tinggi sekaligus merangsang pertumbuhan akar.

Menambahkan Tatakan diatas Media

Menambahkan Tatakan diatas Media

Kemudian timbun kembali dengan media yang sama dengan media dasar.

Penimbunan Media Lagi

Penimbunan Media Lagi

Perlakuan Pasca Tanam

Untuk perlakuan pasca tanam, mengingat keadaan adenium tersebut dalam keadaan stres berat dimana akar yang ada tidak mampu menyerap nutrisi dan air maka daun untuk sementara menjadi mulut kedua bagi adenium tersebut. Oleh karena itu pemangkasan daun hanya setengah dari tiap-tiap daun yang ada. Tempatkan adenium tersebut pada tempat yang teduh dan aman. Cukup terkena sinar matahari pagi dengan sirkulasi udara yang lancar.

Penyiraman cukup dispray dengan sedikit air untuk menjaga kelembapan media yaitu selama kurang lebih satu minggu sekali. Setelah tunas daun baru mulai muncul, perkenalkanlah pada sinar matahari secara bertahap namun tetap perhatikan pola penyiramannya. Setelah daun yang muncul pertama kali berubah warna sedikit hijau tua, adenium tersebut bisa diperlakukan seperti adenium pada umumnya. Dan hal-hal yang sudah disebutkan baik media maupun perlakuanya juga berlaku untuk prokar-prokar pada umumnya.

Kondisi Dua Bulan Pasca Tanam

Kondisi Dua Bulan Pasca Tanam

Kondisi Dua Bulan Pasca Tanam

Dan seperti inilah hasil contoh prokar ulang pada adenium tersebut dua bulan pasca tanam. Oke, cukup sekian ulasan mengani prokar atau program ulang akar untuk menghasilkan akar yang unik, indah dan menarik.

Wassalamu’alaikum..

Baca Juga : Cara Membuat Media Tanam Adenium