Assalamu’alaikum Wr. Wb. Hai pecinta tanaman hias, jumpa lagi di blog tanamanbuah.com sebuah media sharing seputar tanaman hias dan ragam tanaman lainnya. Pada postingan kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara merawat aglaonema jenis apapun supaya subur dan cepat bertunas. Bagaimana langkah-langkah nya? Yuk kita bahas sekarang..

Pertama yang harus diperhatikan adalah media tanam. Dalam memilih media tanam untuk aglaonema usahakan memiliki keporosan yang tinggi. Bisa menggunakan media sekam mentah, kompos dan tanah ladu. Ketiga bahan tersebut dicampur sehingga memiliki sifat poros namun tetap mengikat unsur hara. Penyiraman juga harus diperhatikan, jangan sampai teralalu basah namun juga jangan sampai kekeringan.

Tunas Aglaonema

Tunas Aglaonema

Kedua harus diperhatikan juga rumput liar yang sering tumbuh di media tanam. Karena rumput ini bisa mengganggu pertumbuhan aglaonema karena saling berebut nutrisi yang ada di media tanam. Pencabutan secara rutin bisa mengurangi dari invasi rumput teki atau rumput liar ini. Selain rumput terkadang juga ada jamur yang tumbuh di media sehingga harus cepat dibersihkan.

Gulma di Media Tanam

Gulma di Media Tanam

Ketiga, perhatikan juga fisik daun. Kita lihat dari belakang daun dan tangkai-tangkainya apakah diserang ulat, jamur atau hama sejenisnya. Jika terserang hama, jamur atau sejenisnya maka harus segera diatasi. Misal ada kutu putih di daun, kita bisa menghilangkannya dengan air dan dibersihkan dengan tangan.

Untuk menghindari stres ketika repotting/pemindahan tanaman ke media baru bisa menggunakan vitamin B1.

Langkah terakhir adalah pemberian pupuk. Untuk pemupukan bisa menggunakan pupuk hayati cair PM3. Karena pupuk cair ini mengandung mikroba yang memiliki hormon auxin, sitokinin, hibrelin dll. yang sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan anak/tunas aglaonema dan bisa menumbuhkan daun baru dari atas.

Pupuk Cair Hayati PM3

Pupuk Cair Hayati PM3

Demikian 4 langkah mudah cara merawat aglaonema agar cepat bertunas dan tumbuh subur, semoga bisa dipraktekkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Membuat Media Tanam Aglaonema