Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara merawat tanaman hias khusus pemula. Karena banyak sekali request dari para pembaca www.tanamanbuah.com yang meminta kami untuk dibuatkan tutorial nya secara simpel dan mudah dipahami.

Tips merawat tanaman hias ini bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis tanaman seperti : Caladium, Syngonium, Miana, Sansivera, Spiderplant dan Philodendron jari. Kita ulas satu-satu ya..

Perawatan Tanaman Miana

Miana

Miana

Untuk jenis tanaman Miana, biasanya mempunyai karakteristik mudah tumbuh. Hanya dengan stek batang kemudian ditanam di media sabut kelapa biasanya sudah bisa tumbuh subur. Apalagi dimusim penghujan seperti ini, dia sangat mudah tumbuh subur. Tanaman hias Miana ini merupakan kategori tanaman outdoor, sehingga tahan terhadap sinar matahari.

Dengan matahari yang cukup, maka corak dan warna daunnya akan lebih keluar. Selain itu, media tanam juga harus dijaga kelembapannya karena tanaman ini mudah layu kalau medianya terlalu kering.

Perawatan Tanaman Spider Plant

Spider Plant

Spider Plant

Yang selanjutnya adalah tanaman spider plant. Tanaman ini bisa dikategorikan outdoor maupun indoor. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus, yang terpenting adalah selalu dijaga kelembapan media tanamnya dan juga dilakukan pemupukan minimal 2 minggu sekali.

Perawatan Tanaman Philodendron Jari

Philodendron Jari

Philodendron Jari

Karakteristik daun muda dari Philodendron Jari ini biasanya mengkilap dan berwarna hijau cerah. Sedangkan untuk daun yang sudah dewasa ditandai dengan daun yang lebih tebal dan warna hijau yang pekat. Untuk tanaman philodendron jari ini akan lebih baik ditaruh di teras rumah, sehingga dipagi hari dia bisa mendapatkan asupan sinar matahari tetapi tidak dalam waktu seharian.

Daun dari tanaman philodendron jari ini biasanya digunakan untuk acara pernikahan sebagai dekorasi dan hiasan. Biasanya daunnya dipotong dan dirangkai dengan bunga krisan.

Perawatan Tanaman Sansivera Snake Plant

Sansevira Snake Plant

Sansevira Snake Plant

Tanaman hias Sansivera Snake Plant ini adalah tanaman kebal dan bandel, dia bisa outdoor dan indoor. Tanaman sansivera ini juga tahan cuaca yang ekstrim, misalnya media tanam yang kering dia tidak mudah layu karena jenis daunnya tebal.

Perawatan Tanaman Syngonium Maria Allusion

Syngonium

Syngonium

Tanaman ini bisa indoor maupun outdoor, cuman akan lebih baik ditaruh di teras rumah sehingga pada pagi hari dia bisa mendapatkan asupan cahaya matahari pagi.

Perawatan Tanaman Calladium

Calladium

Calladium

Tanaman jenis Calladium/Keladi ini juga bisa tahan di outdoor, cuman akan lebih bagus diletakkan di teras rumah. Untuk kebutuhan airnya yang terpenting adalah menjaga media tanamnya selalu lembab namun tidak basah. Karena jika terlalu kebanyakan air maka akan mengakibatkan busuknya batang dan daun.

Untuk pemupukan bisa menggunakan POC (Pupuk Organik Cair) dengan jenis olahan sendiri dari limbah rumah tangga. Atau bisa juga beli POC yang sudah jadi seperti Gromitan dsb. Dosisnya bisa menggunakan satu tutup botol per 5 liter air yang disemprotkan satu minggu sekali.

Pemupukan menggunakan POC ini akan lebih efektif jika disiramkan ke media tanam karena nutrisinya akan lebih cepat terserap oleh akar. Satu lagi tips, usahakan media nya poros ya sobat sehingga apabila kelebihan pemupukan maka air nya langsung bisa keluar dari lubang pot sehingga tidak menyebabkan busuk akar.

Usahakan setelah melakukan pemupukan jangan langsung disiram menggunakan air agar nutrisi dari pupuk cair tersebut bisa diserap oleh akar.

Mudah bukan cara merawat tanaman hias itu? Sekian dulu tips singkat ini, semoga bisa dipraktekkan. Jangan lupa untuk selalu memantau blog ini untuk update selanjutnya. Terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Buat POC dari Cucian Beras