Bagi anda yang ingin grafting atau okulasi pada tanaman dan seringkali gagal, mungkin ada beberapa dasar teknik okulasi dan persiapan yang disepelekan. Berikut adalah tutorial dasar bagaimana cara okulasi dengan baik dan benar menurut TanamanBuah.

Langkah-langkah Okulasi Yang Baik dan Benar

  1. Kita harus mensterilkan pisau dan pastikan tajam. Sterilkan menggunakan alkohol. Bagi anda yang profesional anda bisa menggunakan pisau ProHex yang harganya bisa ratusan ribu. Tetapi kalau sekedar hobi anda bisa gunakan cutter. Untuk awal praktek okulasi bisa mencoba bibit jambu biji dengan ukuran sekitar jari kelingking.
  2. Untuk sekedar hobi kita bisa persiapkan plastik es, tidak perlu membeli isolatip atau pita khusus okulasi. Kita harus membentuk plastik ini menjadi seperti isolatip dengan cara menyayat menjadi beberapa bagian. Untuk lebih detail bisa dilihat gambar berikut.

    Plastik Es Sebagai Alat Pembungkus Okulasi

  3. Sayatan terbaik adalah sayatan yang tidak merusak kambium. Kita congkel dari atas usahakan kambiumnya tidak rusak. Selanjutnya kita ambil entres atau mata tunas, kita lakukan dengan cepat dan tepat agar kambium tidak kering dan kita tempelkan.

    Cara Mencongkel Rootstok Untuk Okulasi

  4. Selanjutnya kita ikat dengan isolatip atau plastik. Usahakan mata tunas tidak tergencet dengan plastik agar tunas dapat menembus plastik. Bagian tunas jangan sampai diikat dua kali.

Baca Juga: Cara Memilih Kelapa Kopyor

Beberapa Sayatan Yang Perlu Dihindari

  • Sayatan yang terlalu tipis dan tidak sampai kambiumnya. Akibatnya nanti mata tunas akan kering karena tidak mendapatkan nutrisi dari kambium.
  • Sayatan yang terlalu tebal dan melukai kambium. Bagian kayu ikut tersayat sehingga melukai kambium.
  • Hindari memasang entres yang sudah lama terkena udara karena nanti akan mengering. Untuk Rootstock juga demikian, hindari yang sudah lama terkena udara. Solusinya adalah dengan menyayat lagi kalau untuk entres. Kalau rootstock nya, kita harus buat sayatan lagi.

Kalau sudah tiga minggu, mata tunas yang menempel kelihatan berwarna hijau, tandanya berhasil. Selanjutnya kita harus potong kira-kira dua senti diatas mata tunas. Jikalau mata tunas berwarna hitam dan berjamur, maka okulasi gagal. Kegagalan ini disebabkan oleh sayatan yang terlalu lama kena udara dan keburu mengering.

Okulasi Berhasil, ditandai dengan menghijaunya mata tunas

Okulasi Gagal, ditandai dengan membusuknya entres

Jika rootstock besar, maka diperkirakan satu tahun bisa berbuah. Sedangkan kalau kita lakukan top working pada tanaman dewasa, maka dalam waktu enam sampai tujuh bulan sudah dapat berbunga. Demikian tips dan cara dasar untuk okulasi pada tanaman khususnya jambu air, semoga memberikan inspirasi bagi kita semua.