Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menerangkan tekhnik pemupukan tanaman jambu madu dalam pot. Yang perlu diperhatikan, tanaman jambu madu tabulampot, kita lakukan pemupukan dengan menggunakan NPK dengan intensitas dua minggu satu kali (bila perlu dibuat jadwalnya. Untuk pemberiannya dengan cara atau langkah-langkah sebagai berikut:

pupuk tabur tabulampot

Teknik Pupuk Tabur pada Tabulampot Jambu Madu

Untuk menaburkan pupuk NPK dengan sistem tabur ini, kita cukup mencongkel-congkel media disekeliling pot, kemudian kita beri pupuk NPK (saya disini menggunakan NPK Phonska Plus) kandungannya Nitrogen 15 %, Fosfat 15% dan Kalium 15%. Pupuk ini kita taburkan disekeliling pot dengan dosis satu sendok makan atau tiga sendok teh kecil. Kemudian kita tutup dengan tanah supaya tidak terjadi penguapan nitrogen nya ke udara. Perlu diingat, saat pemberian pupuk, tanaman dipastikan sedang tidak berbunga. Kalau sedang berbunga, berarti kita mundurkan setelah bungannya besar menjadi putik, baru boleh kita melakukan pemupukan dengan catatan tidak boleh dicongkel tanah nya tetapi harus ditaburkan ke sekeliling pot. Jangan pernah memberi tanaman tabulampot pupuk apalagi dicongkel disaat tanaman sedang berbunga.

baca : Perawatan dan Pemupukan Jambu Madu Tabulampot

pemupukan tabulampot

Penambahan Kompos Pada Pemupukan Tabur

Pemberian NPK ini dilakukan dua minggu sekali. Jadi dari dua minggu pertama ke dua minggu ke dua kita taburkan pupuk NPK. Tetapi minggu yang ke 6 nya, kita berikan TSP. Pemberian TSP (Tripple Super Phospat) dan KCL ini terlebih dahulu kita berikan kompos ke dalam pot minimal satu kilo. Kemudian kita lakukan pencongkelan tanah disekeliling pot dengan kedalaman minimal 10 cm. Hal ini dilakukan dengan tujuan kita menggemburkan tanah, dan hasil nya kita satukan dengan kompos yang baru kita masukkan. Setelah rata kita lakukan pengkorekan di pinggirnya dan siap untuk memasukkan TSP. Dosisnya adalah tiga sendok teh / satu sendok makan. Kita juga berik an KCL 1 sendok teh. Taburkan TSP dan KCL disekeliling pot yang telah dikorek dan jangan lupa untuk menimbunnya dengan media.

pemberian TSP dan KCL

Pemberian TSP dan KCL pada minggu ke 6

Jadi jadwal pemberian TSP dan KCL ini adalah setiap minggu ke enam. Periode lengkapnya, minggu pertama NPK, dua minggu kedepan lagi NPK dan dua minggu kedepan baru TSP, KCL dan Kompos. Nah begitulah selanjutnya proses pemupukan sistem tabur dalam tabulampot khususnya jambu madu.

Semoga bermanfaat dan semangat untuk bekerja.