Assalamualaikum Wr. Wb. Pada postingan kali ini kita akan mengulas mengenai cara menggunakan pestisida baik itu herbisida, insektisida, fungisida ataupun lainnya yang berbahan dasar tepung/powder untuk digunakan sebagai penyemprotan.

Bagaimana caranya supaya penyemprotannya menjadi lebih efektif? Karena memang pada dasarnya di dalam pestisida itu ada dua wujud baik itu bersifat cair ataupun padatan. Wujud pestisida padatan juga ada dua bentuknya yaitu, tepung dan granular.

Herbisida Granule

Herbisida Granule

 

Maka penggunaannya beda-beda. Contohnya misalnya herbisida metil metsulfuron itu ada yang berbentuk tepung dan ada juga yang berbentuk granular. Misalnya metsulindo berbentuk tepung putih atau herbisida win yang bentuk nya granuller. Walaupun mereka sama-sama berbahan aktif metil metsulfuron.

Keduanya ketika digunakan untuk penyemprotan misalnya Win untuk mengendalikan gulma, atau antracol yang merupakan fungisida untuk mengendalikan jamur, apakah bisa langsung dicampurkan air begitu saja?

Fungisida Tepung

Fungisida Tepung

Ketika pestisida berbahan dasar powder atau berbentuk padatan, alangkah baiknya di dalam mekanisme penyemprotan tidak langsung dituang ke dalam tangkinya.

Kenapa? Karena untuk mendapatkan sebuah larutan sempurna, ketika dimasukkan ke dalam tangki apalagi sudah ada airnya 15 liter kemudian dimasukkan, maka kita harus harus mengocok dengan sangat keras. Sehingga mekanisme yang benar adalah bagaimana dari yang padatan ini dibuat menjadi emulsi/larutan kental.

Apabila pestisida berbentuk padatan, maka kita harus larutkan dulu menggunakan air misalnya ke dalam ember atau ke dalam botol kecil seperti ini. Sehingga powder ini menjadi larutan yang kental/emulsi sehingga nanti bisa mudah dicampurkan ke dalam tangki penyemprotannya. Sehingga hasilnya akan lebih sempurna.

Jika tidak, maka yang terjadi adalah begitu dia masuk dalam tangki maka dia akan berada di atas karena berat jenisnya sangat rendah sekali. Pestisida tersebut akan melayang di permukaan dan ketika di kocok, lama-lama dia akan turun tetapi butuh waktu yang panjang.

Maka pelarutan pestisida berbentuk powder/padatan yang benar caranya adalah :

  1. Pertama siapkan APD dulu. Ingat, dalam melarutkan pestisida padatan wajib untuk menggunakan masker dan sarung tangan.
  2. Setelah powder tertuang di gelas atau ember, kita larutkan menggunakan air dan di aduk searah menggunakan alat misalnya: batang kayu.
  3. Setelah beberapa kali adukan, maka larutan tersebut sudah tercampur sempurna dan menjadi larutan kental/emulsi. Setelah itu baru kita bisa isikan ke dalam tanki untuk memudahkan pelarutan lanjutan.

Jadi intinya ketika kita ingin melarutkan pestisida padatan baik berupa powder maupun granul sebaiknya kita larutkan dulu menjadi emulsi dalam wadah yang kecil baru kita campurkan ke dalam tanki semprotnya. Sehingga bisa menyempurnakan tingkat pelarutan itu sendiri.

Semoga tips singkat ini bisa bermanfaat bagi para planters dan petani semuanya, tetapi ingat dalam bersentuhan dengan pestisida selalu pakai APD yang standard untuk mencegah dari hal buruk yang ditimbulkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Hama