Pada kali ini tanamanbuah.com akan menjelaskan bahwa hampir semua tanaman, khususnya jambu madu wajib untuk melakukan penyemprotan atau pengendalian hama minimal dua minggu satu kali dengan menggunakan insektisida bisa dengan merek DECIS. Dalam penyemprotan kita mulai dari bawah tanaman, ingat harus pakai masker karena yang akan disemprotkan ini adalah racun.

penyemprotan jambu madu

Proses Penyemprotan Hama di Jambu Madu

Langkah-langkah penyemprotan menggunakan spray

Menyemprot dengan spray kita bisa sesuaikan untuk disetel jarak jauh atau dekat. Perhatikan juga arah angin, usahakan kita berdiri menghindar dari arah angin agar tidak terkena semprotan insektisida. Semprotkan secara merata sampai ke pohon dan ranting karena biasanya disana terdapat hama kutu putih yang menghisap kambium atau nutrisi zat yang ada dalam tanaman. Jadi kita melakukan penyemprotan bukan hanya disebelah saja melainkan harus berkeliling.

baca : Cara Memberantas Kutu Putih Jambu Madu

Untuk ranting dan daun atas ubah atau sesuaikan tekanan spray agar lebih kuat. Jadi kuncinya dalam penyemprotan, lakukan dengan cara maksimal atas dan bawah daun karena dibawah biasanya ada kutu, ulat dan hama. Percuma saja kita melakukan penyemprotan kalau tidak merata karena tanaman belum terlindungi dari hama penyakit.

Jangan tunggu tanaman sakit baru kita menyemprot, lakukanlah penyemprotan dua minggu sekali baru dikatakan tanaman aman dari hama atau kutu.

Pengendalian Hama Lalat Buah pada Tanaman Jambu Madu

Untuk pengendalian lalat buah wajib untuk disemprot minimal satu kali seminggu. Lalat buah merupakan hama yang mengganggu tanaman mulai dari berbunga, jadi diharapkan tanaman sudah disemprot semenjak tanaman berbunga. Namun demikian karena lalat buat tidak memakan, dia hanya numpang bertelor di putik jambu, untuk menguranginya kita bisa lakukan dengan jebakan lalat buah sebagai berikut :

jebakan lalat buah

Jebakan Lalat Buah Jambu Madu

Siapkan botol air mineral bekas yang kita potong leher botol dan dilubangi tutupnya. Masukkan kapas dan diberi obat Petrogenol kemudian kita ambil menggunakan jarum suntik setengah cc saja yang akan kita teteskan ke kapas. Masukkan kapas yang sudah diteteskan Petrogenol ke dalam botol dan masukkan tutup secara terbalik seperti gambar dibawah ini.

Kalau seandainya sudah dibuat, aroma petrogenol ini seolah-olah berbau hormon lalat betina sehingga lalat jantan diharapkan akan mencari si betina dan masuk jebakan. Gantung botol jebakan dengan ketinggian satu setengah meter di dahan jambu madu. Yang perlu diperhatikan lubang botol agak miring ke bawah untuk menghindari air hujan masuk ke botol.

Inilah antisipasi kita bagaimana kita menyelamatkan dari serangan hama dan lalat buah agar tanaman kita tidak busuk atau berkurangnya serangan lalat buah. Terimakasih semoga bermanfaat.