Pada postingan kali ini, tanamanbuah.com akan menjelaskan tentang cara merawat dan menanam tanaman hias Caladium Gingerland. Bisa kita lihat gambar berikut ini, caladium gingerland sudah mempunyai anakan yang nantinya akan saya perbanyak melalui pemisahan anakan dari induknya. Karena tanaman keladi ini tidak bisa diperbanyak melalui stek batang ataupun daun. Tanaman ini hanya bisa diperbanyak dengan pemisahan anakan atau mengambil umbi dari tanaman induk.

Caladium Gingerland

Caladium Gingerland

Cara Merawat Tanaman Caladium Gingerland

  1. Tanaman Caladium Gingerland menyukai media tanah yang poros, disini saya memakai media campuran tanah dan sekam mentah dan juga pupuk organik.

    Media Tanam Poros

    Media Tanam Poros

  2. Kemudian juga harus dijaga kelembapan media tanamnya. Penyiraman sebaiknya dilakukan satu kali sehari pada musim kemarau. Karena kalau musim kemarau media tanam cepat kering makanya harus selalu rutin disiram.
  3. Asupan sinar matahari pagi 30-60 menit.
  4. Pemupukan dengan pupuk organik cair 2 minggu sekali. Karena jenis caladium gampang sekali mati, maka harus tepat perawatannya.

Corak Caladium Gingerland

Corak Daun Caladium Gingerland

Corak Daun Caladium Gingerland

Untuk corak sendiri caladium gingerland mempunyai motif totol-totol warna merah dan putih pada urat daun. Dikombinasikan dengan warna hijau tua. Ketebalan daun lumayan tebal dibandingkan dengan jenis caladium lainnya. Untuk batang atau tangkainya juga cukup tegap. Untuk daun yang masih muda, corak tersebut sudah terbentuk.

Cara Perbanyakan Caladium Gingerland

Disini saya menyiapkan media tanam berupa campuran tanah, serbuk kayu (bisa juga diganti dengan sekam) dan juga pupuk organik. Yang terpenting dari media tanam adalah cukup keporosannya.

Media Tanam Caladium

Media Tanam Caladium

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kita pisahkan dulu anakan dari induknya. Karena caladium ini tanaman hias yang sensitif sekali dan mudah stress/layu, maka untuk pemisahan anakan dari induk kita akan memakai teknik congkel. Teknik ini lebih aman dibandingkan harus mengangkat seluruh indukan dari media tanam. Carilah anakan yang mudah untuk dicongkel.

    Tunas Anakan Caladium Gingerland

    Tunas Anakan Caladium Gingerland

  2. Setelah mendapatkan anakan, kita bisa langsung tanam ke media tanam yang baru. Agar lebih maksimal pertumbuhannya, kita harus rajin-rajin repotting. Jadi dengan ukuran pot yang lebih besar maka kapasitas media tanamnya juga banyak, hal ini juga akan berpengaruh pada penyerapan nutrisi oleh tanaman keladi.

    Perbanyakan Caladium Gingerland

    Perbanyakan Caladium Gingerland

  3. Setelah ditanam ke media tanam baru, langkah selanjutnya kita siram menggunakan sprayer. Selain disiram kita juga bisa membersihkan permukaan dan batang daun agar bersih dari debu dan kotoran lainnya.
Penyemprotan Caladium

Penyemprotan Caladium

Satu hal lagi, jika kalian ingin menggunakan media tanam dari serbuk kayu maka pastikan serbuk kayu tersebut benar-benar kering. Hal ini sangat penting agar tidak terdapat zat tanin yang masih terkandung di serbuk kayu. Karna jika masih terdapat zat tanin yang terkandung dalam serbuk kayu, bisa menghambat pertumbuhan tanaman.

Demikian postingan hari ini tentang cara perbanyakan dan perawatan Caladium Gingerland. Semoga bisa bermanfaat dan mudah untuk dipraktekkan dirumah.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Hias Pemula