Pemupukan adalah proses pemberian nutrisi tambahan bagi tanaman kita agar dapat tumbuh lebih baik dan juga lebih optimal. Dalam proses pemupukan itu sendiri kita harus menyesuaikan pupuk yang akan diberikan dengan kebutuhan unsur hara yang memang dibutuhkan berdasarkan fase-fase tanaman. Pada postingan kali ini, kita akan mencontohkan proses pemupukan tanaman jagung dari awal sampai akhir. Dan buat Anda yang tanam selain jagung, maka bisa disesuaikan saja. Disini tanamanbuah.com akan menjelaskan secara lebih umum dan juga lebih general lengkap dengan pembahasannya.

Tanaman Jangung Manis

Tanaman Jangung Manis

Usia 8 hari

Tanaman pada dasarnya membutuhkan suplai nitrogen yang lebih terutama pada fase vegetatif. Dimasa tersebut, tanaman jagung harus diperhatikan saluran airnya apalagi waktu musim penghujan. Pemupukan yang sesuai pada masa ini adalah pemupukan NPK seimbang yaitu 16-16-16 dengan sistem cor sebanyak 2 kg untuk 12 tangki sprayer 16 liter. Pemberian pupuk NPK ini bisa dilakukan di pagi hari saat cuaca cerah.

Usia 15 hari

Pada usia 15 hari kita bisa memberikan kembali pupuk NPK seimbang yaitu 16 16 16 dengan takaran 3 kg untuk 15 tangki. Dan sistem aplikasinya juga sama yaitu sistem cor pada saat pagi hari. Jika pertumbuahnnya agak terlambat, maka kita bisa campurkan hormon giberelin supaya bisa mengejar pertumbuhan jagung manis lain yang tumbuh normal.

Pupuk NPK

Pupuk NPK

Tips dari kami, kalau Anda punya BWG (Bagan Warna Daun) bisa dipakai untuk mengukur kehijauan daun tanaman. Kalau tidak punya, anda bisa download dari internet dan simpan di HP anda. Nanti tinggal sesuaikan saja warna daun tanaman anda dengan gambar BWD yang ada di HP. Sehingga anda tahu bagaimana kadar kehijauan tanaman anda. BWD ini juga bisa dipakai pada beberapa jenis tanaman untuk mengukur tingkat kehijauan daun tanaman.

Usia 20 hari

Selang satu minggu kemudian, kita bisa memberikan pupuk organik cair air cucian beras yang tutorial nya bisa kita simak di postingan sebelumnya. Air cucia beras memiliki kandungan yang luar biasa seperti vitamin B yang pasti berberan dalam masa pertumbuhan tanaman. Untuk cara bikin pupuk organik cair dari air cucian beras langsung saja bisa disimak disini.

Cara Buat POC Air Cucian Beras

Usia 25 hari

Kita bisa menggunakan pupuk NPK seimbang dengan sistem cor 5 kg untuk 15 tangki sprayer. Pada tahap ini harus diperhatikan kondisi cuaca. Jangan melakukan cor tanaman sehabis hujan karena volume air nya pasti akan sangat banyak. Cor lah ketika beberapa hari tidak ada hujan.

Usia 35 hari

Memasuki sepuluh hari yaitu tepatnya usia 35 hari, kita masih memberikan pupuk NPK seimbang 16 16 16 dengan dosis 5 kg untuk 15 tangki sprayer. Kita bisa menambahkan nutrisi lewat daun menggunakan pupuk NPK provit maxi dengan dosis setengah kilo dengan luasan 2000 meter. Harga pupuk NPK Provit Maxi ini kisaran 25 ribu. Cara aplikasi Provit Maxi ini bisa lewat spray dengan takaran tiga sendok untuk satu tangki sprayer.

Pupuk NPK Provit Maxi

Pupuk NPK Provit Maxi

Usia 42 hari

Memasuki usia 45 hari masih juga sama, yaitu pemupukan menggunakan NPK 16 16 16 dan dosisnya pun juga sama yaitu 5 kg buat 15 tanki sprayer. Tetapi pada tahap ini bisa didongkrak dengan tambahan pupuk kalium cair merek BEEN SAE. Untuk dosis pupuk KCL cair ini bisa sesuai dengan aturan di kemasan yaitu 1-2cc per liter atau kisaran 16-30cc untuk satu tangki sprayer nya. Pemupukan selanjutnya menggunakan NPK seimbang dengan sistem cor sebanyak 2 kg dicampurkan pupuk KCL 2 kg. Dan dibantu juga dengan aplikasi foliar yaitu KCL cair.

Pupuk KCL Cair

Pupuk KCL Cair

Usia 56 hari

Pemupukan terakhir pada masa vegetatif usia 56 hari ini juga memakai pupuk NPK seimbang sebanyak 5 kg saja dicampurkan pupuk KCL 2 kg yang dilarutkan pada 15 tangki sprayer.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam pemupukan tanaman jagung manis:

  1. Jangan samakan budidaya satu daerah dengan daerah lain, misalnya ditempat anda. Perhatkan faktor-faktornya seperti pupuk dasaran dan cuaca.
  2. Nitrogen yang terlalu tinggi mengakibatkan daun jagung manis sangat hijau dan rentan terserang hama. Karena hama itu ternyata sangat suka pada tanaman yang tingkat kesuburannya tinggi. Sehingga lebih baik kita melakukan langkah preventif daripada mengobati. Jadi perhatikan kadar nitrogen dalam pemberian pupuk pada tanaman jagung manis.
  3. Dalam proses budidaya tanaman, maka libatkanlah petugas PPL setempat. Hal ini sangat penting agar ada transfer knowledge atau edukasi yang lebih jelas. Karena tipologi satu daerah berbeda dengan daerah lainnya sehingga kita bisa dibimbing langkah apa saja yang harus dilakukan agar tanaman tumbuh subur dan tahan hama. Anda bisa menghubungi Balai Pertanian setempat agar bisa dilakukan penyuluhan oleh petugas PPL.

Baca Juga : Manfaat Kalium Bagi Tanaman