Salam sejahtera bagi para petani dan pecinta tanaman hias, pada postingan kali ini kita ingin membahas bagaimana pemupukan alpukat di pot. Jadi kita ada pemupukan secara kimia yaitu untuk langsung ke pohonnya dan organik yaitu untuk selain pohonnya atau khusus untuk tanahnya saja. Jadi kalau hanya mengandalkan kimia nanti cepat gersang, cacing mati dan lain sebagainya makanya kita imbangkan.

Pupuk Tanaman Alpukat

Pupuk Tanaman Alpukat

Persiapan Pemupukan dan Bahan

Oke langsung saja karena ini masih masa pertumbuhan, kita mau gunakan Pupuk untuk masa vegetatif. Berikut ini adalah tahapan yang perlu dipersiapkan :

Kita siapkan dulu NPK 16 16 dan juga ultradap yang berguna untuk pemulihan pohon setelah pindah atau awal tanam. Tujuannya adalah untuk pembentukan akar, batang dan merangsang pertumbuhan akar kecil. Sedangkan NPK sendiri ini untuk makanan pokoknya. Serta siapkan juga POC (Pupuk Organik Cair) untuk nutrisi pohonnya. Perlu diketahui bahwa NPK dan Ultradap adalah zat kimia sehingga ritme waktunya itu agak jauh, tetapi kalau POC organik ini ritme pemakaiannya sering.

Baca Juga : Tips Tanaman Alpukat Cepat Berbunga

Dosis dan Aturan Pemupukan

Baik kita lanjutkan mengenai takaran untuk masa tumbuh dan masa berbuah tanaman alpukat. Jadi untuk masa buah nanti takarannya beda, K sama P nya lebih tinggi dan dosisnya lebih banyak. Karena ini untuk masa tumbuh jadi Nutrisi tumbuhnya kita banyakin.

Pupuk Organik Cair POC

Pupuk Organik Cair POC

Oke kita kasih NPK ini kurang lebih 2 sendok makan. Usahakan Cari NPK yang lumayan bagus ya temen-temen, jadi dia mudah larut kalau jenis NPK nya bagus. Siapkan Ultradap satu sendok saja dan aduk sampai rata sehingga tercampur oleh air larut dalam air sampai nggak kelihatan pupuknya. Jadi ultradap ini sebagai pendamping aja kalau pokoknya ya NPK ini. Untuk ritmenya atau waktunya menggunakan kimia sebenarnya sih kalau saya lebih sering memakai POC nya. Sebenarnya Kalau saya sendiri kimia itu saya berikan sebagai pupuk tanaman yang kurang sehat saja. Setelah dia sehat kita lanjut ke POC secara terus-menerus dalam arti udah kita lepas kimianya. Nanti kalau terjadi stagnan atau apa baru kita menggunakan kimia.

Tapi berhubung tutorial ini adalah permintaan dari temen-temen tanamanbuah.com, yang mana minta pemupukan tabulampot pakai pupuk yang mudah didapat yaitu kimia. Karena mungkin buat POC nya nggak sempat.

Proses Pengaplikasian Pupuk ke Tanaman Alpukat

Setelah larut semua dan nggak kelihatan pupuknya, kita kasihkan ke tanaman alpukat yaitu kurang lebih antara 1 bulan sampai satu setengah bulan sekali dan jangan terlalu sering kalau sering nanti medianya ini sangat jelek. Dia hanya menutrisi untuk tanaman jadi untuk tanahnya atau media-nya itu nanti menjadi sangat jelek. Kita berikan kurang lebih satu gayung aja secara merata. Dari satu ember ini untuk beberapa pot itu sudah cukup.

Pelarutan Pupuk Alpukat

Pelarutan Pupuk Alpukat

Untuk pemakaian selanjutnya itu bisa seminggu sekali yang penting bukan musim hujan ya temen-temen bisa menggunakan POC telur yang bisa dipakai atau saya makainya itu kalau gas sudah benar-benar hilang. Cara melihat nya kita kocok dia sudah ndak keluar gas sama sekali. Jadi nanti untuk POC nya bisa disemprotkan bebas 3 hari sekali. Kalau pengkocorannya saya seminggu sekali.

Baca Juga : Cara Memilih Alpukat Untuk Tabulampot

Nah temen-temen bisa lihat nih Alhamdulillah tumbuh subur daunnya bagus, ijonya hijau beda, dan makhluk-makhluk lainnya juga masih hidup. Yang penting nanti dia keluar airnya langsung bisa keluar. Nah untuk akar seperti gambar dibawah ini sudah waktunya kita timbun lagi atau tambah lagi media berupa pupuk kandang yang sudah difermentasi dicampur dengan tanah. Nanti kita masukkan di dalam pot untuk untuk nutup akar-akar yang sudah keluar seperti ini karena dia menyusut.

Akar Alpukat Mulai Tumbuh

Akar Alpukat Mulai Tumbuh

Nah untuk POC nya dengan dosis 1 banding 40 kita semprotkan bisa 3 hari sekali, bisa seminggu sekali. Kalau kocor kita seminggu sekali. Berikut kita tunjukan alpukat kurang lebih ini umurnya 8 bulan dan dia mampu tumbuh subur, batang juga besar. Nanti kalau usia 1 tahun kita udah mulai kasih pupuk yang dosisnya agak besar untuk pembuahan. Jadi nanti dirangsang / dipicu sedikit demi sedikit. Karena kalau kita menggunakan pupuk buah atau PK tinggi atau untuk masa generatif itu nanti batangnya akan lebih besar. Jadi nanti batang besar itu sebagai cadangan untuk buah.

Pemberian Pupuk Cair

Pemberian Pupuk Cair

Saya ulang lagi untuk NPK itu bisa 1 bulan sampai 1 bulan setengah bagi teman-teman yang seneng make kimia. Tapi kalau terlalu sering ya jelek di media nya. Nah untuk saya sendiri pakai NPK, ultradap dan lain sebagainya itu hanya untuk merangsang tumbuh aja. Jadi kalau tanaman ini stagnan baru kita kasih. Setelah dia normal keluar daun lagi bagus baru kita lanjut ke POC terus-menerus. Jadi postingan ini hanya untuk request temen yang menginginkan pemakaian pupuk yang mudah didapat.

Untuk penambahan medianya ini bisa 6 sampai 7 bulan sekali. Kita berikan media berupa tanah campur kompos atau tanah campur pupuk kandang yang sudah difermentasi. Lumayan ini jenis alpukat dori ya temen-temen. Untuk POC nya bisa disemprotkan dan saya rasakan bagus untuk ketahanan tanaman / antibodi agar tidak mudah terserang penyakit.

Untuk mekanisme cara buat POC nya nanti akan saya bahas di postingan selanjutnya. POC ini di gunakan pada musim kemarau karena air hujan ini sudah sangat bagus untuk kesehatan tanaman. Yang penting kalau menanam alpukat di pot itu harus diperhatikan agar air tidak menggenang di pot jadi akar tidak mudah busuk. Ciri-ciri akar busuk atau tanah ini becek yaitu daunnya nggak bisa melebar, ujung-ujung daunnya kering dan lain sebagainya. Oke, temen-temen yang kemarin sudah request minta tutuorial cara pemupukan alpukat di pot, saya sarankan jangan terlalu sering menggunakan pupuk kimia.

Oke terima kasih semoga artikel ini bermanfaat, Wassalam waalaikum warahmatullahi wabarakatuh..