Pada kesempatan kali ini, tanamanbuah.com akan mengulas tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi kalian pecinta tanaman hias karena sempat viral beberapa tahun lalu, yaitu sente varigata. Bagaimana cara merawat sente varigata ini agar tetap tumbuh subur dan cantik? Mari kita ulas sebagai berikut.

Sente Varigata

Sente Varigata

Mengenal Tanaman Sente Varigata

Sente varigata atau bahasa latinnya colocasia macrorrhiza hidup dan tumbuh dibawah pohon rindang serta menyukai lahan/media agak basah dan lembab karena mempunyai umbi. Tanaman hias sente varigata ini kurang menyukai sinar matahari full, jadi lebih baik penempatannya di tempat yang teduh karena kalau terkena sinar matahari full daun sente varigata ini akan berubah kembali menjadi hijau dan albino/varigata nya lambat laun akan hilang. Penjemuran yang baik pada pukul 6 sampai dengan 10 pagi. Selain itu, tanaman hias jenis sente varigata ini juga kurang menyukai hujan deras karena daunya cepat membusuk apabila terkena intensitas air hujan yang tinggi.

Pertumbuhan Tunas

Tanaman sente varigata ini berkembang biak melalui tunas-tunas kecil yang ada disekitar indukannya. Anakan atau tunas-tunas kecil tersebut akan tumbuh ketika sudah menginjak usia 4-5 bulanan. Sente/talas varigata ini bisa tumbuh besar sekali dan lebar daunnya bisa satu meteran lebih.

Tunas Sente Varigata

Tunas Sente Varigata

Penyiraman

Untuk penyiraman sente varigata ini bisa dua hari atau tiga hari sekali saja sudah cukup. Bisa disiram pada waktu pagi, sore maupun malam hari. Perlu diketahui bahwa daun sente varigata ini setiap helai nya mempunyai corak yang berbeda-beda. Ada yang full kuning, kombinasi kuning-hijau-putih dan dominan hijau. Ketika daun semakin besar, maka varigata nya pun semakin bercorak.

Corak Warna Sente Varigata

Corak Warna Sente Varigata

Media Tanam

Media tanam yang digunakan bisa menggunakan tanah dan pupuk kompos. Karena tanaman sente varigata ini menyukai media yang agak becek, tapi tidak menampung air. Sehingga komposisinya bisa menggunakan tanah dicampur dengan sekam bakar dan pupuk kandang. Untuk pupuk kandangnya bebas, bisa menggunakan kohe sapi atau kohe kambing.

Harga

Untuk kisaran harga, sente varigata ini cukup lumayan mahal yaitu 1-5 jutaan untuk umur remaja (40-50 cm). Tapi sekarang harganya juga sudah turun.

Nah, bagaimana sahabat? tertarik untuk memelihara sente varigata yang cantik ini?

Baca Juga : Tanaman Hias Keladi Gingerland