Assalamu’alaikum Wr. Wb. Halo sobat tanamanbuah.com, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi ilmu mengenai pemangkasan tanaman jeruk nipis khusus tabulampot. Banyak orang yang memiliki tanaman jeruk nipis itu mengambil jeruk nya saja sulit. Kenapa? Karena mereka bangga dengan kesuburan. Sebenarnya itu salah, seharusnya kita melakukan pemangkasan agar cepat berbuah.

Kita bisa melakukan pemangkasan pada tunas-tunas air. Kemudian tunas yang ada di sela pohon induk juga seharusnya dibuang. Karena kalau kita biarkan maka tunas air tersebut akan menjadi batang besar yang akan mengganggu nutrisi untuk buah. Untuk cara pemangkasannya bisa dilihat gambar seperti berikut ini.

Pemangkasan Tunas Air

Pemangkasan Tunas Air

Selain dari tunas air, kita bisa memangkas daun-daun yang tumbuh di batang pohon utama yang sudah tua. Cek satu persatu tunas-tunas yang tumbuh di batang pohon utama, jangan ragu untuk memangkasnya. Kita cukup menyisakan dahan produksi saja mengingat kita menanamnya di tabulampot.

Untuk estetika, kita bisa memangkas tunas air yang mengarah kedalam, agar tanaman jeruk nipis ini tidak terlalu rimbun yang akan mengurangi jumlah cahaya matahari masuk ke daun. Sehingga kita bisa melihat tanaman jeruk nipis kita ini bersih. Selain itu, kita bisa melakukan pemangkasan vertikal yang artinya tanaman tabulampot tidak harus tinggi. Sehingga kita bisa pangkas pucuk dahan utama. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar berikut ini.

Pemangkasan Dahan Mengarah Ke dalam

Pemangkasan Dahan Mengarah Ke dalam

Pemangkasan Vertikal agar tidak terlalu tinggi

Pemangkasan Vertikal agar tidak terlalu tinggi

Setelah kita melakukan pemangkasan, jangan lupa untuk memberikan pupuk sesuai jadwal. Kita bisa memberikan pupuk TSP, KCL dan Kompos. Kita bisa memasukkan dulu pupuk kompos kira-kira satu kilogram karena pupuk kompos itu kalau kebanyakan tidak apa-apa asal sudah diolah.

Setelah pemupukan kompos, lanjut dengan pupuk TSP dan KCL ditabur secara melingkar dengan dosis 1 sdt KCL dan 1 sdm TSP. Kemudian kita lakukan penutupan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Pemupukan Kompos TSP dan KCL

Pemupukan Kompos TSP dan KCL

Sebagai catatan, kalau ingin melakukan pemangkasan harus disertai dengan pemupukan, oleh sebab itu cari jadwal yang dekat dengan waktu pemupukan agar pemangkasan bisa lebih maksimal hasilnya.

Baik, mudah-mudahan ilmu yang sederhana ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kita semua yang sedang menekuni tanaman tabulampot. Demikian postingan kali ini, mohon maaf kalau ada kekurangan dalam penyusunannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga: Cara Stek Jeruk Nipis